5 Tips Membangun Networking dengan CEO

Bertepatan pada kenyataan jika seorang manusia tidak bisa hidup sendiri, dalam dunia bisnis pun begitu. Anda tak bisa membangun bisnis kalian seorang diri, lebih mudah jika Anda memiliki hubungan dengan pebisnis yang lain. Dalam hal ini adalah seorang CEO yang kita ketahui sebagai pemilik jabatan paling tinggi dalam suatu perusahaan. 5 Tips Membangun Networking dengan CEO berikut ini akan membantu kalian tentang bagaimana membuat hubungan bersama pemimpin perusahaan.

Mempunyai jaringan dengan CEO sangat berpengaruh penting pada bisnis Anda nantinya. Tak ayal, karena hal menggeliurkan semacam itu membuat banyak orang, khususnya para pengusaha pemula berlomba-lomba untuk menjalin jaringan dengan orang yang sudah ‘sukses’ dalam bidang mereka.

Di lain itu, pentingnya membangun hubungan kerja bersama orang lain ternyata memiliki keuntungan yang banyak. Di antaranya adalah:

  • Memiliki akses relasi ke industri yang Anda tuju menjadi lebih luas
  • Anda dapat bekerja sama dengan mereka dan saling memberi keuntungan satu sama lain
  • Mempermudah urusan ‘deal’ saat bernegosisasi dengan perusahaan yang terhubung dengan kalian

Jika ditanya penting atau tidak membangun jaringan bersama CEO, jawabannya tentu sangat penting. Untuk membantu kalian soal urusan pekerjaan, berikut kami sajikan beberapa tips membangun jaringan dengan seorang CEO.

Temukan CEO yang Tepat

Sebelum berusaha membuat jaringan, cari dulu CEO yang tepat untuk membangun jaringan kerja bersama kalian. Sesuaikan dengan industri yang Anda geluti saat itu, dan melihat apakah CEO itu dapat membantu Anda karena percuma membangun jaringan tapi si CEO seperti tidak ingin membantu.

Cari pula CEO yang menginspirasi Anda, memotivasi, dan tahu dengan industri yang kalian geluti.

Namun masalahnya mungkin Anda tak tahu di mana tempat yang tepat untuk menemukan mereka atau kalian bingung bagaimana mencari yang tepat saat Anda sendiri tak mengenal CEO satu orang pun.

Kalian bisa mencari CEO itu dengan cara bertanya kepada teman-teman kalian, apakah mereka mengenal seorang CEO? Atau ingat-ingat lagi apakah kalian memiliki teman seorang CEO?

Namun ada cara yang lebih canggih lagi, yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti Linkeidn. Di dalam media tersebut, banyak tersebar para pebisnis yang memiliki jabatan tinggi salah satunya adalah CEO. Selain Linkeidn, Anda dapat memanfaatkan forum-forum yang di dalamnya terdapat banyak pebisnis yang sukses.

 

Jadilah Orang yang Aktif

unsplash.com

Tips Membangun Networking dengan CEO selanjutnya adalah menjadi seaktif mungkin. Dekati CEO Anda dulu karena tidak mungkin kalian menunggu mereka mendekati Anda dulu, lalu pelajari perusahaannya itu, ketahui segala informasi yang berkaitan dengannya.

Namun yang terpenting adalah kalian bisa memulai pembicaraan walau sekadar berkenalan atau menyapa.

 

Dekati CEO Anda Secara Pribadi

 

unsplash.com

Sesukses apapun CEO yang kalian dekati saat itu, dia tetaplah manusia yang juga memiliki perasaan-perasaan yang juga kita rasakan. CEO juga memiliki keluarga, hobi, tim sepak bola favorit, partai politik favorit hingga hal-hal pribadi lainnya.

Cobalah mendekati CEO Anda dengan membuat relasi kalian tak sekadar berpatut pada formalitas pekerjaan, tapi kehidupan sehari-hari yang tampaknya seru untuk dibahas.

 

Membuat Merek yang Membuat Mereka Susah Melupakan Kalian

 

pixabay.com

Masalahnya, banyak yang juga ingin membangun jaringan dengan seorang CEO. Semakin sukses CEO itu, maka sudah dipastikan ada banyak jaringan yang dibangun orang lain bersama CEO yang bersangkutan. Anda tidak bisa mengira-ngira orang-orang yang membangun networking berjumlah puluhan saja, bisa jadi ada ratusan bahkan ribuan.

Memikirkan Anda adalah salah satu di antara ribuan orang itu, apakah ada harapan untuk memenangkan hati seorang CEO yang kalian tuju saat itu? Kesempatannya sangat kecil, kecuali Anda berusaha membangun merek yang membuat mereka susah melupakan kalian alias membuat merk Anda terus terngiang di benak mereka.

Soal cara membuat merek yang susah dilupakan, itu tinggal pintar-pintar kalian sendiri. Yang pasti, jangan remehkan poin ini karena bukan Anda saja yang ingin membangun jaringan berasama orang lain, tapi ada banyak orang.

 

Buat Juga Jaringan Lain yang Ada Hubungannya dengan CEO yang Bersangkutan

 

pixabay.com

Jangan hanya membangun networking dengan CEO itu saja, supaya mendapat kepercayaan yang lebih besar Anda dapat membangun jaringan bersama teman CEO tersebut, keluarga CEO itu, alumni, kenalan, mentor, atau orang-orang yang sekiranya dapat memberi kepercayaan atau keyakinan kalau CEO itu harus memilih Anda.

Maksudnya itu seperti, jika kalian kenal kenalan CEO itu, setidakanya sang CEO dapat berpikir-pikir lagi untuk menerima Anda karena kalian memiliki hubungan dengan kenalannya tersebut.

Leave a Reply