Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung sudah menjadi tren bagi generasi milenial saat ini. Melonjaknya wisata mendaki gunung dikarenakan penayangan film 5cm di layar lebar. Film yang bercerita tentang pendakian Gunung Semeru ini mengundang kalangan anak muda untuk beramai-ramai mendaki gunung. Selain melepas penat, mendaki gunung juga berguna bagi siapapu yang mau mencintai alam.

Namun mendaki gunung tak seindah yang kita lihat di film tersebut. Perlu diketahui, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum naik gunung. Apa saja? Yuk simak tips-tips di bawah ini terkait persiapan sebelum melakukan pendakian.

  1. Kenali Lokasi yang Ingin Dikunjungi

Sumber: pixabay.com

Setiap gunung memiliki ciri khas yang berbeda. Ada yang treknya mudah dilalui, ada yang treknya sangat terjal, bahkan cenderung curam. Ada yang ketinggiannya hanya 2000 meter di atas permukaan laut, ada yang ketinggiannya melebihi 2500 meter di atas permukaan laut.

Oleh karenanya, kenali lebih dulu lokasi yang ingin kalian kunjungi. Terlebih kalau kalian masih newbie pengalaman mendaki gunung. Carilah lokasi yang sesuai dengan kemampuan kalian.

  1. Perhatikan Cuaca

Sumber: pixabay.com

Indonesia sebagai negara tropis memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau dimulai sejak bulan April hingga Oktober, sedangkan musim hujan dimulai pada Oktober hingga April. Namun perkiraan cuaca sudah tidak menentu sejak bumi mengalami pemanasan global.

Akan tetapi, apa salahnya untuk mengamati kondisi cuaca. Jangan sesekali kamu menanjak ketika musim hujan tiba. Selain munculnya kabut tebal, hawa gunung juga akan semakin dingin. Sangat berbahaya bagi kamu yang tak memiliki ketahanan tubuh.

  1. Persiapan Fisik

Sumber: pixabay.com

Memiliki kebugaran fisik juga menjadi modal utama dalam mendaki gunung. Sebelum mendaki, usahakan kamu sudah berolahraga secara teratur. Hal ini menjadi faktor penting karena kamu akan melakukan pekerjaan ekstra. Setelah berolahraga, kamu akan mampu beradaptasi dengan trek yang akan dilalui. Nafasmu akan lebih teratur, juga meminimalisir terjadinya kram.

  1. Packing Barang dan Peralatan yang Diperlukan Saja

Sumber: pixabay.com

Kamu juga harus belajar bagaimana mempersiapkan daftar barang yang akan dibawa. Jika kamu mendaki selama tiga hari, bawalah beberapa baju ganti dan pakaian dalam yang secukupnya. Jangan terlalu banyak, apalagi sampai bawa koper.

Kamu juga mesti memerhatikan barang-barang lain, seperti korek, senter, sarung tangan, hingga kaus kaki. Walaupun sepele, hal-hal kecil itu akan berguna nantinya. Jangan sampai kamu menyesal saat sampai di lokasi.

  1. Perhatikan Perlengkapan Teman atau Kelompokmu

Sumber: pixabay.com

Jika kamu sudah mempersiapkan kebutuhan untuk diri sendiri, bagaimana dengan temanmu? Jangan sampai kelompokmu akan menyusahkan kamu nantinya. Kamu harus memerhatikan kondisi mereka, apakah tengah mengidap penyakit tertentu, apakah memiliki alergi, apakah persediaan barang mereka sudah mencukupi kebutuhan?

Setelah melakukan persiapan di atas, silakan melaksanakan pendakian. Jangan lupa untuk membawa sampahnya kembali dari atas gunung. Belajarlah mencintai alam. Selamat mencoba.

Leave a Reply