Tujuh Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Surat Pengunduran Diri

Pekerjaan rutin terkadang membuat kita jenuh. Penghasilan yang tetap bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan setiap hari sering membuat karyawan mulai berpikir jadi mandiri. Jika kamu saat ini bekerja, namun mulai berpikir keluar untuk memulai usaha sendiri maka hal berikut ini mesti dilakukan sebelum membuat surat pengunduran diri.

Binoculars, Child, Magnification, Lookout, Look, Binocs
Sumber: pixabay.com

1. Tahu persis usaha apa yang akan di jalankan

Wanderer, Backpack, Hike, Away, Path, Mountain Hiking
Sumber: pixabay.com

 

Setelah berpikir mau jadi mandiri, kamu mesti pelajarin lebih dalam tentang produk yang akan dijadikan andalan dalam memulai usaha. Baik itu produk yang berupa barang maupun jasa. Cari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis yang akan dijalankan.

2. Gali lebih dalam masa depan bisnis yang akan digeluti

Excavator, Excavation, Work, Building, Equipment, Works
Sumber: pixabay.com

Gali lagi lebih dalam, bagaimana kiranya bisnis yang akan digeluti nantinya. Di saat ini mencari info seputar Bisnis yang akan dijalankan tidak sulit, kita bisa baca di internet. Ragam situs yang membahas kewirausahaan bertaburan. Cari yang berhubungan dengan yang akan kita jalankan. Pelajari blog, catatan dan sosial media para pelaku yang sudah jalan terlebih dahulu. Bagaimana peluangnya kemarin, bagaimana peluangnya sekarang dan waktu yang akan datang kamu harus punya gambaran. Apa saja hambatan dan halangan yang serta solusinya harus segera di pelajari lebih dalam

3. Minta gambaran kepada rekan kerja

Meeting, Talk, Entertainment, Together, Cooperation
Sumber: pixabay.com

 

Ceritakan tentang bisnis yang akan dijalankan kepada rekan kerja. Minta pendapat kira-kira pandangan mereka terhadap bisnis tersebut seperti apa. Namun jangan bicarakan bahwa kamu mau menjalankan bisnis tersebut atau kamu akan mengundurkan diri. Cobalah dengan pertanyaan yang secara tak langsung saja. Contoh: “sob, bisnis ini sedang ramai ya, bagaimana sob kalo kamu buka ginian, nanti kalo bagus aku ikut”. Berikan pertanyaan seperti itu lalu simak, cermati dan resapi apa saja jawaban rekan rekan kita.

4. Minta masukan dan saran pada keluarga

Frogs, Many, Frog Assembly, Cute, Collection, Mass
Sumber: pixabay.com

 

Minta masukan pada keluarga. Dalam keluarga kita bisa bilang apa adanya kalo kita mau belajar jadi mandiri, dengan memulai suatu usaha. Minta saran dan pendapatnya. Dengarkan masukan resapi dan cermati sebaik mungkin terima apapun saran yang diberikan keluarga kita. Soal keputusan seratus persen di tanganmu.

5. Punya tekat kuat

Chain, Strong, Protection, Selbstbestimmung, Metal
Sumber: pixabay,com

Setelah 4 hal dijalankan tentu sudah punya gambaran kan. Maju atau mau mundur, mau terus kerja atau buka usaha biasanya kita sudah punya visi yang jelas tentang yang akan dilakukan kedepannya. Jika yakin mau mengundurkan diri maka mulai banyak membaca berbagai motivasi tentang wirausaha. Lalu kuatkan tekat dan tentukan segera tanggal mainnya.

6. Persiapkan mental

Fidget Spinner, Mental Health, Autism
Sumber: pixabay.com

 

Punya tekat kuat juga harus punya mental yang siap menerima resiko. Misalnya pada poin 1 – 4 ternyata tidak mendukung dan meragukan yang kamu peroleh, namun dikarenakan kamu memiliki keahlian khusus serta yakin dan suka akan tantangan bisnis yang akan di jalankan, maka persiapan mental harus dimulai. Mental yang selama ini diatur oleh jadwal dan ketentuan kerja maka harus siap di ubah menjadi diatur diri sendiri dan kebutuhan yang menanti. Kebanyakan dalam tahap persiapan mental ini banyak yang goyah dan membatalkan niat untuk mengundurkan diri.

7. Kerja ekstra

Heavy, Hard, Work, Hard Work, Young, Boy, Rock, Effort
Sumber: pixabay.com

Kerja ekstra adalah hal yang harus dipersiapkan, buang jauh pemikiran jika memulai usaha sendiri itu jadi lebih enak, lebih tenang, lebih santai dan sebagainya. Pada saat kita kerja kita punya waktu dari berangkat hingga pulang 10 jam misalnya dan punya waktu di luar kerja 14 jam perhari serta 6 hari kerja seminggu maka saat kita keluar kerja semua itu hilang. Kita hanya punya waktu santai mungkin hanya 6 hingga 8 jam perhari dan setiap harinya adalah hari kerja. Selesai satu pekerjaan pekerjaan lainnya mengantri untuk segera di selesaikan.

Frog, Farewell, Travel, Luggage, Holdall, Go Away
Sumber: pixabay.com

https://pixabay.com/en/frog-farewell-travel-luggage-897420/

Nah jika ketujuh hal tersebut sudah di sadari betul, namun keyakinan usaha begitu kuat dan jiwa wirausaha dalam diri terus memanggilmu maka segera tentukan dalam beberapa waktu kedepannya untuk mengundurkan diri. Jangan membuat surat pengunduran diri secara mendadak. Sampaikan saja kepada bagian tata usaha atau management bila kamu akan mengundurkan diri dan berikan kesempatan kepada management perusahaan untuk mencari penggantinya. Dengan begitu kita keluar dari tempat kerja meninggalkan kesan yang baik. Karena waktu kita melamar kerja juga dengan cara baik baik.

Leave a Reply