8 Kegiatan Asik Mengisi Waktu Istirahat

Saat jam istirahat, apa sih yang biasa kamu lakukan? Makan bersama teman, atau membicarakan kerjaan kantor? Mungkin dua kegiatan ini sering kamu lakukan untuk menghabiskan waktu istirahat. Jam istirahat merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu di mana kita berhenti sejenak dari pekerjaan.

Jam istirahat sangat penting, karena jeda sejenak dari tugas-tugas pekerjaan dapat membuat relex dan meregangkan otot-otot kaku saat bekerja. Jam istirahat sebaiknya digunakan dengan efektif seperti beberapa kegiatan dibawah ini :

  1. Makan Siang

Sumber: pixabay.com

 

Usahakan jangan pernah menentukan jadwal rapat atau pertemuan yang bertepatan dengan waktu makan siang. Saat makan siang jadikan sebagai waktu istirahat dan memikirkan kegiatan profesional yang harus dilakukan berikutnya.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Sumber: pixabay.com

Di waktu istirahat, usahakan makan bergizi dan bernutrisi. Makanan yang kamu konsumsi sangat mempengaruhi kemampuan berpikir di kantor. Apalagi pertambahan usia, identik dengan penurunan konsentrasi dan daya ingat. Namun, manfaat makanan bergizi dapat membantu kamu mempertahankan konsentrasi dan daya ingat. Otak butuh asupan lemak, protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Bila kamu senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi, kamu akan terhindar dari risiko kerusakan otak di kemudian hari.

  1. Membaca

Sumber: pixabay.com

Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat kamu dengan membaca surat kabar, buku cerita, dan blog. Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang via chat, skype, mengawasi twitter, memantau ponsel mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Perilaku seperti itu menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita. Ketika kamu membaca sebuah buku, semua perhatian terfokus pada cerita, dan kamu dapat melibatkan diri dalam setiap detail yang kamu rasakan. Cobalah membaca selama 15 sampai 20 menit, kamu akan terkejut melihat betapa kamu akan lebih fokus. Membaca dapat membantu kamu untuk sukses, mengasah mental kerja dan dapat menambah pengetahuan profesional.

  1. Melakukan hal-hal yang disukai

Sumber: pixabay.com

Biasanya waktu istirahat menjadi waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai seperti berbincang dengan teman, belanja atau jalan-jalan ke luar. Semua aktivitas tersebut dapat menjadi liburan kecil di sela pekerjaan guna menyegarkan pikiran.

  1. Membuat rencana kerja

Sumber: pixabay.com

Kamu bisa menggunakan waktu beberapa menit di sela waktu istirahat untuk menyusun rencana kerja. Carilah tempat yang nyaman di waktu istirahat untuk menumpahkan berbagai rencana kerja.

  1. Bermimpi tentang masa depan

Sumber: pixabay.com

Memimpikan konsep, gagasan, dan solusi baru dalam berkarir biasanya dilakukan sejumlah orang di waktu istirahat. Pikiran yang tenang di waktu istirahat sangat bermanfaat untuk bermimpi tentang masa depan.

  1. Mematikan alat komunikasi

Demi mendapatkan waktu istirahat yang tenang tanpa terganggu apapun, kamu bisa mematikan alat komunikasi yang kamu miliki.

  1. Tidur

Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat yang baik. Dengan tidur membuat kondisi badan kita menjadi lebih baik dan segar. Di saat tidur, panca indera kita akan mengalami pengenduran. Otot yang semula tegang akibat digunakan untuk beraktivitas, juga akan mengendur.

 

Jadi, kamu biasa melakukan kegiatan yang mana nih saat waktu istirahat?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply