Sering Tidur hingga Siang? Coba Pahami Dampaknya

Tidur merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Di waktu tidur, sudah waktunya tubuh dan otak agar beristirahat setelah seharian bekerja. Demi hidup sehat, para ahli pun menyimpulkan durasi tidur yang ideal. Untuk orang dewasa sendiri membutuhkan waktu selama tujuh sampai delapan jam. Sedangkan untuk anak-anak membutuhkan waktu tidur selama sembilan hingga sepuluh jam per harinya.

Namun terkadang, ada sebagian orang yang tak mampu melakukan jam tidur sesuai anjuran para ahli. Hal ini dikarenakan adanya berbagai faktor, seperti lembur, stres, penyakit, hingga saat mendapat cuti. Tak hanya dialami orang dewasa, anak muda juga mengalami masalah ini. Akibatnya, mereka bisa bangun hingga hari menjelang siang.

Jangan salah, tidur siang sendiri ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan loh. Walaupun lebih nikmat karena jam tidur lebih panjang, kamu tetap harus hindari kebiasaan seperti ini. Apa saja? Yuk simak poin di bawah ini.

  1. Sakit Kepala

Sumber: pixabay.com

Pernahkah kamu mengalami ini setelah bangun siang hari? Ya, ini adalah salah satu efek dari bangun siang. Ini disebabkan karena adanya cairan yang disebut Serebrospinal yang terus mengalir ke otak saat kamu tidur. Semakin lama kamu bangun, semakin banyak cairan tersebut masuk ke dalam otak. Selain menyebabkan pusing, kebanyakan cairan Serebrospinal juga menyebabkan efek kebutaan loh.

  1. Metabolisme Tubuh Terganggu

Sumber: pixabay.com

Tubuh manusia memiliki jangka waktu dalam beraktivitas dan beristirahat. Jika kamu sedang melakukan istirahat, maka tubuhmu akan bekerja dengan cara memproses sisa makanan dan mengolahnya menjadi racun. Nantinya, racun itu akan dikeluarkan melalui proses buang air kecil atau besar yang biasanya dilakukan pada jam lima hingga tujuh pagi. Kemudian pada tujuh hingga sembilan pagi, tubuh biasanya menyerap energi dan nutrisi lewat usus halus. Apabila fungsi tubuh tidak sesuai pada jam tersebut karena bangun siang, maka metabolisme akan terganggu. Bahkan, hal ini juga mampu menimbulkan risiko kanker hati.

  1. Tubuh Lesu

Akibat metabolisme tubuh yang terganggu, maka berdampak juga pada kestabilan tubuh. Untuk menstabilkan kembali, tubuh memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Akibatnya, kamu akan kembali memerlukan waktu sebelum kembali beraktivitas.

  1. Sulit Konsentrasi

Efek panjang dari tidur siang lainnya adalah sulit melakukan konsentrasi. Ini merupakan efek lanjutan dari tubuh lesu dan berdampak pada tidak fokus ketika melakukan pekerjaan. Apabila kamu bangun pagi, mungkin masih bisa diminimalisir dengan berolahraga. Namun jika kamu bangun siang, apakah masih ada waktu untuk berolahraga?

  1. Kehilangan Waktu Produktif

Pagi hari merupakan sebuah momentum karena otak dan tubuh kamu sedang segar. Di waktu itulah kamu bisa melaksanakan aktivitas yang berguna, seperti belajar, bekerja, hingga berolahraga. Namun jika kamu bangun terlalu siang, maka aktivitas yang seharusnya dilakukan pada pagi hari menjadi berantakan. Alhasil, kamu memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan aktivitas yang seharusnya sudah selesai.

Itulah beberapa dampak buruk bagi kamu yang menjalani tidur selama berlebihan. Masih maukah kamu tidur hingga siang hari? Pikirkan lagi ya.

Leave a Reply