9 Tips Sukses Mandiri Secara Finansial

Siapa sih yang gak ingin hidup mandiri secara financial? Pasti kamu mau kan? Dalam sebuah kehidupan, seseorang akan mencapai fase di mana semua hal harus dilakukan sendiri.  Menjadi mandiri memang tidak mudah, tetapi merupakan keharusan, terutama bila ingin menjalani hidup tanpa tergantung pada orang lain.

Yuk, simak tips agar dapat mandiri secara financial :

  1. Cari pekerjaan

Sumber: pixabay.com

Pekerjaan merupakan tahapan utama dalam mencapai mandiri secara finansial. Kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan, atau lebih super lagi kalau mendapatkan gaji yang lumayan besar dari pekerjaan itu. Bila pekerjaan sudah ditangan, maka kamu akan mudah mengatur hidup dan rencana keuangan ke depan. Termasuk rencana investasi, menabung, berasuransi dan lain-lain.

  1. Hindari ketergantungan pada orang tua

Sumber: pixabay.com

Tak sedikit orang yang meskipun sudah bekerja tetapi masih mengandalkan orang tua soal finansial. Alasan soal gaji yang kecil dan tidak cukup menjadi penyebab mengapa bantuan orang tua tetap dibutuhkan. Ada baiknya kamu kurangi ketergantungan ini dan mulailah mengatur keuangan sendiri. Selama kamu dapat mengatur keuangan dengan baik, gaji kecil tidak menjadi masalah, bukan ?

  1. Mulai Tinggal Sendiri

Sumber: pixabay.com

Tinggal sendiri adalah capaian terbesar kalau kamu sudah siap untuk menyelesaikan semua masalah, termasuk masalah keuangan. Risikonya kamu harus mengatur semuanya sendiri, termasuk membayar ragam kebutuhan di luar pengeluaran selama ini dan tidak membebani orang tua. Namun seandainya kamu masih ingin tinggal dengan orang tua, kamu bisa juga membantu mereka dengan mengambil bagian dalam pembayaran listrik, air atau belanja kebutuhan bulanan.

  1. Punya Tabungan

Sumber: pixabay.com

Tabungan menjadi hal yang sangat penting untuk kamu miliki yang bisa membuat kamu bertahan seandainya ada masalah keuangan. Ada baiknya kamu berjaga-jaga dengan uang tabungan, karena masalah dalam hidup sulit ditebak. Menabung memang salah satu cara belajar untuk mandiri secara finansial, karena saat kamu membutuhkan uang, kamu tidak perlu meminjam kesana kemari dan lebih independen.

  1. Aktif cari tambahan pendapatan

Sumber: pixabay.com

Buat kamu yang ingin mandiri secara finansial, kamu harus mencoba mencari alternatif solusi yang bisa menambah isi dompet kamu. Jadi kalau mendadak kamu jobless atau resign, kamu sudah tidak perlu panik karena masih punya pekerjaan lain yang selalu mensupport kehidupanmu.

Mulailah membuka mata untuk mencari peluang tambahan disela pekerjaan sekarang. Baik juga menjalankan bisnis bersama teman atau saudara sehingga bisa menambah penghasilan.

  1. Mengembangkan keterampilan

Sumber: pixabay.com

Nggak semua orang mengalami awal perjalanan karier yang mulus, kebanyakan orang justru membenci pekerjaan pertamanya. Tidak masalah jika kamu menemukan pekerjaan yang bukan sesuai dengan bidangmu, dari situ kamu juga bisa menambah keterampilan yang kamu miliki bukan?

Jadi, bagi kamu yang belum menemukan pekerjaan yang cocok, bersabarlah dan cobalah untuk mengambil sisi positifnya dengan cara mengembangkan keterampilan yang bisa kamu dapatkan dari tempat tersebut. Yang terpenting, jangan takut ketika kamu membuat kesalahan, karena justru dari kesalahanlah kamu bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

  1. Mengontrol bujet pengeluaran

Sumber: pixabay.com

Mengumpulkan seluruh bon pengeluaran dan tagihanmu dalam waktu satu bulan bisa membantu kamu mengontrol bujet pegeluaran loh. Dengan memeriksa bujet pengeluaranmu, kamu bukan hanya bisa memperkirakan bujet untuk bulan depan, tetapi kamu juga bisa memperkirakan anggaran apa yang dapat dipotong atau bahkan anggaran yang tidak diperlukan.

  1. Menyiapkan dana darurat

Sumber: pixabay.com

Jangan pernah lupa untuk menyiapkan dana darurat. Pada umumnya, dana darurat adalah salah satu simpanan keuangan yang paling penting namun juga paling sering dilupakan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila kamu menyiapkan dana darurat.

  1. Mulai anggarkan dana asuransi

Ada baiknya jika kamu mulai menyisihkan pendapatanmu untuk asuransi. Bagi kamu yang belum memiliki asuransi, ajukanlah asuransi dengan premi yang paling terjangkau. Selain itu, kesulitan apabila kamu menunda berasuransi adalah proses pengajuan asuransi akan jauh lebih sulit apabila kamu lakukan di atas usia 40 tahun.

 

Nah, dari 9 tips di atas kamu sudah mulai dari yang mana nih ?

 

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply