Perhatikan Hal Ini Sebelum Kamu Memulai Solo Travelling

Jalan-jalan, atau travelling sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Dari solo travelling ini, mereka bisa melepaskan penat sejenak sebelum kembali melaksanakan kerja di kantor. Dengan mengunjungi wisata, kamu akan memperoleh kepuasan batin tersendiri dari suasana kota yang jenuh dan penuh sesak. Jalan-jalan ini pun akan lebih nikmat jika dilakukan bersama orang-orang terdekatmu.

Namun bukan berarti perjalananmu tak akan asik jika dilakukan secara beramai-ramai. Kamu juga bisa berwisata secara mandiri kok. Selain bebas pergi ke mana saja, solo travelling juga bermanfaat untuk bertemu dan kenalan dengan orang-orang baru.

Akan tetapi, banyak orang-orang yang khawatir ketika akan melakukan perjalanan secara sendiri. Selain berpotensi adanya kejahatan, mereka ini bisa tersesat dan cenderung akan kesepian. Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa tips agar solo travelling mu terasa aman dan menyenangkan.

  1. Kabari Orang Terdekat

Sebelum memulai melakukan perjalanan, pastikan kamu memiliki beberapa orang terdekat yang akan kamu kabari. Entah itu keluarga, sahabat, ataupun pasanganmu sendiri. Ini bisa mengantisipasi ketika kamu sedang merasa terancam, ataupun menjaga kabar agar mereka tidak khawatir. Jika ada sesuatu, mereka akan tau lokasimu dan segera melakukan bantuan.

  1. Pelajari Tujuan Wisata

Langkah awal untuk memulai sol travelling lainnya adalah mempelajari lokasi yang akan kamu datangi. Jika kamu ingin mendatangi suatu daerah, pastikan kamu mengerti bahasa yang dipakai oleh masyarakat setempat. Ucapan-ucapan sederhana seperti maaf, terima kasih, dan tolong, menjadi penting jika kamu sudah tiba di tempat tujuanmu. Bila perlu, kamu belajar tentang ucapan mengenai transaksi di sana. Siapa tahu, kamu akan memerlukan oleh-oleh dan mendapatkan harga yang lebih murah nantinya.

  1. Bawa Pakaian yang Sesuai

Hal ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Kamu juga harus belajar budaya setempat, terutama mengenai tren fashion. Hal ini sangat diperlukan, terutama untuk kalangan perempuan. Jangan sampai pakaianmu mengundang kejahatan yang akan dilakukan oleh penduduk setempat. Selain mengundang gaduh, mereka juga tak akan bersimpati karena bisa melanggar norma yang berlaku di tempat tersebut.

  1. Jangan Membawa Barang Berlebihan

Perhatikan juga barang bawaan kamu. Jangan terlalu banyak membawa barang-barang di luar batas, seperti perhiasan, gadget, atau uang yang terlalu mencolok. Pastikan kamu sudah mengamankan barang-barang itu di tempat yang aman.

  1. Jangan Sembarangan Bicara dengan Orang yang Baru Kenal

Solo traveling memang tak luput untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang akan kamu temui nanti. Selain bisa berteman, orang baru akan menambah rasa aman saat melakukan perjalanan di lokasi. Namun kamu juga jangan lengah, orang itu pun belum tentu sesuai ekspetasimu. Tetap waspada dan jangan bicara berlebihan.

Itulah beberapa tips dari kami saat kamu melakukan solo travelling. Jika berminat, pikirkan hal-hal di atas ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply