12 Tips Cara Unik Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Beraktivitas

Mengantuk adalah kondisi yang wajar dialami manusia. Apalagi saat kita beraktifitas, rasa kantuk kerapkali datang bukan? Jika kantuk sudah melanda, kamu cenderung nggak bisa fokus. Alih-alih memaksa diri untuk tetap bekerja, kamu justru sibuk melawan rasa kantukmu.

Bisa dibilang, satu-satunya cara paling ampuh untuk tetap energik saat menjalani rutinitas seharian adalah dengan tidur yang cukup. Tapi, kadang, beberapa tugas dan pekerjaan yang menumpuk membuat kita enggak bisa tidur dengan nyenyak. Akhirnya, kamu harus menjalani aktivitas yang sangat padat di pagi harinya dengan kondisi mengantuk.

Nah, berikut 12 tips unik untuk menghilangkan rasa kantuk saat beraktifitas :

  1. Sarapan es krim

Cara yang satu ini memang terdengar sangat aneh. Namun kabarnya, es krim sangat membantu otak untuk terbangun dan kembali aktif. Suhu dingin dari sajian manis ini bisa membuat kamu berenergi dan melawan kantuk.

  1. Duduk di ruangan terang

Ruangan dan suasana gelap akan rentan membuat kamu lebih cepat mengantuk. Karenanya, usahakan untuk menaruh banyak cahaya di sekitar ruangan. Kabarnya cara ini efektif membuat kamu lebih bersemangat, lho.

  1. Cium aroma yang menyengat

Kamu tahu gak kalau aroma yang menyengat bisa menghilangkan rasa kantuk? Kamu bisa membawa parfum yang memiliki aroma menyengat dan menciumnya saat kamu merasa ngantuk di sela aktivitas. Aroma kuat seperti jeruk, kayu manis, dan jahe bisa menyegarkan suasana.

  1. Mandi air hangat

Siapa yang menduga mandi air hangat di pagi hari ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan kantuk. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil (jika kamu menggunakan bathtub) dengan aroma kuat, untuk membuat tubuh lebih berenergi.

  1. Banyak bergerak

Bergerak adalah cara yang paling gampang. Selama bekerja, tubuh dan pikiran dipaksa untuk bisa fokus dan menjaga konsentrasi. Duduk berjam-jam di depan layar komputer sudah pasti membuatmu kelelahan, bosan, hingga akhirnya mengantuk.

  1. Mendengarkan musik

Bekerja sambil mendengarkan musik ternyata bisa mengatasi rasa kantuk. Musik akan membuatmu tetap terjaga selama bekerja. Uniknya, jenis musik yang jarang kamu dengarkan justru lebih efektif mengatasi kantuk daripada musik yang biasa kamu dengar.

  1. Seduh secangkir kopi

Aroma kopi yang harum dengan sekejap dijamin bisa membangunkanmu. Kopi mengandung kafein yang siap bersaing dengan adesonin dalam tubuh. Zat adesonin adalah senyawa dalam sel otak yang membuat seseorang mudah mengatuk. Kafein berfungsi memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah, namun justru meerasa lebih segar.

  1. Menggosok gigi

Rasa kantuk bisa diatasi dengan melakukan hal-hal yang membuatmu merasa segar. Yup, salah satunya dengan menggosok gigi. Pasalnya, rasa dari pasta gigi akan memberikan sensasi segar di mulut. Sesaat setelah menggosok gigi, rasa kantuk akan segera hilang dan kamu pun siap melanjutkan pekerjaan.

  1. Kunyah permen dengan perisa mint

Inilah kenapa kamu wajib menyimpan permen di laci meja kerja. Alasannya, permen terbukti ampuh melawan rasa kantuk yang sering mengganggu produktivitasmu.

  1. Mencuci muka

Rasa kantuk juga bisa diatasi dengan mencuci muka. Hampir sama dengan menggosok gigi, mencuci muka juga akan memberikan efek segar di wajah. Jadi, tidak ada salahnya membawa facial foam yang biasa kamu pakai sehari-hari ke kantor. Saat tiba-tiba didera kantuk, kamu bisa buru-buru ‘kabur’ ke toilet untuk mencuci muka.!

  1. Main game

Main game bisa jadi cara paling menyenangkan untuk menyegarkan otak. Lewat permainan game, otak akan dibantu untuk menemukan hal baru yang membuatnya aktif berpikir. Sebaiknya, pilih game dengan karakter lucu karena bisa meningkatkan suasana hati ke arah positif.

  1. Tidur

Tidur adalah obat yang paling mujarab. Tidur siang selama 20 menit akan mengembalikan energimu. Setelahnya, kamu akan merasa lebih segar dan kembali fokus. Namun, tidak semua kantor mengijinkan karyawannya untuk pergi tidur siang sewaktu-waktu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan jam makan siangmu.

Wah, kamu sudah mulai ngantuk? Yuk, coba tips di atas!

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply