Anak Millenial Bokek Saat Tanggal Tua? Ketahui 5 Penyebabnya

Tanggal tua merupakan salah satu situasi yang sangat mengkhawatirkan bagi anak millenial. Kondisi persediaan uang menipis dikarenakan tanggal penerimaan gajian telah lama dilewati. Namun, kebutuhan yang harus dipenuhi masih sangatlah banyak. Selain itu, kondisi ini menuntut para millenial untuk menekan keinginannya sekuat mungkin atas barang yang ingin dimiliki, demi memenuhi kebutuhan utama yang lebih urgent. Kondisi seperti ini menjadi suatu masalah bagi para millenial saat tanggal tua menyapa. Tanggal tua sendiri merupakan waktu seorang pekerja belum menerima pemasukan bersamaan dengan itu gaji mulai menipis.

Jika melihat kalender, maka tanggal tua ini berkisar pada tanggal 20 hingga 31 setiap bulannya. Kata beken yang sering digunakan oleh anakmillenial untuk menandakan kalau dia sedang mengalami tanggal tua yaitu istilah“bokek”.Namun tahukah kita, apa yang menyebabkan paramillenial atau anak muda jaman now, seringkali mengalami bokek ditanggal tua? Untuk mengetahui penyebabnya, maka anda wajib membaca 5 hal yang menyebabkan mellenial bokek ditanggal tua.

1. Tidak memiliki manajemen terhadap uang yang dimiliki

unsplash

Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Tidak hanya keuangan perusahaan yang harus dimanajemen sebaik mungkin, namun keuangan pribadi atau personal pun juga harus diperhatikan manajemennya. Me-manajemen secara baik berarti mengelola uang yang diterima dapat memenuhi segala pengeluaran yang akan kita lakukan. Cara mudah untuk me-manajemen uang milik pribadi yaitu dengan membagi setiap uang yang kita miliki ke dalam pos-pos pengeluaran yang akan kita keluarkan seperti membayar kosan, untuk makan, untuk pendidikan, dll. Tidak dapatnya me-manajemen uang dengan baik inilah salah satu penyebab yang mengakibatkan anak millenial mengalami bokek pada saat tanggal tua.

 

2. Boros di awal bulan

unsplash

Menghabiskan uang hasil gajian di awal bulan merupakan salah satu penyebab dari anak millenial mengalami bokek. Hal ini dapat kita lihat, saat awal bulan anak-anak millenial cenderung akan melakukan kegiatan berbelanja barang yang diinginkannya. Dan kita juga dapat melihat pada awal bulan, pusat-pusat perbelanjaan akan dipenuhi oleh anak-anak millenial, terutama toko-toko pakaian, tas dan sepatu. Bukankah hemat pangkal kaya dan boros pangkal miskin? Maka hal ini telah dilupakan oleh anak-anak millenial, sehingga menyebabkan mereka bokek dikarenakan gaya hidup mereka yang boros.

3. Tidak membedakan antara kebutuhan dan keinginan

unsplash

Berbelanja merupakan salah satu hobi yang tidak dapat dilepaskan dari anak-anak millenial. Jika kegiatan berbelanja ini ditujukan untuk membeli hal-hal yang digunakan demi memenuhi kebutuhan, maka belanja menjadi suatu hal yang wajib dilaksanakan. Namun terkadang anak millenial lupa untuk membedakan mana belanja yang didasarkan atas kebutuhan, dan mana belanja yang didasari oleh keinginan mereka semata. Contohnya saja membeli sepatu setiap awal bulan tidak menjadi kebutuhan lagi dikarenakan mereka masih memiliki sepatu yang layak digunakan. Yang artinya kebutuhan mereka atas sepatu telah terpenuhi, namun karena keinginan mereka akhirnya membeli sepatu lagi. Dan hal ini bisa menjadi pemicu anak millenial bokek saat tanggal tua.

 

4. Jalan-jalan ataupun berbelanja dengan gebetan

unsplash

Istilah gebetan merupakan istilah yang sangat familiar di telinga anak-anak millenial. Dan menjadi hal yang lumrah untuk jaman sekarang yaitu kegiatan berbelanja-ataupun jalan-jalan dengan gebetan. Dimana hal ini bukanlah suatu kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu penyebab bokeknya anak-anak millenial pada tanggak tua.

5. Tidak mempersiapkan cadangan simpanan saat tanggal tua

unsplash

Tidak mempersiapkan cadangan dana untuk tanggal tua merupakan penyebab terbesar dari bokeknya anak-anak millenial saat tanggal tua. Hal ini dikarekan kurangnya perencanaan dan persiapan anak-anak millenial dalam mempersiapkan setiap pos-pos keuangan mereka. Dan salah satu pos yang penting yaitu pos cadangan tanggal tua. Hal ini dilakukan agar saat tanggal tua, anak-anak millenial masih memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

5 hal diatas merupakan hal-hal yang harus dipastikan tidak ada pada diri kita sebagai anak-anak millenial, jika tidak ingin mengalami bokek di tanggal tua. Jangan lupa dijauhi penyebabnya ya.

Leave a Reply