17 Sajian Lezat Dari Berbagai Negara Menyambut Tahun Baru

Siapa yang tidak excited menjelang pergantian tahun. Pergantian tahun bukan hanya sebagai perayaan akhir tahun dan memulai lembaran kehidupan yang baru. Tetapi pada beberapa negara tertentu terdapat tradisi tahunan yaitu menikmati santapan yang memiliki makna tersendiri. Kalau di Indonesia identik dengan acara barbaque, berikut ini makanan unik dari berbagai negara saat perayaan tahun baru.

  1. Cotechino con lenticchie, Italia

Makanan ini memiliki arti sosis dan lentil. Kacang lentil merupakan jenis kacang tertua yang usianya mencapai 7.000 SM di dataran Mesir sana, tua banget ya guys. Sosis dan lentil memiliki makna sebagai simbol keberuntungan di Italia. Cotechino con lenticchie termasuk hidangan yang paling ditunggu saat perayaan tahun baru.

  1. Kransekage, Norwegia dan Denmark

Sebagian penduduk Denmark merayakan malam tahun baru dengan berkumpul bersama dan mengadakan makan malam. Salah satu menunya adalah kue cantik tahun baru “Kransekage”. Kue ini terdiri dari susunan kue bulat yang diberi krim atau saus sebagai hiasannya. Kue berbahan dasar marzipan yang disajikan di lapisan karangan bunga, dengan lapisan atas frosting dan terkadang cokelat atau almond yang cocok disajikan dengan minuman hangat tradisonal di tengah malam.

  1. Berliner Pfannkuchen, Jerman

Via google.com

Berliner Pfannkuchen adalah donat khas Jerman yang diberi isian di dalamnya, bisa selai buah, cokelat, atau mustard. Jika kita memakan Berliner Pfannkuchen dan mendapat isian manis di dalamnya berarti akan banyak keberuntungan namun jika kalian mendapat mustard maka dipercaya ketidakberuntungan akan menghampiri.

  1. Pigglet Cookies, Austria

Via google.com

Pigglet Cookies terbuat dari marzipan segar yang dibuat secara homemade oleh masyarakat di Austria. Kue imut berbentuk babi kecil dengan hiasan choco chips ini adalah kudapan khas yang wajib ada saat malam tahun baru tiba di Austria.

  1. Oliebollen, Belanda

Di Belanda kue ini secara tradisi dimakan pada malam tahun baru. Kue gorengan asal Belanda ini berisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat. Oliebollen juga dikenal di Indonesia dan sering tercantum dalam buku resep kue terbitan lama. Oliebollen dibuat dengan cara menggoreng adonan di dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Adonan dibuat dari tepung, telur, ragi, garam, dan susu. Adonan ini dibiarkan sekitar 1 jam dan digoreng, kemudian ditaburi gula bubuk.

6. Pickled Herring, Polandia

Ikan herring merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di luar negeri, termasuk Polandia. Disini ikan herring diawetkan bersama pickles alias acar timun dalam sebuah toples. Kemudian orang Polandia biasa mengkonsumsinya saat akhir tahun dengan memberinya saus krim asam atau bersama bawang.

  1. Tamales, Meksiko

Kudapan ringan ini terbuat dari daging babi dan massa, biasa disajikan pada musim liburan, khususnya pada suasana akhir tahun. Tamales umumnya dimakan bersama sup klasik khas Meksiko yang bernama Menudo.

  1. Mi Soba, Jepang

Soba merupakan masakan mie tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum. Bentuk mie yang dibuat panjang memiliki makna jika kita memakannya secara langsung maka kita akan berumur panjang. Hal ini semakin dipercaya dan dijadikan tradisi memakan mie soba saat tahun baru, sebab dipercaya dapat memberikan umur panjang dan rezeki yang tidak terputus.

  1. Crepes, Perancis

Perancis yang dikenal sebagai negara paling romantis itu biasa memakan crepes secara bersamaan sebagai hidangan umum, yang mereka sukai tanpa ada makna tertentu. Menikmati indahnya kemerlap tahun baru bersama pasangan dengan nikmatnya crepes lezat.

  1. Buah-buahan, Filipina

Masyarakat Filipina kerap kali menyajikan buah-buahan yang ditata rapih di meja makan saat tahun baru. Nantinya buah-buahan tersebut akan dimakan bersama-sama karena mengkonsumsi buah pada tahun baru dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan.

  1. Whisky, Skotlandya

Penduduk Skotlandia biasa merayakan tahun baru dengan bertukar minuman beralkohol whisky saat berkunjung ke rumah teman atau tetangga. ‘First Footing’ adalah nama tradisi ini.

  1. Vasilopita, Yunani

Tak banyak orang tahu mengenai vasilopita. Roti tradisional dari Yunani, yang hanya ada saat tahun baru. Di Yunani sendiri, tahun baru dikenal juga dengan sebutan saint basil day. Makanya, kue yang disajikan pun dikenal sebagai saint basil’s cake. Tak hanya sekadar kue biasa, Vasilopita umumnya diisi dengan koin atau pernak-pernik yang tersembunyi di baliknya. Baik koin atau pernak-pernik yang sengaja diselipkan ke dalam kue mempunyai arti yang begitu mendalam, karena kedua jenis barang itu akan membawa keberuntungan pada orang yang berhasil menemukan barang tersebut.

  1. Anggur, Spanyol

Spanyol mempunyai tradisi yang cukup unik. Pada malam tahun baru, mereka akan mengkonsumsi 12 butir anggur yang ditandakan sebagai angka keberuntungan di tahun yang baru. 12 butir anggur mewakili jumlah bulan dalam satu tahun.

  1. Pudding Beras, Swedya

Pudding beras disajikan spesial khusus di malam tahun baru. Ada kepingan kacang almond yang disembunyikan di beberapa cup pudding beras. Kacang almond pun dijadikan simbol keberuntungan bagi mereka yang berhasil menemukannya.

  1. Pomegranate, Turki

Lain hal di Turki, penduduknya terbiasa untuk mengkonsumsi buah pomegranate atau delima. Dikemas dengan berbagai nutrisi kesehatan, buah delima dijadikan sebagai simbol perubahan yang lebih baik di tahun berikutnya.

  1. Cornbread, Amerika Serikat Selatan

Tradisi perayaan tahun baru di Amerika Serikat Selatan selalu dimeriahkan dengan suguhan cornbread atau kue jagung. Dianggap spesial, kue ini juga dipercaya membawa keberuntungan untuk menyambut tahun yang baru.

 

  1. Daging Babi Panggang, Kuba

Masyarakat Kuba percaya jika daging babi panggang akan membawa kemakmuran di tahun yang baru. Sajian ini sebenarnya tak hanya populer di Kuba saja, tapi juga di negara lainnya yang juga meyakini makna serupa tentang kemakmuran di balik hidangan daging babi panggang.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkunjung dan menikmati makanan unik tersebut saat tahun baru nanti?

Leave a Reply