Mengapa Blogging Penting Untuk Aktivitas Bisnis?

Apa yang terlintas dalam benakmu jika mendengar kata blogging? Mayoritas orang pasti akan berpikir hal itu identik dengan orang-orang yang gemar menulis tentang kesehariannya ataupun yang lain, lalu mempostingnya ke blog milik pribadi. Blog adalah salah satu jenis website di internet. Blog merupakan singkatan dari weblog yaitu aplikasi website yang berisi tulisan maupun gambar dan biasanya dikelola secara pribadi. Singkatnya blogging adalah kegiatan menulis jurnal maupun artikel di blog. Bisa dikatakan, blog merupakan surganya bagi mereka yang suka menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Mereka dapat mengekspresikan gagasannya dengan mudah, lalu tulisannya dapat dibaca oleh orang banyak. Bahkan seseorang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog.

Saat ini peluang untuk berbisnis online sangat terbuka lebar bahkan untuk berbisnis online tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Setiap orang yang berbisnis tentu ingin produknya banyak yang terjual. Oleh karena itu, dibutuhkan promosi dan strategi pemasaran yang mumpuni agar menghasilkan penjualan yang fantastis. Seorang pebisnis dapat melakukan pemasaran produk lewat internet. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk di internet. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat blog untuk memasarkan produk agar berpeluang mendapatkan banyak pelanggan. Saat ini, banyak konsumen yang lebih tertarik untuk mencari produk atau jasa yang diinginkan lewat internet. Selain menghemat waktu dan biaya, dapat dikatakan lebih praktis. Karena konsumen tidak perlu repot-repot mendatangi tempat yang menyediakan barang atau jasa yang diinginkan. Cukup menggunakan smartphone konsumen dapat mencari produk, kapanpun dan dimanapun. Berikut ini adalah alasan mengapa blogging penting untuk mendukung aktivitas bisnis:

Mengapa Blogging Penting Untuk Aktivitas Bisnis?

01 Blog itu mudah dan beriklan lebih murah lewat blog

unsplash

Tidak perlu menjadi seorang programmer dalam mengoperasikan blog. Hampir semua orang dapat membuat dan menggunakan blog. Hal yang diperlukan adalah keterampilan merangkai kata yang menarik dan mudah dipahami oleh pengunjung blog. Setelah membuat artikel, jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial untuk mempromosikan artikel yang telah dibuat. Dengan membuat postingan di blog , secara otomatis anda suda mengiklankan produk di blog, dan itu jauh lebih murah daripada harus mengeluarkan biaya iklan di google ads maupun facebook ads.

02 Membantu seorang pebisnis untuk mengetahui kebutuhan konsumen

unsplash

Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan topik konten sebuah blog karena itu akan berpengaru kepada tujuan keberadaan blog tersebut. Jika blog yang dibuat digunakan untuk pemasaran online, maka cari konten yang menarik tentang pemasaran. Blog dengan konten yang menarik akan membuat pembaca mengomentarinya. Gunakan kesempatan ini untuk berinteraksi dengan pengunjung maupun konsumen terkait hal-hal yang dibutuhkan oleh mereka. Hal-hal tersebut dapat digunakan sebagai masukan untuk membuat strategi pemasaran online yang lebih baik.

03 Membangun komunitas lewat blog

unsplash

Jika seorang pengunjung blog tertarik dengan konten berkualitas yang dibuat oleh seorang blogger. Ditambah dengan blog yang aktif dan rentang waktu postingannya teratur. Tidak menutup kemungkinan ia akan mengunjunginya lagi, bukan hanya satu pengunjung mungkin ratusan yang mengunjungi blog itu. Bisa jadi beberapa pengunjung dari blog merekomendasikan blog yang dikunjunginya kepada teman-temannya. Dari hal ini akan membentuk sebuah komunitas. Jika komunitas terbentuk maka produk yang dipasarkanakan menjadi bahan perbincangan. Selain meningkatkan pengunjung hal ini dapat menaikkan omset penjualan.

04 Membantu membangun brand bisnis

unsplash

Sebuah blog dapat memperkuat identitas online. Contohnya seperti bisnis perhotelan. Mungkin orang-orang sudah tahu nama hotel dan layanannya. Tetapi untuk hal mendalam seperti, siapa yang bekerja di dalamnya tentu tidak diketahui. Hal itu dapat diulas lewat blog agar si klien mendapatkan informasi yang lebih tentang produk. Semakin klien mengetahui tentang bisnis kita maka semakin besar kepercayaan yang terjalin.

05 Meningkatkan jumlah pengunjung dari search engine

unsplash

Search engine seperti google suka dengan website yang mengupdate konten-konten baru secara kontinyu. Mesin pencarian itu akan memprioritaskan website–website yang memiliki “faktor pembaruan” yang lebih tinggi untuk ditampilkan di hasil pencarian. Jadi setiap kali kita menerbitkan artikel baru di blog sama saja menambah jaring yang digunakan untuk mendapatkan tambahan pengunjung yang masuk melalui artikel. Kemungkinan artikel bisa mendapat ranking di keyword long tail apabila kita mengerti cara mengoptimalkan artikel secara SEO (Search Engine Optimization).

Leave a Reply