5 Cara Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Karyawan merupakan asset perusahaan. Dapat dikatakan sebuah usaha tidak akan berjalan tanpa adanya karyawan. Suksesnya seorang pebisnis didukung oleh karyawan yang loyal dan berkualitas.

Oleh karena itu, seorang pebisnis yang juga sebagai seorang pemimpin harus pandai mengelola dan memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Bukan hanya pimpinan yang mengetahui tujuan perusahaan, tetapi karyawan juga perlu mengetahui tujuan perusahaan sehingga karyawan dapat berkontribusi mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Sebagai atasan, pimpinan perusahaan perlu memberikan motivasi atau energi positif kepada karyawan. Agar karyawan dapat termotivasi dan etos kerjanya meningkat. Perlakukan karyawan sebagai seorang mitra bisnis, bukan sebagai atasan dan bawahan.

Untuk pelaku usaha yang bisnisnya mulai berkembang, akan kewalahan jika mengelola usahanya sendiri. Maka merekrut karyawan menjadi solusinya. Dalam merekrut karyawan pun ada masalah yang harus dihadapi. Karyawan yang direkrut tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan, karyawan yang susah diatur, tidak memiliki kompetensi yang memadai maupun tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Keterlibatan karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan mengelola usaha. Karena kerja sama antara pelaku usaha dan karyawan merupakan kolaborasi yang pas untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Keterlibatan karyawan adalah kontribusi karyawan terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Bisa dikatakan karyawan merasa jika visi dan misinya sama dengan perusahaan. Jika karyawan memiliki komitmen yang kuat dengan visi dan misi perusahaan maka akan ada rasa kepedulian terhadap tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Senang hati melakukan pekerjaanya dan tidak menganggapnya sebagai beban.

Keterlibatan karyawan secara emosional terhadap tujuan perusahaan akan berdampak bagi perusahaan sendiri. Salah satu contoh meningkatnya produktivitas kerja yang nantinya akan memberikan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas maka penjualan meningkat otomatis keuntungan juga akan meningkat.

Keterlibatan karyawan berbeda dengan kepuasan karyawan. Karyawan yang puas bisa diartikan mereka yang bekerja dengan tekun tetapi tidak memiliki dorongan yang kuat untuk membesarkan perusahaan. Melihat besarnya potensi keterlibatan karyawan terhadap perkembangan perusahaan. Sudah saatnya pelaku usaha memberikan perhatian lebih terhadap aspek ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan keterlibatan karyawan:

1. Teliti dalam merekrut karyawan

unsplash

Salah merekrut karyawan mengakibatkan waktu dan tenaga terbuang. Perhatikan aspek kemampuan, kualifikasi dan pengalaman dengan cermat. Apakah calon karyawan tersebut cocok untuk menempati posisi pekerjaan tersebut. Perhatikan juga sikap dari individu tersebut pada tahap wawancara, karena sikap seorang individu akan terlihat dari gerak-gerik dan cara berbicara. Contohnya jika posisi yang dicari adalah tim yang dinamis, maka kita tidak akan merekrut orang-orang yang tidak mau berfikir “out of the box”.

2. Mengembangkan kemampuan karyawan

unsplash

Adakan pelatihan ataupun workshop untuk membangun kemampuan mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali karyawan dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab mereka di perusahaan. Dari pelatihan, karyawan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemahaman ini sangat penting karena jika karyawan tidak memahami tujuan perusahaan maka tidak akan bisa mendorong perusahaan untuk berkembang.

3. Tempatkan karyawan di posisi yang tepat

unsplash

Setiap perusahaan pasti ingin merekrut orang-orang yang bertalenta di dalam tim mereka. Diharapkan dengan potensi yang ada, bisa membawa perusahaan kearah yang lebih baik. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menempatkan talenta-talenta terbaik di posisi yang tepat. Selain menghindari ketidakcocokan, hal ini membuktikan bahwa perusahaan berusaha menempatkan posisi karyawan sesuai dengan kemampuannya.

4. Mengajak karyawan refreshing di sela-sela pekerjaan

unsplash

Dalam pekerjaan, seseorang pasti akan merasakan yang namanya titik jenuh. Rasa jenuh akan menghilangkan semangat karyawan dalam bekerja. Cairkan suasana itu dengan membuat suasana kerja yang menyenangkan. Contohnya seperti mengajak karyawan makan siang bersama atau berekreasi. Walaupun memakan biaya, tetapi hal ini dapat memberikan timbal balik bagi perusahaan. Karyawan akan merasa senang dan lebih bersemangat dalam bekerja. Hal yang terpenting adalah kenyamanan karyawan bekerja di perusahaan.

5. Melakukan diskusi dan pengecekan secara berkala

unsplash

Selain memiliki hubungan baik dengan karyawan dan memberikan perhatian terhadap kinerjanya. Pemimpin harus melakukan pengecekan kinerja secara berkala dan berdiskusi tentang keterlibatan masing-masing karyawan.

Leave a Reply