5 Kiat Sukses Usaha di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner itu menjanjikan, tak akan lekang oleh waktu dan selalu dicari konsumen karena itu lah kebutuhan mereka. Makan atau pun minum, semua ada pembagiannya sendiri-sendiri. Tapi untuk sukses dalam bidang itu, kita memiliki 5 Kiat Sukses Usaha di Bidang Kuliner.

Bisnis kuliner akan sangat menjanjikan bila Anda dapat mengaturnya dengan baik. Dan di zaman yang kekinian ini, mengembangkan sayap lebih lebar pun rasanya bakal memberi angin segar bagi kita.

5 Kiat Sukses Usaha di Bidang Kuliner

1. Mencari tema

pixabay
Banyak yang berkecimpung di dunia kuliner. Bukan berarti saking banyaknya orang yang berkecimpung, usaha Anda nantinya bakal tenggelam oleh usaha orang lain.

Tidak, bila kalian menemukan tema menarik yang dapat memikat pembeli. Sadar atau tidak, banyak makanan yang diolah dengan cara yang sama, cita rasa sama, tapi yang populer dan sukses itu salah seorang dari mereka yang bisa kreatif.
Tentukan terlebih dulu tema yang ingin kalian bawakan.

Apa yang akan Anda jual? Makanan apa yang kalian sajikan dalam menu? Dan lain-lain.
Bila tak percayadiri dengan tema, Anda dapat mengunggulkan cita rasa. Hadirkan rasa yang berbeda, lebih enak dari usaha-usaha orang lain.

Soal enak atau tidak, itu berada di tangan kalian atau di tangan para pekerja. Jadi pintar-pintarlah memilih karyawan buat usaha kuliner Anda.

Sebelum memulai membuka bisnis tersebut, temukan pula modal-modal yang sekiranya cukup untuk membeli keperluan-keperluan bahan pangan, sewa tempat jualan, atau yang lainnya.

Kalian tidak usah bingung dengan modal, sebab ada cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk membuat si modal menjadi cukup. Seperti mengajak teman untuk membuka bisnis bersama, lewat pinjaman koperasi, pinjaman bank, atau lainnya.

2. Menentukan lokasi usaha

pixabay
Pilih lokasi yang strategis. Sesuaikan juga dengan jenis menu apa yang kalian perjualbelikan. Bila makanan berat, Anda dapat membuka lokasi di sekitaran tempat kerja, atau makanan yang cocok untuk anak sekolah, dapat mendirikan bangunan di sekitar sekolah tersebut.

Dekati konsumen kalian. Jangan membangun tempat usaha di tempat yang sepi.
Tapi beruntungnya sekarang kecanggihan internet merajalela, kalian bisa promo di internet dengan lokasi usaha di rumah pun bisa.

Pokoknya apapun medianya, bikin mereka tahu keberadaan kalian.

3. Promosi

pixabay
Makin ke sini, makin banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperkenalkan produk pada masyarakat.
5 Kiat Sukses Usaha di Bidang Kuliner dalam hal promosi tak boleh lepas dari perkembangan internet.

Kalian bisa membuat website, akun sosial media, beriklan di media sosial, atau Youtuber? Kenalkan produk Anda sejauh mungkin dan seluas mungkin.

Sekarang juga sedang zamannya food blogger, food traveler, dan food-food lainnya. Kalian bisa menyewa jasa mereka supaya makanan Anda makin dikenal.

Promosi harus selalu jalan. Percuma makanan enak tapi promosi minim. Tetap saja usaha nanti bakalan sepi.

Bila Anda mengikuti promosi dengan cara digital seperti ini, jangan lupa buat foto semenarik mungkin, selezat mungkin, karena dari sanalah konsumen bisa tertarik dengan produk Anda.

4. Jual dengan harga murah

pixabay
Ingin sukses usaha kuliner? Ya jual harga murah. Mungkin saat masa-masa promo saja Anda dapat melakukan cara ini agar tak merugi nantinya (bila sejatinya harga makanan itu mahal).
Orang-orang suka dengan harga murah, saat kalian berada di posisi pembeli juga pasti suka dengan harga murah kan.

Yaaa walau tidak murah, setidaknya terjangkau lah. Selain murah, supaya lebih sukses lagi beri ukuran yang mengenyangkan buat konsumen.
Dijamin, mereka akan datang lagi dan lagi. Lebih-lebih lagi jika rasanya sangat enak.

Memang seperti itu lah berbisnis, buat konsumen puas dulu. Urusan untung itu belakangan.

5. Pelayanan

pixabay
Yang terakhir adalah pelayanan kalian. Bersikaplah ramah pada pembeli, sopan, jaga perkataan, penampilan rapi, jangan sombong, dan jangan jutek.
Kalau usaha Anda tipe restoran, jangan biarkan pelanggan menunggu lama.

Contohlah Spongebob bila ingin lebih jelas. Dan jangan mencontoh Squidward.
Kalian pasti tahu lah kedua sosok itu.

Sebenarnya membuat usaha kuliner yang berpeluang sukses itu tidak butuh kiat-kiat yang rumit. Caranya sederhana, sama saja. Asal niat Anda memang baik, nantinya juga berakhir baik.

Semoga dengan 5 Kiat Sukses Usaha di Bidang Kuliner ini, Anda bisa merasa terbantu.

Leave a Reply