Perbedaan Asuransi Murni dan Asuransi Unit Link

Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yakni satu pihak wajib membayar premi dan pihak lainnya memberikan jaminan terhadap pihak yang membayar. Apabila terjadi sesuatu terhadap pihak pertama.

Asuransi merupakan hal yang penting untuk sebagian besar orang, karena bisa meringankan pengeluaran. Fungsi utama dari asuransi adalah meminimalisir risiko. Misalnya, asuransi dapat digunakan untuk membayar biaya berobat, membayar biaya perbaikan mobil maupun membayar perbaikan rumah yang kebakaran.

Banyak perusahaan yang menawarkan asuransi bahkan jenis asuransi yang ditawarkan pun beragam. Ada asuransi pendidikan, kesehatan, properti, kendaraan dan lain-lain. Jenis asuransi yang paling banyak diminati adalah asuransi kesehatan.

Banyaknya produk asuransi yang beredar di Indonesia, terkadang membuat masyarakat kebingungan memilih produk asuransi yang sesuai. Pemahaman dari agen asuransi kepada masyarakat dinilai kurang tepat, sehingga membuat sebagian masyarakat Indonesia beranggapan bahwa asuransi tidak penting. Karena banyak orang yang tidak merasakan manfaat dari asuransi.

Tetapi tak bisa dipungkiri, bahwa keberadaan asuransi sangat penting bagi individu. Contohnya asuransi kesehatan, jenis asuransi ini banyak diminati selain itu kesehatan sangat penting bagi kelangsungan hidup setiap orang. Ketika memiliki asuransi kesehatan, pihak asuransi akan mengcover biaya pengobatan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi asuransi itu penting terutama untuk para tulang punggung keluarga. Sebab tidak ada yang bisa menduga-duga terjadinya musibah. Ilustrasinya seperti ini, bagi orang-orang yang jarang berkunjung ke rumah sakit mungkin menganggap asuransi itu tidak penting.

Tetapi kita tidak tahu apa yang terjadi kedepannya, bisa jadi orang itu terkena musibah yang menyebabkannya dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu berdampak pada penurunan kondisi finansial seseorang.

Jadi itulah kegunaan asuransi, memberikan perlindungan kerugian finansial yang diakibatkan oleh kejadian buruk yang tidak dapat diprediksi. Seperti terkena penyakit dan harus dirawat bahkan harus bolak-balik check-up ke rumah sakit, meninggal, terkena musibah dan banyak jenis kejadian yang lainnya.

Adapun produk asuransi kesehatan yang sering ditawarkan adalah asuransi murni dan asuransi unitlink. Dari kedua jenis asuransi tersebut, apa perbedaan dari keduanya? Produk mana yang lebih baik untuk digunakan? Berikut akan dijelaskan seperti apa asuransi murni dan asuransi unitlink.

Perbedaan Asuransi Murni dan Asuransi Unit Link

1. Asuransi murni

unsplash

Jenis asuransi yang diberikan dikhususkan untuk kebutuhan kesehatan saja, jadi tidak ada tambahan lain. Dengan asuransi ini, kita akan mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan secara maksimal dengan biaya premi yang murah. Tetapi ketika nasabah asuransi tidak pernah melakukan klaim, kemungkinan premi yang telah dibayarkan tidak bisa dicairkan. Namun ada beberapa perusahaan yang menetapkan kebijakan bahwa penarikan uang premi tidak bisa dicairkan semuanya karena ada potongan otomatis dari bank.

Kelebihan

  • Premi yang harus dibayarkan setiap bulannya lebih murah
  • Tidak terikat dengan jangka waktu yang sangat lama, minimal 1 tahun

Kekurangan

  • Dana tidakakan bisa dicairkan, jika tidak ada klaim
  • Uang premi tidak akan bertambah jumlahnya.

2. Asuransi unit link

unsplash

Asuransi ini termasuk salah satu jenis asuransi yang memiliki banyak peminatnya. Nasabah tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan tetapi dapat berinvestasi dengan uang premi yang telah dibayarkan.

Jadi uang premi yang dibayarkan pada saat ini akan menjadi tabungan dan dapat dicairkan suatu saat nanti. Namun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan. Dana yang dicairkan harus mencapai jangka waktu yang ditentukan.

Jika saat itu nasabah mengalami musibah, maka dana akan diklaim sejumlah yang telah ditentukan. Karena asuransi ini adalah asuransi kesehatan dan investasi, maka premi yang dibayarkan tiap bulannya lebih mahal dari pada asuransi murni.

Kelebihan

  • Dana bisa dicairkan walaupun tidak ada klaim
  • Memberikan keuntungan yang tinggi dari hasil investasi

Kekurangan

  • Premi yang dibayarkan setiap bulannya jauh lebih mahal.
  • Jika investasi gagal, uang nasabah akan menghilang atau berkurang.
  • Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencairkan keuntungan.

Leave a Reply