5 Tips Mujarab agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Sebagai seorang mahasiswa atau pekerja kita seringkali dihadapkan dengan banyak tugas yang harus diselesaikan. Pekerjaan sebelumnya belum selesai, sudah mendapat pekerjaan baru lagi. Hal tersebut terkadang membuat kita menjadi stress dan pekerjaan-pekerjaan kita menjadi terbengkalai. Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk simak tips berikut yang dijamin membuatmu menjadi mampu menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

  1. Membuat target

Sumber: pixabay.com

Buatlah to-do-list atau daftar tugas yang harus diselesaikan. Meskipun telah lelah beraktivitas, selalu sempatkan sedikit waktu untuk membuat to-do-list atau daftar target yang ingin dicapai. Sehingga kita jadi tau apa saja yang harus kita lakukan dan tidak ada satu pun tugas yang terlewatkan. To-do-list dapat dibuat untuk harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan tergantung kondisi.

Target yang kita akan buat juga harus diperkiraan dengan baik. Jangan membuat target yang terlalu tinggi yang malah akan memberatkan pikiran kita. Dan membuat kita menjadi tidak fokus dengan tugas-tugas kita karena terlalu takut akan pekerjaan yang akan dihadapi. Jangan juga membuat target yang terlalu rendah yang sesungguhnya kita dapat mencapai jauh daripada itu.

  1. Taat menyelesaikan target

Target atau to-do-list yang telah kita buat, harus kita lakukan semuanya dan jangan sampai melanggar deadline yang telah ditentukan. Kita harus berkomitmen kuat untuk menyelesaikan to-do-list kita. Jangan pernah mengikuti kemauan diri sendiri untuk menunda suatu pekerjaan. Karena akan berdampak untuk seterusnya untuk menunda-nunda pekerjaan lagi. Kita mungkin juga dilanda rasa malas saat ingin mengerjakan pekerjaan kita. Tapi kita harus melawan rasa malas itu agar semua tugas kita dapat terselesaikan tepat waktu.

  1. Bangun lebih awal

Sumber: pixabay.com

Biasakan untuk bangun lebih pagi dari waktu seharusnya. Anda dapat bangun lebih awal sekitar 30-60 menit. Waktu bangun pagi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk olahraga ringan seperti jogging, membaca to-do-list sambil menambahkan to-do-list yang kurang atau sekadar merelaksasi diri dengan mendengarkan lagu atau melihat keadaan alam sekitar.

Selain itu, kamu juga dapat membaca artikel atau membaca buku untuk menambah pengetahuanmu. Dengan bangun lebih awal, membuat kita tidak akan kehilangan waktu sarapan. Sarapan merupakan hal sangat penting karena dengan sarapan kita menjadi berenergi dan fokus sehingga membuat kita dapat bekerja secara maksimal.

  1. Jangan terganggu oleh distraksi

Pikirkan hal apa yang paling menggangu pekerjaanmu, misalnya: handphone, televisi atau komik/novel. Notifikasi dari handphone bagi sebagian besar cukup mengganggu mereka ketika mereka sedang bekerja. Mendengar dering dari handphone atau layar yang menyala akan mendorong kita untuk membuka hp dan membalas pesan yang masuk. Lebih baik singkirkan barang tersebut. Taruh barang tersebut di tempat yang jauh atau tidak terlihat. Jangan taruh di meja tempat anda bekerja.

  1. Beri hadiah bagi diri sendiri

Sumber: pixabay.com

Ketika kita dapat menyelesaikan semua target kita sebelum atau tepat pada batas waktu yang telah kita tentukan, kita dapat memberi diri kita hadiah. Walaupun tampak kekanakan, hadiah dapat memberi kita semangat sehingga kelak kita semakin giat dalam mencapai target-target selanjutnya.

Demikian cara agar pekerjaanmu dapat selesai sebelum deadline. Semoga mulai sekarang semua pekerjaanmu dapat selesai tepat waktu.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply