Masih Mahasiswa? Ini Beberapa Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan

Memiliki status mahasiswa memang menjadi kebanggaan sekaligus menyenangkan. Dengan jam belajar yang lebih fleksibel dibandingkan saat masih siswa, mahasiswa tentunya memiliki waktu luang yang lebih. Tatkala, mahasiswa memanfaatkan waktu luang itu untuk beberapa hal-hal tertentu, seperti hang out dengan kawan, belajar di perpustakaan, berdiskusi, aktif organisasi, hingga memanfaatkan peluang untuk menjalankan bisnis.

Terlebih saat ini mahasiswa dituntut untuk kreatif. Ide untuk berbisnis bisa menjadi sebuah hal positif untuk dijalankan. Selain menambah uang saku, kamu juga bisa menambah wawasan sekaligus pengalaman ketika selesai belajar di universitas. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu jalankan dengan status sebagai mahasiswa.

  1. Berjualan Online

Berjualan online memang sedang digandrungi oleh kalangan mahasiswa. Mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai penambah uang saku di perkuliahan. Kamu sendiri bisa kok ikut menjajal bisnis ini. Tinggal tentukan saja apa yang akan kamu jual, bisa itu aksesoris, parfum, make up, hingga pakaian.

Apabila kamu belum memiliki modal, kamu juga bisa kok membuka bisnis online. Kamu bisa menjual barang secara reseller ataupun dropship. Dengan status mahasiswa, kamu juga bisa memanfaatkan lingkungan kampus sebagai tempat kamu menawarkan produk. Apabila merasa puas, maka mereka bisa menjadi pelanggan kamu di kampus loh.

  1. Bisnis Pulsa dan Paket Data

Di zaman serba teknologi ini, bisnis pulsa dan paket data juga mulai marak untuk dijalankan. Walaupun tidak terlalu besar, bisnis ini bisa berpeluang untuk menguntungkan apabila dijalani dengan tekun. Terlebih, mahasiswa sendiri juga kadang tidak punya waktu untuk sekadar membeli pulsa maupun paket data apabila mereka sedang di dalam kelas. Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan produk digital tersebut.

  1. Membuka Cafe

Dengan status mahasiswa, tentulah mereka memerlukan tempat untuk berinteraksi dengan sesama. Sangat dilewatkan apabila memiliki waktu yang banyak tetapi tidak ikutan nongkrong dengan mahasiswa lain. Maka dari itu, kamu bisa berpeluang untuk membuka bisnis café sebagai tempat mahasiswa untuk belajar, nongkrong, diskusi, maupun menggelar rapat.

Akan tetapi, kamu juga harus memerhatikan tempat yang strategis untuk dijadikan wadah mahasiswa. Sangat wajib hukumnya kalau cafemu tak jauh dari lingkungan kampus. Jangan lupa juga, café kamu harus membuat suasana yang nyaman untuk mahasiswa. Bisa itu dengan wifi, kebersihan, maupun pendingin ruangan. Dari situ, tempat kamu akan menjadi tempat café langganan untuk dikunjungi.

  1. Mengajar Les Privat

Bisnis ini bisa kamu jalankan apabila kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak tetapi tidak memiliki modal lebih. Dengan keilmuan yang kamu punya, kamu bisa menyalurkan jasa kamu untuk mengajar di tempat les privat. Selain menambah uang saku, kamu juga bisa kembali mempelajari apa saja yang sudah kamu dapat dari belajar di kelas. Ingat, guru merupakan pekerjaan mulia loh.

  1. Pekerja Lepas

Selain mengajar, kamu juga bisa memanfaatkan skill kamu dalam menjalankan sebuah usaha kecil. Apabila kamu memiliki skill di bidang fotografi, kamu bisa menjadi fotografer lepas. Sama halnya dengan kemampuan di bidang desain grafis, desain web, penulisan, penerjemah, atapun penata rias. Selain mengisi waktu luang, kamu juga akan memiliki pengalaman dan jaringan untuk bekerja seusai kuliah.

Itulah beberapa bisnis yang bisa dilakukan ketika kamu menyandang status mahasiswa. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply