5 Perbedaan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Hidup di zaman sekarang penuh dengan tantangan, punya uang banyak saja kalau tidak bisa mengelolanya dengan baik maka akan tidak cukup untuk membiayai hidup di zaman yang serba instan ini. Buka handphone, ada iklan, main game muncul iklan, dimana-mana banyak iklan yang menggiurkan mata ditambah lagi hadirnya berbagai kemudahan untuk berbelanja. Lengkap sudah dari segala sisi kemungkinan untuk membeli sesuatu hal yang tidak terlalu dibutuhkan bisa terjadi.

Contohnya saja apabila si A mempunyai bisnis online yang fokus jualan online di aplikasi marketplace lalu rekening yang digunakan satu rekening dengan uang pribadi, maka dipastikan bisa tercampur dan bahkan hasil usahanya tidak akan terlihat siginifikan karena telah terpakai oleh keperluan pribadi.
Oleh sebab itu khususnya sebagai seorang pebisnis muda perlu mengetahui apa saja perbedaan antara keuangan pribadi dan bisnis. Agar bisnis yang telah dirancang dapat berkembang pesat lebih baik lagi kedepannya karena telah mengetahui mana keuangan pribadi dan bisnis untuk langsung diaplikasikan ke bisnis yang sedang dikelola saat ini juga.

5 Perbedaan Keuangan Pribadi dan Bisnis

1. Definisi Keuangan Pribadi Dan Bisnis

unsplash

– Uang pribadi adalah uang pemasukan dan pengeluaran bagi kebutuhan sendiri dan keluarga. Maka uang pribadi memang sejatinya untuk dipergunakan dalam masalah yang menyangkut diri sendiri.
– Uang bisnis adalah uang pemasukan dan pengeluaran bagi kebutuhan sebuah bisnis. Maka jelas, uang tersebut harus disalurkan kembali dan diputar agar kedepannya bisa membuka cabang-cabang baru atau bahkan frenchise.

2. Pemasukan

unsplash

– Pemasukan pribadi adalah seluruh penghasilan yang dimana hal tersebut dapat untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri. Contohnya ada bonus, gaji dan tunjangan yang biasanya dibayarkan oleh Bisnis yang dikelola.
– Pemasukan bisnis yaitu seluruh penghasilan yang didapat untuk membesarkan bisnisnya. Contohnya adalah apabila menjual sebuah produk, jual asset, ataupun menjual barang bekas yang masih layak pakai. Asset bisnis yang dijual tersebut kemudian uangnya dipakai untuk kemajuan bisnis.

3. Pengeluaran

unsplash

– Pengeluaran pribadi adalah pengeluaran yang dikeluarkan untuk keperluan pribadi dimasa sekarang maupun masa depan. Contoh : berdonasi, investasi, menabung, belanja bulanan kebutuhan rumah tangga, listrik, air internet dan lain sebagainya.
– Pengeluaran bisnis adalah pengeluaran yang berguna untuk keperluan dalam sebuah bisnis yang mencakup seperti Investasi dan pendanaan Bisnis. Contoh: belanja peralatan kantor, kebutuhan listrik perusahaan, gaji karyawan, perbaikan aset yang sudah mulai butuh perawatan.

4. Aset

unsplash

– Aset pribadi adalah segala sesuatu yang dimaksudkan agar bisa mendapatkan pemasukan untuk pribadi. Contohnya deposito, berjualan di bisnis online, investasi dan lain sebagainya.
– Aset bisnis adalah segala sesuatu yang dimaksudkan agar bisa mendapatkan pemasukan dan dapat menunjang sebuah bisnis yang tengah dijalankan. Contohnya : laptop, kendaraan, smartphone dan sebagainya.

5. Liabilitas

unsplash

– Liabilitas pribadi ialah pinjaman atau utang untuk kepentingan pribadi. Contoh : kredit kepemilikan rumah, KTA untuk renovasi rumah, dan lain sebagainya
– Liabilitas bisnis, pinjaman atau utang untuk membesarkan bisnis yang dikelola agar tidak terganggu oleh hal yang tidak diinginkan. Contoh : kredit usaha, kredit investasi dan lainnya yang menyangkut tentang liabilitas bisnis.

Itulah 5 Perbedaan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Diharapkan pebisnis sudah mulai memisahkan keuangannya. Karena apabila kita tahu pentingnya memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis tersebut itu akan membawa dampak baik tidak hanya untuk pribadi namun juga untuk orang – orang terkasih disekitar kita. Maka mulailah dari sekarang dengan memanfaatkan teknologi yaitu mendownload aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia gratis di playstore dan banyak pilihannya. Apalagi jika menuliskannya di smartphone, maka tidak ada alasan untuk tidak mencatat sekaligus memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis karena kita tahu smartphone sudah menjadi sahabat para Millenials.

Ada hal penting lain juga yaitu agar membedakan rekening pribadi dan rekening bisnis agar uang yang ada tidak tercampur dan dapat dilihat bagaimana presentasi perkembangan bisnis yang dikelola apakah ada perubahan yang signifikan meningkat atau stagnan diam ditempat. Ayo mulailah dari sekarang, karena tentu lebih cepat lebih baik.

Leave a Reply