Hindari Kebiasaan Ini Dalam Keseharianmu

Menjadi karakter yang baik adalah keinginan setiap orang. Aktivitas yang kamu lakukan adalah cerminan dari sikapmu. Namun jika kamu melakukan aktivitas yang buruk, itulah yang akan menjadikan karaktermu buruk pula. Jika dibiarkan terus menerus, kamu sendiri yang akan mengalami akibatnya.

Selama masih muda, kamu bisa meminimalisir kebiasaan-kebiasaan buruk tadi. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari akibat aktivitas rutin yang kamu lakukan. Sebaiknya, kamu hilangkan rutinitas kegiatan-kegiatan di bawah ini.

  1. Aktif di Media Sosial Selama Berjam-jam

Sumber: pixabay.com

Kebanyakan masyarakat zaman sekarang hobi melakukan aktivitas di dunia maya ketimbang dunia nyata. Lebih buruk lagi, kegiatan ini dilakukan selama berjam-jam tanpa memerdulikan hal yang lain. Apalagi, hal yang kamu lakukan hanyalah sekadar stalking akun orang lain. Andai saja kamu membaca berita ataupun artikel, pastilah kegiatanmu akan lebih produktif.

  1. Lebih Ramah Kepada Orang Tak Dikenal

Sumber: pixabay.com

Dari kebiasaanmu yang lebih aktif di media sosial, kamu akan menjadi lebih ramah dibandingkan kepada orang-orang sekitar. Padahal, orang-orang terdekat yang menjadi orang terpenting dalam hidup kamu. Berbuat baiklah dengan siapapun dan jangan pandang bulu.

  1. Merasa Paling Benar

Sumber: pixabay.com

Akui saja, kamu masih sering mengalami hal seperti ini. Kamu sering memandang kesalahan orang lain dibanding dengan perbuatanmu seakan-akan kamu menjadi hakim dari semua orang. Padahal, setiap manusia pastilah memiliki salah. Kamu harus mengendalikan diri sendiri sebelum memerhatikan orang lain.

  1. Langsung Mencari Handphone ketika Bangun Pagi

Sumber: pixabay.com

Setelah bangun tidur, kamu pasti langsung mencari handphone dibanding beberes rumah. Padahal, masih ada kegiatan yang lebih bermanfaat. Ada kalanya matamu diberi waktu jeda untuk beristirahat. Jangan sampai matamu iritasi akibat sering menggunakan handphone.

  1. Memainkan Handphone Sesaat Sebelum Tidur

 

Sama halnya ketika waktu menjelang larut. Kamu pasti seringkali browsing lewat handphone kamu. Padahal, saat-saat itu menjadi waktu kamu dalam beristirahat. Cobalah ubah kegiatanmu menjelang tidur, seperti baca buku misalnya. Jangan sampai hal ini menjadi aktivitas yang rutin dalam kehidupan kamu.

 

  1. Lupa Mengucapkan Terima Kasih kepada Orang Lain

Gengsi menjadi hal yang sudah biasa ketika kamu ingin mengucapkan terima kasih dari orang lain. Padahal, bantuan orang lain menjadi hal yang sangat kamu butuhkan. Apa salahnya kan menghargai usaha mereka dengan berucap terima kasih?

 

  1. Jarang Minta Maaf

Seringkali ucapan atau perbuatan kamu membuat kesal orang lain. Memang manusia selalu identik dengan salah dan dosa. Minta maaflah kepada orang-orang yang sudah kamu sakiti. Mungkin saja, hubungan kamu akan kembali membaik dengan mereka.

Perbuatan di atas memang bersifat sepele. Namun jika kamu sering melaksanakannya, maka orang lain akan memandang kamu. Rendah hatilah kepada siapapun yang kau temui.

Leave a Reply