5 Menu Buka Puasa Yang Bisa Dijadikan Peluang Usaha di Bulan Ramadan

Marhaban Yaa Ramadanā€¦!!!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. sebagian besar umat muslim akan menghabiskan aktivitasnya untuk beribadah, namun selain beribadah kamu dapat meningkatkan keberkahan ramadhan dengan mengisi waktu sambil berwirausaha.

Usaha yang paling tepat dan cocok di saat ramadhan salah satunya adalah dengan menjual menu berbuka puasa. Sudah menjadi kebiasaan muslim Indonesia yang lebih memilih kudapan manis untuk makanan berbuka.

Yuk, simak 5 sajikan menu terpopuler untuk berbuka puasa yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha!

  1. Buah Kurma dan Olahannya

 

Sumber: pixabay.com

Buah apa yang menjadi ciri khas selama bulan puasa? Ya, tak lain dan tak bukan adalah buah kurma. Salah satu makanan kegemaran Nabi Muhammad SAW ini juga turut digemari oleh kaum muslim. Bahkan di Indonesia sendiri permintaan buah kurma akan melojak puluhan kali lipat pada bulan ramadhan di bandingkan bulan biasanya. Manisnya buah kurma ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai ide usaha di bulan puasa. Selain dapat menjualnya dalam bentuk buah kurma asli, kamu juga dapat menjual olahan dari buah kurma. Contohnya seperti Cake kurma, kurma campur lumeran cokelat, minuman dingin rasa kurma dan lainnya.

  1. Kolak dingin dan Es pisang ijo

Sumber: google.com

Menu satu ini memang sudah menjadi makanan yang wajib tersedia di kala buka puasa. Hampir setiap orang yang buka puasa pasti mencari makanan yang manis-manis. Nah, kolak adalah salah satunya. Selain kolak ada juga yang tidak kalah popular saat bulan Ramadhan yaitu es pisang ijo. Rasa manis yang di padukan dengan lemaknya santan akan terasa wah di santap saat berbuka puasa. Apalagi jika disajikan dalam kondisi dingin, pastinya akan terasa sangat nikmat.

Harga pasaran kolak per gelas atau perbungkusnya mencapai Rp5.000. Sementara untuk modalnya kamu bisa keluarkan kocek antara Rp2.000 hingga Rp3.000. Ini berarti kamu punya keuntungan sekitar Rp2.000 per bungkus/gelasnya. Jika kamu berhasil menjual kolak 50 kemasan per hari, maka keuntungan kamu bisa tembus hingga Rp100.000 per hari.

  1. Gorengan

Sumber: google.com

Tak hanya menu-menu kuliner berasa manis saja yang populer untuk di sajikan dalam menu berbuka puasa, seperti makanan yang satu ini memang gak ada matinya. Kapan pun, di mana pun dalam kondisi apapun, gorengan pasti jadi camilan yang laris manis. Apalagi pada saat bulan puasa, hampir tiap penjual gorengan dagangannya selalu ludes karena banyak diburu sebagai menu pembuka puasa.

Nah, kamu tentu gak mau dong terus-terusan hanya menjadi penikmat gorengan? Sesekali kamu bisa mulai untuk usaha gorengan karena untung dari bisnis ini cukup menjanjikan. Kamu bisa menyajikan gorengan sehat sebagai daya tarik, selain itu kemasan yang unik juga akan mendapat lirikan lebih banyak orang yang berpuasa.

Sebagai contoh, untuk membuat 1 kilogram adonan bakwan, kamu hanya butuh membeli tepung terigu Rp5.000, wortel Rp5.000, kol Rp5.000 dan bahan lainnya Rp5.000. Dalam 1 kilogram adonan, kamu bisa hasilkan hingga 30-40 pcs bakwan. So, untungnya menggiurkan bukan?

  1. Es Buah

Sumber: google.com

Selain kolak, ada menu untuk buka puasa yang bisa bikin segar yaitu sop buah. Menu satu ini memang menjadi kuliner favorit masyarakat saat buka puasa. Siapa yang dapat menahan diri untuk tidak membeli es buah di kala Ramadhan tiba, tentunya ini salah satu minuman yang harus di beli saat Ramadhan.

Dibanding kolak, harga sop buah memang lebih mahal. Di kota-kota besar, sop buah dijual mulai Rp10.000 per kemasannya. Sop buah ini terdiri dari potongan buah apel, buah naga, anggur, timun suri, alpukat, agar-agar, susu kental manis, melon, kelapa muda, dan buah lainnya.

Modal yang dikeluarkan untuk seporsi sop buah mencapai Rp5.000 hingga Rp6.000. Itu artinya, kamu berpeluang mendapatkan keuntungan sekitar Rp4.000 hingga Rp5.000 per porsinya. Bayangkan kalau dalam sehari kamu bisa menghabiskan 50 porsi sop buah, maka kamu bisa raup untung Rp250.000.

  1. Jajanan Hits yang Murah Meriah

Selain makanan-makanan di atas, ada juga peluang usaha yang cukup menggiurkan selama bulan Ramadhan yakni jajanan hits yang lagi ngetren di tengah masyarakat saat ini. Jajanan yang sedang hits misalnya telor gulung, cilok, seblak, hingga sosis telor. Meskipun jajanan ini juga sering muncul di hari-hari biasa, tidak membuat orang bosen untuk membelinya di bulan Ramadhan. Untuk memulai bisnis inipun cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan jajanan murah ini telah banyak yang menggunakan sistem bisnis kemitraan (franchise) yang dapat mempermuda kamu memulai bisnis tanpa harus ribet memikiri ini itu.

Nah, itulah beberapa menu untuk buka puasa yang bisa dijadikan peluang bisnis buat kamu selama Ramadhan. Jadi, kamu tertarik unuk buka usaha yang mana nih? Mending buruan dari sekarang pikirkan mana kira-kira menu yang menurut kamu bakal laku keras kalau kamu terjun di bisnis tersebut.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply