Potret Keindahan Danau Framu si Indah Dari Papua Barat

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kondisi geografis berupa dataran tinggi, dataran rendah dan juga perairan yang terbentang luas. Dan hal ini terhampar dari sabang sampai dengan merauke dengan keindahan yang tidak bisa terbantahkan. Setiap daerah pun memiliki kekhasan masing-masing, baik makanan, minuman, bahasa, dan juga objek wisatanya.

Salah satunya yaitu objek wisata yang ada di Papua yaitu danau Framu. Terkenal dengan Raja Ampatnya, namun danau Framu yang berada di daerah Ayaframu, Kabupaten Maybrat, Papua Barat ini memiliki keistimewaan tersendiri. Jika kita melihat bentuk salah satu bentuk pulau Papua adalah seperti kepala burung, maka letak danau Framu adalah di tengah-tengah kepala burung tersebut.Memiliki daya tarik yang tidak bisa ditolak oleh para wisatawan yaitu berupa suasana alam yang teduh serta warna air yang hijau kebiruan.

Danau Framu Memiliki Sensasi Tenang

tripadvisor

Sensasi ketenangan ini pun dapat lebih kamu rasakan dengan menutup mata dan menghirup udara segar yang belum tercampur oleh asap ataupun polutan lainnya. Rasakan semilir angin yang akan menyapa wajah dan juga suara aliran air yang selama ini dikenal dapat menjadi salah satu terapi relaksasi. Dan semua itu dapat kita dapatkan apabila kita mengunjungi danau Framu ini. Namun apa hanya itu saja yang kita dapatkan saat berkunjung ke danau Framu? Jangan sedih teman-teman, bukan hanya itu saja yang akan kita dapatkan jika kita berkunjung kesana. Banyak kejutan yang tidak akan kita temui di daerah lain, seperti kearifan lokal yang masih terjaga di daerah tersebut. Dimana masyarakat sekitar danau Framu, yang merupakan bagian dari marga Solossa, Jitmau, Kambuaya , Lemauk dan Howae yang masih memegang kepercayaan bahwa keberadaan nenek moyang, menjaga kelestarian danau dan tidak menebang pohon di sekitar danau. Dimana jika menebang pohon dapat diartikan sebagai memotong rambut nenek moyang yang ada di danau Framu.

travelingyuk

Warga Percaya Roh Nenek Moyang

Selain itu, masyarakat sekitar juga meyakini bahwa roh nenek moyang hidup di dalam danau dan memberi sumber kehidupan kepada makhluk hidup yang ada di danau Framu. Seperti ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Dengan kearifan lokal yang sangat dijaga, maka tidak diragukan lagi betapa terjaganya objek wisata danau Framu ini. Danau Framu sendiri memiliki kondisi geografis yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga mengakibatkan air danau menjadi sangat segar. Maka jika kita sedang menikmati liburan di danau Framu namun tidak menikmati kesegaran airnya, hal ini dirasa kurang sempurna. Karena liburan di danau Framu akan terasa sempurna setelah kalian merasakan kesegaran airnya. Untuk mendapatkan liburan menyenangkan di surga yang tersembunyi di daerah Ayaframu, Maybarat, Papua Barat ini kamu harus menempuh perjalanan selama 5 jam dari kota Sorong Barat. Dengan jarak 158 km dari kota sorong barat ini, kamu dapat melakukan perjalanan dengan menyewa motor seharga 150 ribu saja.

kompasiana

Kondisi Badan Harus Prima

Selain menyiapkan kendaraan, kamu pun harus menyiapkan kondisi tubuh yang prima karena perjalanan yang akan dilalui bukan lah perjalanan yang mudah. Namun perjalanan menantang, dikarenakan jalan menuju danau Framu masih banyak yang rusak dan juga naik turun. Bagi kalian yang membawa mobil, maka mobil harus diparkir di depan gerbang danau Framu dikarenakan tidak dapat masuk dan harus dilanjutkan dengan jalan kaki kedalamnya. Begitupun yang menggunakan motor pun harus rela berjalan kaki, karena kita harus menyusuri hutan untuk mencapai danau Framu yang kita impikan. Dan disarankan untuk kalian agar tidak terlena akan keindahan danau Framu tanpa megindahkan waktu, karena jika sudah malam perjalanan akan terasa lebih menyeramkan karena kurangnya pencahayaan. Jadi buat kalian yang ingin menikmati liburan pada objek wisata danau Framu ini, diwajibkan untuk mempersiapkan stamina dan juga perbekalan yang cukup. Serta mempersiapkan kamera untuk mengambil gambar dan setiap momen menakjubkan yang nantinya akan kalian rasakan. Selain itu jangan lupa berdoa juga ya, karena tanpa izin dari Tuhan Yaang Maha Kuasa maka kita tidak akan dapat merasakan liburan yang menakjubkan ini.

Leave a Reply