Kenali 5 Hal Pentingnya Olahraga Bagi Anak Muda

Tubuh yang sehat merupakan salah satu aset berharga yang harus dimiliki oleh pemuda. Melalui tubuh yang sehat dan bugar, mereka bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dalam hidupnya dengan mudah. Melalui tubuh yang sehat pula, mereka dapat menambah kebermenfaatan dalam hidupnya. Dengan tubuh yang sehat, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan kantor dengan cepat, membantu orang lain yang kesulitan, beribadah dengan lancar, dan juga melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Menjadi suatu aset yang sangat berharga, maka untuk mencapai tubuh yang sehat kita membutuhkan usaha untuk mencapainya. Dari menjaga pola makan, memakan-makanan sehat hingga melakukan olahraga yang teratur.

Salah satu kegiatan yang dapat membuat tubuh sehat, namun sangat jarang dilakukan oleh orang-orang terutama oleh anak muda jaman sekarang yaitu olahraga. Banyak alasan yang akan mereka utarakan jika diajak olahraga, dari malas, capek ataupun masih banyak pekerjaan lain. Jarangnya olahraga ini lah yang banyak menyebabkan anak muda jaman sekarang banyak yang mengalami penyakit obesitas yang nantinya akan menimbulkan penyakit lain. Maka dari itu, sebagai anak muda, kita wajib untuk ber-olahraga karena olahraga sangatlah penting. Lima hal di bawah ini akan membahas terkait nebgapa anak muda perlu untuk ber-olahraga:

Kenali 5 Hal Pentingnya Olahraga Bagi Anak Muda

1. Meningkatkan hormon bahagia

unsplash.com

Suasana hati dipagi hari, akan mempengaruhi kinerja seseorang untuk satu hari. Ungkapan ini merupakan ungkapan yang seringkali kita dengar, dimana saat suasana hati dipagi hari sangatlah mempengaruhi kinerja seseorang pada satu hari penuh. Jika suasana hati baik dan bahagia, maka seseorang tersebut dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan mudah. Begitupun saat suasana hati jelek, maka kinerja seseorang akan terhambat. Dan untuk meningkatkan hormon bahagia tersebut, kita dapat melakukannya dengan olahraga di pagi hari. Dimana olahraga dipagi hari ini dapat memicu hormon testosteron berada pada level maksimum. Hormon testosteron inilah yang dikenal dengan hormon bahagia.

2. Meningkatkan performa

unsplash.com

Olahraga dapat membuat kamu lebih produktif saat menyelesaikan pekerjaanmu. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan intensitas diri sehingga akan berpengaruh pada performa kinerja kamu. Dan dengan berolahraga pula, tubuhmu akan secara otomatis tidak mudah lelah, lebih lentur dan fleksibel, sehingga produktifitas pun meningkat. Maka dari itu, bagi kamu anak muda yang memiliki pekerjaan yang menuntut fleksibilitas tinggi, maka dengan olahraga secara teratur pekerjaanmu akan dapat diselesaikan dengan baik.

3. Penangkal Stress

unsplash.com

Hidup di kota besar dengan pekerjaan yang menuntut diselesaikan seringkali membuat seseorang merasakan yang namanya stress. Hal ini sangat mudah dialami terutama oleh orang muda, dikarenakan emosi mereka yang cenderung belum stabil. Munculnya stress akan berakibat pada performa kerja, performa kesehatan, dan performa kehidupan secara umum. Maka dari itu, sebagai anak muda kita harus aware terhadap hhal ini. Salah satu solusi untuk menangkal stress adalah dengan berolahraga. Penelitian pun menjelaskan, bahwa dengan melakukan olahraga ringan seperti lari dengan secara teratur dapat menekan rasa gelisah dan depresi. Serta menurut dokter, aktivitas fisik ini dapat membawa pengaruh positif pada kejiwaan.

4. Memperkuat tulang

unsplash.com

Tulang merupakan salah satu bagian terpenting dapalam tubuh manusia. Tempat melekatnya otot ini adalah sistem gerak manusia yang utama. Dimana manusia sangat bergantung pada tulang atas semua aktivitas hidupnya, seperti berjalan, berlari, loncat dan hal lain nya. Maka dari pada itu kita harus menjaga tulang dengan baik, serta memperkuatnya dengan melakukan kegiatan olahraga. Kita tidak ingin bukan mengalami tulang keropos saat dini? Maka dari itu, mari menjaga kekuatan tulang dengan berolahraga.

5. Melancarkan sistem metabolisme tubuh

unsplash.com

Tubuh manusia memiliki sistem metabolisme yang sangat kompleks. Dimana dengan adanya metabolisme ini, manusia dapat melaksanakan kehidupan sehari-harinya dengan baik. Jika metabolisme tubuh terganggu, maka tubuh dapat mengalami sakit dan hal lainnya sehingga dapat menghambat kegiatan sehari-sehari. Salah satu cara untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh adalah dengan berolahraga. Karena saat berolahraga, kita akan menambah massa otot yang dengan bertambahnya massa otot dapat memperlancar metabolisme tubuh kita.

Setelah mengetahui 5 hal kenapa kita sebagai anak muda perlu untuk ber-olahraga, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda melakukan kegiatan positif tersebut. Karena olahraga merupakan kunci hidup sehat dan performa terbaik dirimu.

Leave a Reply