7 Tips Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online tampak mudah dan menguntungkan. Tapi ternyata tidak semudah seperti yang dikira. Seperti halnya Tante Noni, tetangga sebelah yang ingin mencoba berjualan online. Tante Noni adalah pedagang baju dan keperluan wanita kecil-kecilan dengan membuka gerai di rumah. Setelah sekian lama berjualan, tante Noni ingin mencoba memasuki dunia online.

Setelah sebulan, tante Noni merasa kesulitan untuk menjalankan jualan onlinenya. Kata tante Noni, ternyata lebih gampang jualan kepada ibu-ibu secara langsung dari pada jualan online. Apalagi si tante tidak dapat terus menerus memantau pesanan online karena tetap harus menjalankan usaha jualan di gerainya.

Nah, ternyata memang jualan online itu tidak semudah yang terlihat. Setiap usaha pasti memiliki tips dan triknya tersendiri. Salah salah nanti malah dituduh menipu konsumen karena salah memanfaatkan kepercayaan orang. Untuk itu ada tips sukses untuk berjualan online

1. Melakukan Marketing atau Pemasaran sendiri

Bagi tante Noni yang baru saja memulai dunia online mungkin saja akan bingung bagaimana mempromosikan barang dagangannya. Untuk yang memiliki modal yang besar, salah satu cara yang dapat digunakan adalah mengendorse artis, menggunakan iklan berbayar. Tapi untuk yang tidak memiliki modal, bisa memanfaatkan beberapa teman untuk memberikan testimoni dan ulasan yang baik untuk produk yang dijual.

2. Konten dan desain yang menarik

Sumber: pixabay.com

Apabila menggunakan website, buatlah website dengan konten yang menarik dan mudah diakses menjadi point penting dalam menjalankan usaha online. Karena orang memiliki ketertarikan pada konten yang menarik dan desain yang bagus dan mudah diakses.

 

3. Segmentasi dan target market yang dituju harus jelas

Segmentasi dan target pasar produk harus ditentukan dari awal agar lebih mudah membuat promosi dan desain websitenya. Hal ini menentukan cara kita memasarkan produk. Jangan menjual produk ibu ibu dengan menggunakan gaya bahasa anak muda, jangan juga menjual produk anak muda dengan gaya bahasa orang tua. Setelah itu tentukan target untuk menentukan keuntungan yang ingin dicapai.

4. Gunakan sistem bayar per klik

Bayar per Klik atau Pay per click  merupakan istilah yang sering digunakan pada eCommerce. Istilah ini merupakan metode periklanan di dunia digital. Pemilik situs akan dibayar sesuai dengan banyaknya pengunjung situs yang mengklik link iklan. Hal ini dapat kita gunakan untuk beriklan pada suatu situs atau blog yang sering ramai dikunjungi. Semakin ramai sebuah situs dikunjungi maka semakin memungkinkan kita mendapat pelanggan baru.

5. Manfaatkan Sosial Media

Sumber: pixabay.com

Siapa yang saat ini tidak memiliki akun di Facebook, Instagram atau Twitter?. Hampir semua pasti memiliki akun disalah satu media sosial tersebut, bahkan mungkin memiliki ketiganya. Manfaatkan pertemanan untuk memasarkan produk yang kita jual.  

6. Foto produk yang baik

Sumber: pixabay.com

Foto produk yang dijual dengan hasil yang baik. Jika ada modal sewalah fotografer profesional, jika tidak buat lah foto sebaik mungkin. Dengan pencahayaan dan tata letak yang baik membuat foto terlihat menarik. Sehingga kemungkinan pembeli akan tertarik untuk membeli. Jangan memasang foto yang blur karena sungguh tidak menarik.

7. Informasi lengkap dan detail dan selalu Update

Pastikan informasi produk lengkap jangan menyesatkan. Banyak kasus orang kecewa dengan perbedaan antara foto produk di situs atau di iklan berbeda dengan produk asli. Pada akhirnya membuat konsumen kecewa dan tidak datang kembali untuk membeli. Selain itu selalu update produk dengan produk baru.

Selain tips diatas, butuh kesabaran dan ketekunan dalam menjalani tiap usaha. Dalam bisnis online, kita harus sering sering merespon komentar, pertanyaan dan pesanan baik melalui situs, ataupun pesan dari messanger. Tante Noni sering melewatkan untuk merespon pertanyaan banyak orang.

Bisnis Online mungkin terlihat mudah, namun sulit dijalani. Namun dengan beberapa tips ini dan  dijalani dengan serius dan giat, tidak mustahil kita bisa mendapatkan hasil yang lumayan besar.

 

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Milla Andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply