9 Hobi yang Dapat Memberi Kesuksesan

Saya memiliki teman yang memiliki kesenangan untuk memakai kostum anime. Dan hebatnya lagi dia bisa membuat sendiri kostum kostumnya. Kalau dipikir berapa biaya yang dibuat untuk membuat satu kostum? Pastinya cukup besar. Dari mulai bahan hingga perintilan seperti sepatu, aksesoris, wig hingga perlengkapan senjata (jika ada).

Namun yang namanya hobi ternyata ada manfaatnya, seperti meningkatkan kreatifitas dan kepekaan jika dijalani dengan benar akan mendatangkan kesuksesan. Lantas hobi apa saja yang bisa memberi kesuksesan? Apakah hobi teman saya termasuk didalamnya?

1. Hobi Masak

Menakar banyaknya bumbu, mencicipi rasa masakan dikatakan dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu dibutuhkan pertimbangan dan pengambilan keputusan dalam menambahkan bumbu kedalam masakan untuk menciptakan masakan lezat. Oleh sebab itu untuk yang memiliki hobi masak bisa dibilang orang yang produktif.

Bagusnya lagi dari hobi memasak dapat dijadikan usaha. Jika hobi memasak bisa membuka restoran atau katering. Jika hobi memanggang kue bisa membuka toko kue atau menjual kue online. Dan tak sedikit orang yang berhasil dari cuma sekedar hobi ini.

Sumber: pixabay.com

 

2. Hobi Melukis dan menggambar

Orang tua dulu sering khawatir dengan anaknya yang hobinya suka menggambar dikelas dan tidak pernah ingin mencatat pelajaran. Siapa sangka hobi ini bisa mendatangkan kesuksesan. Melukis dan menggambar merupakan dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang ekspresif dan kreatif. Kita terbiasa untuk mewujudkan bentuk abstrak dalam fikiran kedalam bentuk nyata.

Orang dapat menjual hasil lukisannya dan  menjadi sukses. Ada illustrator hebat yang dikenal dengan komik komiknya.

 

3. Hobi Menulis

Menulis bisa menjadi sarana buat Kita mencurahkan pikiran, ide, emosi perasaan, keinginan dll. Kebiasaan menulis  dapat dimulai dari sejak remaja, ingatlah saat Kita menulis diary yang ada kuncinya supaya tidak ada yang baca. Nah kebiasaan ini meningkat sesuai jaman menjadi blog.

Kebiasaan menulis ternyata dapat melatih otak untuk tetap produktif, berpikiran terbuka. Biasanya orang yang suka menulis pasti suka juga membaca. Jadi tidak diragukan lagi wawasan dan pengetahuannya.

Sumber: pixabay.com

 

4. Hobi Menari

Menari bukan hal yang gampang. Tidak semua orang dapat menyinkronkan Otak dengan gerakan. Butuh fokus, kerja keras, keuletan dan dedikasi yang tinggi. Belum lagi dalam perkara menghapal gerakan dengan musik. Dalam satu lagu menari terdiri dari banyak gerakan, dapatkah Kita menghapal semua?

Keuletan dan dedikasi yang tinggi membuat Kita menjadi sukses. Jika Kita memiliki kepandaian seperti Eko Supriyanto, siapa tahu kita juga bisa Go Internasional.

 

5. Hobi Membaca

Seperti yang dibahas pada bagian hobi menulis, biasanya hobi menulis juga di barengi dengan hobi membaca. Membaca membuat otak selalu aktif. Banyak kutipan tentang hobi membaca seperti “The world belongs to those who read” atau Dunia dimiliki oleh orang yang membaca. Ide dapat muncul dari membaca, bisa membuat tulisan baru (tapi bukan dengan menjiplak), memberi inspirasi dan imajinasi bagi pelukis, dsb.

 

6. Hobi Cosplay

Yap, ini hobi teman saya. Hobi cosplay dapat dilakukan dengan dua cara, membeli kostum kepada orang atau bisa membuat sendiri. Untuk teman saya ini, dia membuat sendiri kostum yang dipakainya detail dari rambut hingga sepatu. Dalam mewujudkan kostum anime, yang dibutuhkan adalah pengamatan dan kreativitas. Si pembuat akan membuat kostum semirip mungkin dengan karakter anime.

Kreativitas sangat penting karena bahan yang digunakan tidak ada yang sama 100%. Yang diperlukan adalah pembuatan dari bahan lain hingga menyerupai bentuk asli. Itu yang saya dapat dari teman saya. Pada akhirnya setelah membuat beberapa kostum, teman saya itu jadi banjir pesanan dalam membuat kostum. Pelanggannya pun bukan dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri.

Sumber: pixabay.com

 

7. Hobi Main Game

Dulu, orang tua akan marah apabila anak keseringan bermain game. Tapi siapa sangka bermain game juga ada hal positif yang dapat diambil. Selain melatih fokus juga melatih kita untung pantang menyerah, gigih dan bertekad kuat untuk menang.

Tidak percaya? Sekarang berapa kali kita sering mengulang game pada level yang sulit dimainkan? Pastinya kalau kita menyerah pasti akan meninggalkan game tersebut. Dan sekarang pun game sudah memiliki profesinya sendiri. Seorang gamer dianggap sebagai dream job.

 

8. Hobi Berenang

Berenang adalah olahraga yang bisa dijadikan hobi. Banyak manfaat yang didapat dengan berenang. Selain tubuh yang ramping, berenang juga bisa menjadi stress relief. Kita dapat menyalurkan segala emosi dalam pikiran.

Masuk kedalam air membuat tubuh menjadi segar. Berenang dapat menimbulkan kekuatan dan energi yang baru setelah selesai. Selain itu mungkin dengan ketekunan kita bisa menjadi atlet renang profesional! Siapa tau yaa

9. Hobi Tidur siang

Eh? Tidur siang jadi hobi? Orang pasti ber pikir kalau tidur siang tidak pantas dijadikan hobi. Orang beranggapan tidur adalah orang yang malas. Ternyata, anggapan tersebut salah. Orang yang sering tidur siang selama 20 menit akan lebih cepat menjemput sukses.

Kenapa begitu? Dengan istirahat selama 20 menit, tubuh akan dapat lebih optimal, pikiran akan lebih jernih, ketahanan memoir akan meningkat dan tentu kerja akan menjadi lebih fokus dan produktif.

 

Kesimpulannya apapun hobinya jika dijalani dengan tekun, konsisten dan fokus pasti akan menghasilkan kesuksesan. Mungkin bisa dua sekaligus, menulis dan menggambar. Bukan tidak mungkin bisa menjadi penulis buku anak yang ada gambarnya. Contoh? Beatrix Potter penulis buku anak luar negeri yang terkenal dengan Peter Rabbitnya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Milla Andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply