Mencoba Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa memiliki kartu kredit adalah sebuah kemudahan yang luar biasa. Tak ayal, mereka yang baru pertama kali ini pasti merasa senang. Bagaimana tidak? Mereka bisa membelanjakan hal yang mereka mau, seperti pakaian, makanan, hingga gawai yang sudah lama diminati namun tak pernah kesampaian.

Namun jika kamu sadari, konsep yang digunakan kartu kredit ini memiliki kesamaan dengan utang. Walaupun kamu bisa membeli barang yang disuka, namun barang tersebut tetap harus kamu bayar. Jika pemakaian kartu kredit kamu tidak dikontrol, maka jangan heran jika kamu mendapatkan tagihan kredit yang luar biasa banyaknya.

Untuk mengantisipasi itu, artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan kartu kredit secara bijak. Yuk simak!

  1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Sumber: pixabay.com

Kebanyakan orang barangkali memang tidak paham mengenai poin ini. Banyaknya kartu kredit sendiri memang dikhususkan untuk suatu keperluan saja. Sebelum membuat kartu kredit, alangkah baiknya kamu mencari informasi mengenai kartu kredit apa yang akan kamu butuhkan. Misalkan saja kamu suka membeli barang kecantikan, maka carilah kartu kredit yang banyak menawarkan diskon ke salon, alat make up, atau klinik kecantikan. Atau jika kamu suka mengoleksi properti, carilah kartu kredit yang memudahkan kamu untuk mendapatkan promosi terkait pembelian properti. Jangan sampai kamu terkecoh dengan kartu kredit yang sudah kamu buat, namun tidak sesuai dengan kebutuhan.

  1. Hindari Tarik Tunai dari Kartu Kredit

Sumber: pixabay.com

Fungsi kartu kredit berbeda dengan kartu ATM. Jika kamu sudah memiliki kartu ATM, jangan sekali-kali kamu menarik uang tunai menggunakan kartu kredit. Sebab, penarikan tunai dari kartu kredit sendiri memakan bunga yang memiliki rata-rata sebesar 4%. Jika kamu menarik Rp100 ribu misalnya, maka kamu akan dikenai bunga sebesar Rp4 ribu. Walaupun sedikit, jika terlalu sering akan membuat dompet kamu semakin menipis.

  1. Jangan Membuat Kartu Kredit Terlalu Banyak

Sumber: pixabay.com

Memiliki kartu kredit memang menjadi berkah tersendiri. Namun kamu juga harus cermat, kepemilikan kartu kredit yang banyak juga bisa membuatmu pusing nantinya. Alhasil, kamu akan kebingungan dengan apa saja yang sudah kamu beli, namun tagihannya juga memiliki harga tinggi. Alangkah baiknya kamu batasi kepemilikan kartu kredit sebanyak dua buah saja. Sehingga ketika mendapat tagihan, kamu bisa mengecek apa saja yang sudah kamu beli dari dua kartu tersebut.

  1. Abaikan Tawaran Gratis

 

Seringkali pihak penerbit mengumumkan berbagai barang gratis demi menarik pelanggan. Biasanya mereka menghadiahi berbagai barang yang memang sifatnya menggiurkan. Terlebih, barang itu bisa kita miliki secara gratis hanya dengan mendatangi tempat sang promotor.

Namun tahukah kamu, penawaran itu tentu memiliki arti terselubung. Memang sih kamu akan diberi penawaran gratis, tetapi kamu juga harus siap menerima risikonya. Walaupun dapat barang itu, kamu juga akan ditawarkan barang lain yang kamu sendiri tidak terlalu membutuhkannya. Kamu akan memiliki rasa tidak enak karena sudah memegang barang yang diberikan oleh pihak kredit.

  1. Jaga Data Kartu Kredit

Kepemilikan kartu kredit sangat berisiko tinggi. Sebab, data-data kamu sudah terekam di dalam kartu kredit tersebut. Usahakan jika kamu sedang bertransaksi, data yang sudah kamu rekam jangan diberi tahu ke orang lain. Ini akan sangat memungkinan orang lain untuk menjebol kartu kredit menggunakan data pribadi anda.

Itulah beberapa tips mengenai penggunaan kartu kredit secara bijak. Jika kamu memiliki kartu kredit, pastikan sudah membaca tips-tips di atas. Jangan sampai lengah dan pusing jika kamu mendapatkan tagihan dengan jumlah tinggi.

Leave a Reply