5 Kesalahan yang Dilakukan Pemimpin

Perlu kamu ketahui bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan dan pasti melakukan kesalahan. Termasuk jika anda adalah seorang pemimpin atau punya pemimpin yang menurutmu kurang memperhatikan bawahannya. Ada pemimpin yang menyadari berbagai kekurangannya ada pula yang tidak dan tetap melakukan kesalahannya. Jika kamu adalah pemimpin yang baik maka penjelasan di bawah ini adalah cermin  agar anda dapat semakin memperbaiki kesalahan ke arah yang lebih baik.

Mari simak beberapa kesalahan yang dilakukan oleh para pemimpin:

1 Tidak Menjadi Pendengar Aktif

Sumber: pixabay.com

Kesalahan pertama pemimpin adalah tidak memberikan ruang pada bawahannya untuk menjelaskan secara jelas kesalahan yang terjadi. Sehingga pemimpin seperti ini cenderung menghindari konflik dan tidak mau banyak mendengar. Hasilnya keluar masuk karyawan di perusahaan menjadi hal yang biasa jika pemimpin seperti ini menduduki jabatan sebagai atasan. Seharusnya, sebagai pemimpin yang bijak seharusnya kita memiliki telinga terbuka untuk menerima setiap kritik, saran, dan ide dari masalah yang terjadi di lingkungan perusahaan.

 

2 Terlalu Lepas Kendali

Sumber: pixabay.com

Memberikan keleluasan pada anggota tim dalam berkreasi dalam tugas yang diberikan adakalanya perlu dilakukan. Namun pemimpin yang terlalu lepas kendali akan membuat anak buah tidak merasa diawasi oleh atasannya sehingga proses penyelesaian tugas tidak sesuai dengan target. Jika demikian bukan berarti seluruhnya kesalahan terletak pada anak buah, karena pemimpinnya pun tidak memberikan arahan serta kontrol yang jelas kepada bawahan.

 

3 Bersikap Terlalu Ramah

Sumber: pixabay.com

Menjadi pemimpin bukan berarti harus selalu memasang muka yang angkuh terhadap bawahan. Justru hal tersebut bisa membuat bawahan anda segan untuk melakukan interaksi dengan anda. Namun bersikap terlalu ramah atau bahkan tidak tegas akan membuat anak buah memandang sebelah mata akan kepemimpinan Anda. Maka Cobalah tempatkan posisi Anda ketika ada di kantor dan jadilah rekan ketika Anda berada di luar kantor.

 

4 Tidak Kenal Pribadi Anak Buah

Sumber: pixabay.com

Proses mengenal memang tidak selamanya berjalan lancar. Selalu ada proses yang dilalui dalam kerja sama yang tidak sebentar. Namun sebagai pemimpin mau tidak mau kita harus mengenal pribadi setiap anak buah kita. Dengan mengenal bawahan anda satu persatu mulai dari karakter, kesukaan, dan cara menghadapi masalah maka tujuan tim akan semakin mudah tercapai.

 

5 Kurang Peka Dalam Memberikan Reward atau Punishment

Sumber: pixabay.com

Jika anggota tim anda menunjukan semangat kerja yang baik dengan menyelesaikan tugas dengan cepat tentu anda perlu memberikan hadiah yang sepadan. Setidaknya memberikan ucapan terimakasih agar bawahan anda lebih semangat dalam bekerja. Demikian juga bila anak-buah melakukan kesalahan, tentu harus ada sanksi yang harus diterima sesuai kesalahan yang dilakukannya.

Jika hal ini diabaikan oleh pemimpin maka kepemimpinannya lama-lama akan hancur. Karena anak buah anda akan merasakan diperlakukan tidak adil sesuai dengan apa yang mereka lakukan. Anda bisa bayangkan jika anak buah anda membawa keuntungan yang besar bagi perusahaan, namun pihak perusahaan tidak memberikan reward tertentu. Otomatis dia akan kecewa dan mungkin tidak semangat lagi dalam melakukan pekerjaannya. Fatalnya, ia bisa saja pindah ke perusahaan yang menjadi saingan Anda dan malah merugikan Anda.

Jadi jika Anda adalah pemimpin, cobalah jadi pemimpin yang bijak yang mengerti akan kebutuhan bawahan anda!

Leave a Reply