7 Keuntungan Memiliki Kartu Tanda Mahasiswa

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan kartu identitas yang menunjukkan bahwa kita adalah seorang mahasiswa / mahasiswi yang masih aktif. Di samping itu, masih banya keuntungan lain dari Kartu Tanda Mahasiswa loh. Apa saja?

Yuk simak penjelasan berikut:

Sebagai kartu debet

Sumber: pixabay.com

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berfungsi sebagai kartu debet ATM dari suatu bank. Meskipun belum semua universitas menyediakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan peran ganda seperti itu. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang juga merupakan kartu debet sangat bermanfaat dan memudahkan mahasiswa dalam aktivitas sehari-hari, seperti: menabung, mengambil uang, mengirim uang ataupun membayarkan suatu tagihan.

 

Untuk keperluan meminjam

Sumber: pixabay.com

Perpusatakan di universitas biasanya menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai pengenal peminjam buku mereka. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) juga menjamin bahwa buku yang dipinjam akan dikembalikan sehingga untuk meminjam suatu buku di perpusatakan, kita diwajibkan menunjukkan dan menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kita. Selain untuk meminjam buku, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) juga berfungsi apabila kita ingin memakai fasilitas tertentu di kampus.

 

Syarat mengajukan beasiswa

Sumber: pixabay.com

Untuk mengajukan beasiswa, kita diwajibkan untuk menyertakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai salah satu persyaratan. Selain itu, keperluan administrasi lain, sebagian besar juga membutuhkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai salah satu syaratnya.

Syarat mendaftar perlombaan

Ketika ingin mendaftar perlombaan atau kejuaraan atau suatu kompetisi, kita membutuhkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai salah satu syarat. Apabila tidak ada Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), kita akan kerepotan apabila ingin mengikuti suatu perlombaan.

Promosi

Banyak sekali promosi yang diberikan bagi mahasiswa / mahasiswi yang mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Promosi yang diberikan dalam berbagai bentuk, ada yang berupa % potongan harga, ada yang berupa harga khusus, atau mengratiskan suatu produk dengan pembelian tertentu. Cara menukar diskon, cukup dengan memperlihatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kita yang masih aktif kepada karyawan yang sedang bekerja.

Tempat yang memberikan potongan harga pun beragam, mulai dari diskon di tempat makan, tempat wisata, sampai belanja barang elektronik. Beberapa museum juga memberikan harga khusus untuk mahasiswa bahkan ada yang mengratiskan tiket masuknya bagi mahasiswa yang membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Sebagai penggaris

Beberapa mahasiswa suka malas membawa alat tulis dengan lengkap. Sedangkan beberapa pelajaran benar-benar membutuhkan penggaris. Saat anda membaca tips ini, mungkin merasa tips ini adalah lelucon. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan i Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai penggaris terutama dalam keadaan terdesak.

Darurat

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dapat dipergunakan untuk mengenali identitas pemiliknya. Dengan demikian, memudahkan untuk memberikan pertolongan sehingga lebih cepat untuk mendapat penanganan yang tepat.

Demikianlah beberapa keuntungan yang anda bisa dapatkan dari Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Menurut anda, keuntungan mana yang menyenangkan?

Leave a Reply