7 Penyebab Kebiasaan Boros

Saat kamu sudah mulai memiliki penghasilan, hal yang menjadi cobaan terberat adalah sebuah kebiasaan boros. Apalagi jika kebiasaan boros ini sudah dilakukan sejak kecil. Tentu akan semakin sulit untuk menghilangkannya.

Anehnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka ternyata sudah melakukan sebuah pemborosan terhadap uang yang sudah dimilikinya. Itu disebabkan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus sehingga menjadi tidak sadar bahwa sudah melakukan pemborosan.

Boros adalah sebuah tindakan pengeluaran secara berlebihan diluar kebutuhan yang ada. Biasanya orang yang melakukan pemborosan ini lebih membeli hal-hal yang konsumtif, bukan produktif. Jika kamu boros di hal-hal produktif tentu itu akan menjadi nilai tambah buat kamu.

Boros juga bisa menjadi pemicu masalah keuangan lho. Seperti penambahan pos hutang, jika semakin banyak hutang yang kamu miliki tanpa diimbangi dengan pemasukan maka kondisi keuangan menjadi tidak baik. Apalagi ditambah kebiasaan boros yang kamu miliki.

Berikut ini 10 penyebab kebiasaan boros yang secara tidak sadar telah dilakukan oleh banyak orang;

Ingin Tampil Lebih ‘Wah’

Pict via Pixabay.com

Di zaman era social media ini membuat banyak orang berlomba-lomba memamerkan hal-hal yang dimilikinya agar terlihat wah di mata orang lain. Bahkan ada yang rela memaksakan membeli barang mewah hanya untuk bisa diterima di pergaualan kantor. Jika kamu membeli suatu barang bukan karena fungsinya maka itu sudah termasuk kedalam pemborosan lhoo.

Memaksakan Diri

Pict via Pixabay.com

Demi bisa ikut bergaul bersama teman-teman banyak yang rela ikut-ikutan nongkrong di café hanya untuk rumpi-rumpi sambil menikmati secangkir kopi mahal. Setelah rumpi-rumpi biasanya kita berselfie lalu menguploadnya ke medial social kita. Padahal secara keuangan cukup mengkhawatirkan.

Rejeki Pasti Datang Kok

Memang sih, kamu akan mendapatkan gaji lagi bulan depan. Tapi masa iyya mau dihabiskan semua uangnya untuk senang-senang? Yakin kamu gak mau bahagiain orang tua atau menabung untuk hari tua?

Budak Kartu Kredit

Pict via Pixabay.com

Terkesan kasar memang jika menyebutnya sebagai seorang budak kartu kredit. Tapi pada kenyataannya memang kartu kredit diciptakan seperti itu. Mereka (penyedia kartu kredit) akan memberikan promo-promo di banyak merchant agar kamu terus gesek kartu sakti itu. Sampai pada akhirnya kamu tidak sadar tagihannya sudah membengkak.

Keputusan Instan Saat Membeli

Tanpa sadari kita terlalu instan dalam mengambil keputusan untuk membeli saat melihat produk di swalayan, pasar ataupun di media social. Biasanya kita langsung membeli barang tersebut atas dasar suka, lucu, ataupun hal lainnya. Kita lupa menanyakan pada diri kita fungsi dari produk yang kita beli. Sehingga setelah diberi barulah menyadari bahwa barang yang sudah dibeli itu ternyata tidak diperlukan.

Berlebihan dalam Gaya Hidup

Mengikuti tuntutan gaya hidup memang tidak akan ada matinya. Apalagi jika kamu memiliki teman-teman yang berjiwa sosialita. Pasti kamu akan mudah terpengaruh mengikuti gaya hidup mereka. Padahal belum tentu kamu bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup tersebut. Kalaupun sanggup, kenapa tidak menggunakan uang untuk hal lain yang lebih bermanfaat

Keinginan Masa Kecil

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa saat seseorang di masa kecilnya dalam keadaan finansial yang kurang, ketika dewasa cenderung akan lebih boros. Hal ini disebabkan karena keinginan masa kecil yang sulit terpenuhi sehingga ketika dewasa sudah mempunyai penghasilan akan memiliki banyak hal yang akan mereka beli.

Itulah 7 Penyebab Kebiasaan Boros yang Secara Tidak Sadar Telah Dilakukan Oleh Banyak Orang. Semoga setelah membaca artikel ini menjadi sadar dan mencoba untuk berhemat.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply