9 Pertunjukkan Seni Indonesia yang Mendunia

Indonesia bukan hanya memiliki alam yang indah dan kuliner yang lezat, bahkan bukan rahasia umum lagi kalau Indonesia kaya dengan Seni dan Budaya. Beberapa kesenian Indonesia bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara dan menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia.

Kesenian apa saja sih yang ada di Indonesia? Yuk, simak 9 pertunjukan seni Indonesia yang mendunia.

  1. Roeg Ponorogo
Sumber: rspgblist.org

Reog merupakan salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur, dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Dalam pertunjukan, Reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai “Singa Barong”, raja hutan, yang menjadi simbol untuk kertabumi, dan di atasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat para rekan cinanya yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya.

  1. Tari Saman
Sumber: kompas.web.id

Pasti di antara kamu sudah ada yang pernah meyaksikan Tari Saman kan! Tari Saman adalah tarian Suku Gayo sebagai media penyampaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Tari Saman biasanya ditampilkan tanpa iringan alat musik, tapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah.

  1. Tari Kecak
Sumber: pegipegi.com

Kalau kamu ke Bali jangan melewatkan untuk menonton Tari Kecaknya ya! Tari Kecak memiliki makna mendalam yang berhubungan dengan keindahan, nilai religius, dan pesan moral, lho. Tari Kecak biasa disebut Tari Cak atau tari api.

Tarian ini merupakan tarian pertunjukkan hiburan masal yang menggambarkan seni peran dan tidak diiringi oleh alat musik atau gamelan. Tapi  hanya diiringi oleh puluhan penari laki-laki. Dalam lingkaran, para penari lainnya beraksi. Mereka memainkan tarian yang diambil dari episode cerita Ramayana yang berusaha menyelamatkan Shinta dari tangan jahat Rahwana. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.

  1. Angklung
Sumber: 1001indonesia.net

Angklung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari potongan bambu. Alat musik ini terdiri dari 2 sampai 4 tabung bambu yang dirangkai menjadi satu dengan tali rotan. Tabung bambu diukir detail dan dipotong sedemikian rupa untuk menghasilkan nada tertentu ketika bingkai bambu digoyang.

Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke bumi agar tanaman padi milik rakyat tumbuh subur. Seiring perkembangan angklung, sejak November 2010, UNESCO telah menetapkan angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Salah satu tempat yang masih melestarikan kebudayaan angklung adalah Saung Udjo. Di sanggar yang terletak di Kota Bandung ini, kamu tidak hanya bisa melihat berbagai jenis angklung, tapi juga belajar proses pembuatan angklung dan juga meyaksikan pertunjukan musik yang di mainkan dengan alat musik angklung.

  1. Lenong

Lenong merupakan sebuah seni pertunjukan asli Betawi, yang menarik dan selalu menyiratkan pesan moral. Lenong adalah cerita berjalan, memiliki latar musik dengan disisipi candaan atau lawakan asli Betawi. Bahasa dan dialek yang digunakan juga menggunakan bahasa asli Betawi.

Uniknya dalam pertunjukannya selalu disertakan dengan pantun asli Betawi. Bahkan pada masa lalu, Lenong selalu disertai dengan lantunan musik tradisional Betawi (gambang kromong) serta pertunjukan seni bela diri  asli betawi yang biasa disebut Beksi. Kamu yang belum pernah menyaksikan seni pertunjukan Lenong Betawi bisa langsung datang ke Perkampungan Betawi di Setu Babakan yang terletak di Jalan Srengseng Sawah.

  1. Sendratari Ramayana

Merupakan pertunjukan seni yang menggabungkan tarian dengan drama, tanpa dialog. Sendratari Ramayana (atau dalam bahasa inggris: Ramayana Ballet) diangkat dari kisah Ramayana. Ide awal pementasan Sendratari Ramayana ini berasal dari ide GPH Djatikoesoemo untuk meningkatkan pariwisata Indonesia di mata dunia.

  1. Tari Barong

Masih dari Bali, salah satu pertunjukan seni dari Indonesia yang terkenal hingga mancanegara adalah tari barong. Tari Barong merupakan tarian khas Bali dari kebudayaan pra-hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara dharma (kebaikan) melawan adharma (kebatilan). Barong yang melambangkan kebaikan bertarung melawan Rangda yang melambangkan kejahatan.

  1. Tari Klasik Keraton Surakarta

Mungkin banyak yang belum tahu kalau tari klasik Keraton Surakarta telah menjadi salah satu pertunjukan seni dari Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Tari Klasik Keraton Surakarta merupakan tarian istana yang sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit. Semua tarian ini bersumber pada tradisi budaya di lingkungan keraton. Baik gerakan tangan, kaki, badan, dan juga kepala memiliki aturan tersendiri.

  1. Tari Pendet

Tari Pendet pada awalnya merupakan tarian pemujaan yang banyak dipentaskan di pura-pura. Tari Pendet melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke dunia. Lalu, seiring dengan perkembangan jaman, Tari Pendet berubah menjadi “ucapan selamat datang” namun tanpa menghilangkan unsur sakral-religius.

Jadi, dari 9 pertunjukan seni yang ada di Indonesia, pertunjukan mana nih yang sudah kamu tonton ? Yuk, kita tonton dan lestarikan kesenian yang ada di Indonesia untuk anak cucu kita!

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply