Lima Kerajinan Tangan ini Bisa Kamu Buat Saat Bulan Ramadan

Ramadan sudah menjadi tradisi umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan puasa. Bulan ini menjadi bulan penuh berkah karena umat Islam bisa melaksanakan ibadah yang menambah pahala. Selain beribadah, kamu juga bisa melakukan kegiatan bermanfaat lain. Misalnya, kamu bisa menambahkan pemasukan ke dalam saku pribadimu. Bagaimana caranya? Salah satunya ya lewat membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan bisa menjadi peluang bagi kamu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Selain mengisi waktu luang, kerajinan tangan saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Berikut beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat sembari mengisi waktu luang di bulan Ramadan.

  1. Kerajinan Kayu

Sumber: pixabay.com

Membuat kerajinan kayu memang kedengarannya agak berat. Selain mencari kayu yang layak untuk digunakan, membuat kerajinan ini terdengar menghabiskan waktu luang dan membuang energi selama puasa. Namun jangan salah, ada beberapa macam kerajinan ringan dari kayu yang bisa kamu buat. Seperti halnya asbak, gantungan kunci, tempat pensil, hingga sedotan dari kayu. Barang terakhir saat ini menjadi tren karena masyarakat sudah mulai muak dengan penggunaan bahan plastik yang berlebih dan berdampak pada kerusakan lingkungan.

  1. Kerajinan Bambu

Sumber: pixabay.com

Kerajinan bambu hampir sama dengan kerajinan kayu. Namun apa salahnya jika kamu memiliki sebuah perkebunan bambu yang jumlahnya sudah tak bisa dihitung jari. Dari kerajinan bambu ini, kamu bisa membuat berbagai barang dan koleksi menarik. Seperti sedotan, tempat pensil, tempat lilin, asbak, hingga tempat untuk lampu hias. Lumayan bukan?

  1. Kerajinan Plastik

Kerajinan plastik sebenarnya sudah tren sejak beberapa tahun belakangan. Namun kerajinan ini kembali mencuat karena beredar kabar bahwa penggunaan plastik yang sudah over hingga mengancam kerusakan bumi kita. Daripada plastik hanya kamu pakai sekali buang, lebih baik kamu daur ulang dan bisa menjadi barang yang bisa dipakai kembali.

Beberapa contoh kerajinan tangan yang dibuat dari plastik adalah tempat pensil, dompet, celengan, hingga lampion. Yuk perhatikan plastik yang sudah kamu pakai dan ubah menjadi kerajinan tangan.

  1. Kerajinan dari Stik Es Krim

Sumber: pixabay.com

Stik es krim juga bisa menjadi barang baku utama dalam membuat sebuah kerajinan tangan. Selain bahannya mudah, kamu juga tidak memerlukan modal banyak dalam membuat kerajinan tangan dari bahan ini. Kamu bisa membuat berbagai barang, seperti tempat tisu, tempat pensil, miniatur rumah, tempat lampu, hingga vas bunga.

  1. Lukisan dengan Pensil

Bagi kamu yang hobi menggambar, kerajinan lukisan ini bisa menjadi alternatif dalam menambah pundi-pundi rupiah. Kamu hanya perlu tekun menggambar dan menyebarkan hasil karyamu ke media sosial. jangan sampai bakat kamu terbuang sia-sia dan tidak menghasilkan apa-apa.

Itulah beberapa macam kerajinan tangan yang bisa kamu buat selama bulan Ramadan ini. Selain menambah penghasilan, kamu juga bisa mengisi waktu luang sekaligus menampung bakatmu yang selama ini tidak digunakan. Yuk ah coba!

Leave a Reply