10 Tips untuk Mengadakan Pesta Halloween di Rumah

Hayo, siapa yang belum pernah mendengar Halloween? Memang pesta Halloween bukanlah tradisi asli Bangsa kita. Namun, keseruan menggunakan kostum terutama kostum seram sekaligus dekorasi hiasan  seram membuat kesan tersendiri.

Seperti halnya saat kita merayakan 17 Agustusan, seperti memakai kostum untuk karnaval keliling dengan pakaian daerah. Halloween juga memiliki keseruan sendiri bagi generasi muda. Nah, untuk yang ingin mengadakan pesta Halloween, akan lebih seru jika memiliki atmosfir yang sesuai dengan tema.

Lalu, apa saja sih yang harus disiapkan:

 

1. Meja Untuk Mendisplay Makanan Maupun Souvenir

Sumber: pixabay.com

Dalam setiap pesta, pasti diperlukan meja untuk menaruh makanan minuman, souvenir maupun hanya untuk melengkapi suasana. Dalam hal ini tentu tema display adalah bernuansakan Halloween seperti tengkorak, laba laba, Jack O Lantern dsb. Di Amerika, Jack O Lantern biasanya dibuat dari buah labu yang diukir hingga menyerupai wajah.

 

2. Dekorasi yang Sesuai

Sumber: pixabay.com

Dekorasi dapat dilakukan untuk menambah seru suasana rumah. Dari mulai halaman hingga di dalam rumah. Seperti membuat batu nisan di halaman dengan menggunakan kardus atau styrofoam, laba laba raksasa dari plastik sampah dan koran, Hantu dari botol susu, Toples berisi spesimen seperti bola mata dari plastik, laba laba karet dsb. Jangan lupa untuk membuat kelelawar yang menggantung di depan rumah.

Dekorasi sangat menentukan mood dan suasana pesta. Semakin meyakinkan dekorasi semakin seru.

 

3. Tata Cahaya yang Mendukung

Sumber: pixabay.com

Di sini kita tidak membicarakan cahaya yang gemerlap, warna warni seperti lampu disko. Biasanya cahaya yang digunakan adalah cahaya temaram seperti lilin, atau lampu pijar. Di Amerika, biasanya lilin dimasukkan ke dalam labu yang telah diukir wajah Jack O Lantern.

 

4. Makanan Minuman sesuai dengan tema Halloween

Sumber: pixabay.com

Membuat makanan dan minuman seperti juice berwarna merah seperti darah, makanan coklat seperti tengkorak untuk mendukung suasana pesta. Namun tidak semua makanan yang berbau halloween, kita juga menyediakan makanan lain penunjang agar para tamu tidak kelaparan.

5. Wewangian Ruangan

Menggunakan aromaterapi atau dengan menggunakan diffuser yang diisikan essential oil memberikan nuansa yang dramatis. Asal jangan membakar kemenyan malah menakutkan. Wewangian akan memberikan suasana yang lebih menyenangkan.

6. Kostum

Sumber: pixabay,com

Biasanya pada saat pesta Halloween, ada dresscode yang ditentukan. Entah menggunakan kostum bebas, atau kostum yang berbau horor atau tidak menggunakan kostum. Kostum bebas dimana tamu bisa menggunakan kostum dengan tema apa saja dari mulai yang lucu hingga yang seram. Bila spesifik kostum horor, maka tamu dapat berdandan ala hantu, monster dsb. Jadi tinggal kita mempersiapkan kostum dari jauh hari.

7. Musik yang sesuai

Musik akan membantu mood para tamu, maka pilihlah musik yang sesuai dengan tema. Tentu disesuaikan dengan tamu. Jangan putar lagu yang kurang baik bila menggundang anak anak. Ambilah musik dari soundtrack film horor jika perlu untuk menambah efek seram. Kecuali jika ingin berdansa dan menari.

8. Hiburan tambahan

Setelah berbagai aktifitas didalam pesta sudah dilakukan, ada kalanya para tamu akan kelelahan dan ingin melakukan aktifitas yang lebih santai. Mungkin ada baiknya jika sebagai tuan rumah kita bisa menambahkan permainan board game, kartu, dsb.

Dalam keadaan santai pun kita bisa tetap bersenang senang. Asal jangan bermain Jelangkung ya, karena terlalu menakutkan..

9. Souvenir dan Goodie Bag

Souvenir dan Goodie bag merupakan opsi tambahan jika memiliki dana ekstra. Jika ingin menjadikan pesta yang tak terlupakan buat lah souvenir unik tak harus mahal. Mungkin jika punya keterampilan bisa membuat nya sendiri. Tapi kembali lagi bahwa ini adalah opsi yang tidak harus dilakukan.

10. Teman sebagai Tamu

Sudah membuat dekorasi yang oke, makanan minuman serta camilan, Goodie bag sudah disiapkan.. jangan lupa mengundang teman untuk datang. Pastikan mereka datang dan bersenang-senang di pesta yang kita buat.

Walaupun Halloween bukan bagian dari tradisi bangsa kita, tapi tentu kita boleh merasakan keseruan dari ikut merayakan Halloween. Bisa dengan berkunjung ke tempat tempat angker, pesta kostum, dsb.  Persiapkan pesta dengan baik dan pastikan teman teman bersenang-senang di dalam pesta.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Milla Andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply