5 Tips Memilih Tabungan di Bank

Keuangan kita dapat dikatakan baik apabila kita mempunyai tabungan. Tabungan merupakan simpanan yang dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Memiliki tabungan merupakan hal yang sangat penting karena dapat digunakan dalam keadaan darurat. Selain itu, dengan menabung kita dapat membeli barang yang kita inginkan. Pada zaman dahulu, menabung dilakukan sendiri dengan cara dimasukkan ke dalam celengan. Sekarang ini, menabung dapat dilakukan di bank. Buat anda yang binggung memilih bank yang cocok sebagai tempat untuk menabung, anda dapat membaca tips dibawah ini:

 

  1. Suku bunga

Sumber: pixabay.com

Salah satu faktor yang cukup menjadi pertimbangan dalam memilih tabungan adalah besarnya suku bunga. Cari tahu besar bunga yang ditawarkan oleh bank-bank yang ada. Semakin besar bunga yang ditawarkan maka semakin besar keuntungan yang akan kita dapat.

Kita juga perlu tahu metode perhitungan bunga tersebut, apakah fixed rated atau floating rate. Fixed rate artinya besarnya bunga yang didapat sudah tetap/pasti untuk jangka waktu tertentu. Sedangkan floating rate artinya besarnya bunga tabungan dapat berubah sewaktu-waktu.

  1. Mengetahui jangka waktu tabungan

Sumber: pixabay.com

Perkirakan dalam jangka waktu berapa lama uang di tabungan kita akan diambil. Apabila kurang dari 1 bulan akan diambil / dipakai lebih baik memilih tabungan biasa. Apabila lebih dari 1 bulan, lebih baik memilih tabungan berjangka atau yang dikenal dengan deposito. Karena tabungan berjangka memberikan bunga lebih besar dari tabungan biasa. Besarnya bunga tabungan berjangka sekitar 2-3x lipat dari tabungan biasa.

  1. Biaya administrasi

Biaya administrasi suatu bank cukup berpengaruh terhadap keuntungan suatu bank. Lebih baik anda mencari tahu lebih dahulu berapa biaya administrasi per bulan untuk tabungan yang akan anda ambil. Selain itu, cari tahu juga biaya administrasi lainnya yang dikenakan apabila anda melakukan suatu transaksi tertentu. Beberapa bank tidak mengenakan biaya administrasi bulanan. Anda dapat memilih bank-bank tersebut sebagai pilihan tabungan anda.

  1. Mengetahui kebutuhan

Sumber: pixabay.com

Apa tujuan anda dalam menabung di bank? Hanya untuk sekedar mengamankan dana dan mendapat bunga? Atau untuk keperluan pendidikan anak? Atau untuk mengamankan barang tertentu anda? Atau mungkin untuk naik haji? Atau bahkan untuk mempersiapkan masa pensiun?

Jika hanya untuk sekedar mengamankan uang, anda dapat memilih tabungan biasa. Apabila untuk pendidikan anak, anda dapat memilih tabungan pendidikan karena akan lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda menabung untuk berjaga-jaga apabila barang anda rusak / hilang, anda dapat memilih asuransi. Banyak jenis asuransi yang ditawarkan, dari asuransi rumah, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan masih banyak jenis asuransi lainnya.

Apabila anda menabung karena berencana naik haji, anda dapat memilih tabungan haji. Sedangkan untuk tabungan di masa pensiun, anda dapat memilih tabungan pensiun. Sekarang bahkan ada tabungan bisnis, cocok untuk anda yang ingin membuka suatu bisnis atau akan membutuhkan uang untuk keperluan bisnis lainnya.

  1. Fasilitas yang didapatkan

Cari tahu fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan bila menabung di suatu bank tertentu. Apakah keuntungan dan kerugian bila kita menabung di bank tersebut. Kesesuaian fasilitas yang diberikan dengan kebutuhan yang kita punya dapat membantu anda memilih tabungan bank mana yang cocok dengan anda.

Semoga tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan untuk membuka tabungan. Punya tips lain yang belum tercantum di tips diatas? Bagikan di kolom komentar ya.

Leave a Reply