5 Tips Cerdas Beli Gadget Online

Hidup di zaman Revolusi Industri 4.0 membuat segala hal berbasis internet. Tak hanya sebatas digunakan untuk bertatap muka dengan yang jauh ataupun mencari infromasi yang dibutuhkan dengan cepat. Hari ini internet sudah merambat dalam industri perdagangan. Bisnis online sudah banyak merajalela dengan kemudahan yang ditawarkan. Apalagi gadget yang menjadi kebutuhan primer setiap manusia di zaman sekarang sangat cepat perkembangannya. Maka perlu kemudahan bertransaksi agar barang yang diinginkan dapat dengan segera didapatkan.

Berikut adalah 5 tips cerdas untuk membeli gadget secara online :

5 Tips Cerdas Beli Gadget Online

1. Tentukan gadget yang diinginkan

unsplash.com

Sebelum membeli suatu barang, prioritaskan barang mana yang harus kita beli. Lalu, apabila ingin membeli gadget, pastikan gadget tersebut sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan. Apakah kameranya yang bagus, atau batrenya yang tahan lama, atau lainnya. Lihat perkembangan gadget yang terbaru dan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Pastikan bahwa kita memang butuh gadget tersebut, bukan hanya karena tergiur dengan model baru namun karena memang kita sedang butuh gadget tersebut. Agar nantinya barang tersebut dapat dipakai secara optimal. Maka buat plan a-c pilihan gadget yang kita inginkan.

2. Cari yang sesuai dengan harga pasaran

unsplash.com

Setelah kita menentukan gadget yang akan dibeli, mulai cari harga beli dipasaran. Apakah sesuai dengan kantong ataukah tidak. Sebaiknya pilih yang memang berguna untuk kedepannya dan yang sesuai dengan bujet yang ada. Agar jangan sampai menghutang, apalagi jika ada ribanya. Maka pilihlah yang sesuai kapasitas diri. Jangan berlebihan dan mulailah prioritaskan yang paling penting.

3. Bandingkan harga di beberapa toko online yang terpercaya

unsplash.com

Banyak toko online yang menyediakan kemudahan berbelanja. Ditambah banyak diskon yang biasanya selalu ada setiap harinya, mulai dari gratis ongkir, cashback, bahkan bonus lainnya. Maka carilah harga yang paling murah ditambah dengan cari promo yang biasanya ditawarkan. Bandingkan dengan beberapa toko online yang ada. Dihitung mana yang paling bisa menghemat pengeluaran namun tetap dapat gadget yang diinginkan.

Jangan lupa, bahwasanya tetap jika harga itu sebanding dengan barang yang ditawarkan. Maka jangan juga terlena dengan harga yang sangat murah. Tapi tetap harga yang ditemukan biasanya tidak akan beda terlalu jauh dengan harga dipasaran. Toko online yang menjadi perbandingan juga harus toko online yang sudah terkenal dimasyarakat, seperti bukalapak, shopee , tokopedia ataupun lainnya.

4.Lihat spesifikasi barang dan testimoni pembeli di toko yang ada

unsplash.com

Apabila kita telah menentukan gadget yang diinginkan, lalu melihat harga pasarannya, ditambah membandingkan harga yang ada di beberapa toko maka sekarang kita harus melihat secara jeli. Memperhatikan secara detail spesifikasi barang yang diinginkan. Bisa dilihat di deskripsi produknya, apabila ada yang kurang detail, maka bisa ditanyakan di kolom chat yang biasanya disediakan di fitur toko online tersebut.

Jangan lupa juga untuk mengecek testimonya dari para pembeli yang telah merasakan produk yang dibeli di toko online tersebut. Biasanya barang yang ditawarkan tersebut dapat dilihat di testimoninya para pembeli, apalbila kebanyakan komentarnya baik-baik.

Maka bisa diperkirakan produk tersebut aman jika dibeli. Tapi jika testimoni yang diberikan banyak yang kecewa, maka berhati-hatilah. Jangan sampai, kita tidak belajar dari pengalaman orang-orang sebelumnya. Perhatikan sampai sedetail ini yah.

5. Perhatikan garansi dan lakukan pembayaran dengan hati-hati

unsplash.com

Terakhir apabila sudah mendapatkan toko dengan gadget yang sesuai dan pas dihati, cermati pemberian garansi yang ditawarkan. Agar apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa mudah menukarkan dengan yang lain karena masih ada masa garansi.

Lakukanlah pembayaran dengan metode yang ditawarkan. Bisa dengan transfer ke rekening yang sudah tersedia, bisa dengan lewat supermarket apabila memang toko tersebut sudah bekerja sama dengan supermarket yang dituju, atau lebih mudah lagi dengan metode pembayaran di tempat. Lebih terpercaya apabila kita menggunakan metode pembayaran di tempat, sehingga ada barang maka ada uang. Jadi tidak takut kalau barang tidak sampai.

Namun berarti itu harus membuat kita selalu ada ditempat yang dituju. Agar saat barang itu sampai, kita bisa langsung membayarnya tanpa harus memberatkan sang kurir karena sang pemilik rumah tidak ada di rumah.

Itulah kira-kira tips singkat membeli gadget secara online. Semoga bermanfaat dan jadilah pembeli yang cerdas. Cerdas menggunakan pengeluaran yang ada juga cerdas dalam bertransaksi. Selamat berbelanja gadget!

Leave a Reply