5 Cara Menjaga Motivasi Kerja Saat Sedang Jenuh di Kantor

Rasa jenuh saat bekerja di kantor merupakan hal alamiah yang dialami oleh setiap karyawan. Bekerja selama delapan jam sehari dengan jadwal yang padat, tekanan dari atasan, target yang belum terlaksana, tugas kantor yang menumpuk dan yang lainnya. Dalam sebuah bisnis, perusahaan yang memegang kendali besar. Karyawan diibaratkan sebagai sebuah pion, bekerja untuk perusahaan, patuh terhadap aturan perusahaan, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan menerima gaji setiap bulannya. Walaupun tempat kerja nyaman tetapi rasa jenuh pasti ada. Karena hampir setiap hari melakukan aktivitas yang sama. Rasa jenuh atau bosan dapat membuat mood turun dan menumbuhkan rasa malas. Akibatnya pekerjaan menjadi tidak terselesaikan, jika selesai itupun asal selesai. Jika hal itu terjadi, kita harus menyikapi rasa jenuh tersebut. Sebelum rasa jenuh mendominasi, ada lima hal yang dapat dilakukan untuk menjaga motivasi kerja saat jenuh di kantor:

5 Cara Menjaga Motivasi Kerja Saat Sedang Jenuh di Kantor

1. Kenali apa tujuan kita bekerja dan temukan penyebab rasa jenuh

unsplash

Semua orang mempunyai tujuan masing-masing saat bekerja. Mengisi waktu luang, mencari nafkah, mencari pengalaman atau membahagiakan keluarga. Pikirkan kembali tujuan kita dan renungkan jika kita mulai jenuh bagaimana cara mencapai semua tujuan itu. Rasa jenuh merupakan salah satu rintangan yang akan dihadapi dalam setiap hal, bukan hanya pekerjaan. Rasa jenuh bisa datang dari diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar. Kita dapat menceritakan rasa jenuh kepada atasan atau orang yang dipercaya. Agar dapat menumbuhkan semangat kerja dan menemukan solusi permasalahan.

2. Refreshing di akhir pekan dan manfaatkan waktu cuti

unsplash

Akhir pekan merupakan waktu pribadi untuk bersantai ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga. Jadi lupakan sejenak semua pekerjaan saat akhir pekan. Maksimalkan akhir pekan dengan baik seperti jogging di pagi hari, mengujungi restoran, tempat wisata maupun toko buku dan berekreasi bersama keluarga. Waktu yang dihabiskan untuk refreshing dapat mengembalikan mood booster untuk bekerja di hari esok. Setiap karyawan pasti memiliki hak cuti, jangan sampai kita tidak mengambil waktu cuti. Sama seperti akhir pekan waktu cuti merupakan kesempatan kita untuk beristirahat di tengan kejenuhan kerja.

3. Berhenti sejenak saat merasa jenuh

unsplash

Berhenti bukan dalam arti kata berhenti bekerja (resign). Menjelang sore hari, jika kita merasa mata mulai berat atau pikiran buntu. Coba untuk istirahat sejenak, selingi pekerjaan dengan kegiatan lain seperti mencuci muka, makan cemilan atau minum air putih. Pekerjaan yang diselingi dengan kegiatan-kegiatan kecil seperti itu dapat meningkatkan produktivitas. Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi untuk berpikir dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

4. Menjalin pertemanan yang baik dengan rekan kerja

unsplash

Sudah menjadi kodratnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain untuk kelangsungan hidupnya. Memiliki teman dekat di tempat kerja membuat kita semangat dalam bekerja. Pekerjaan akan terasa menyenangkan, lebih ringan dan dapat dinikmati. Dengan memiliki sahabat, kita dapat menghabiskan waktu bersamanya di luar jam kerja. Misal pergi ke bioskop bareng, karaoke atau mengunjungi tempat wisata.

5. Ciptakan suasana kerja yang nyaman

unsplash

Kejenuhan dapat disebabkan karena meja kerja yang berantakan. Pikiran yang berantakan membuat tempat kerja juga berantakan. Pelan-pelan rapikan meja kerja anda, susun kertas-kertas yang ada sesuai dengan urutan agar mudah untuk mencarinya. Letakkan bingkai foto atau hiasan cantik di meja kerja anda, buat suasana meja kerja nyaman seperti di kamar anda. Untuk perubahan dekorasi ruang kerja, harus meminta persetujuan tim divisi dan atasan.
Semua dorongan eksternal tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan kemauan diri kita sendiri untuk melepaskan rasa jenuh. Rasa jenuh akan selalu menghampiri kita, tinggal bagaimana strategi seseorang untuk mengatasi rasa jenuh. Apakah lebih memilih untuk melawan rasa jenuh atau membiarkannya. Selalu bersyukur dengan semua hal yang kita miliki dan jalani. Terkadang kita hanya fokus dengan beratnya masalah yang dihadapi. Membuat kita lupa dengan keadaan orang- yang jauh lebih tidak beruntung. Bisa jadi pekerjaan yang kita lakukan sekarang merupakan posisi yang diinginkan banyak orang.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan menanamkan nilai-nilai positif dalam setiap aktivitas.

Leave a Reply