7 Cara untuk Liburan Hemat juga Menyenangkan

Bagi mahasiswa seperti saya, liburan merupakan hal yang sangat ekslusif. Sebagai mahasiswa yang tidak terlalu punya banyak uang, bahkan makan pun kadang-kadang tidak bisa,  piknik adalah kegiatan yang memerlukan dana yang lumayan. Tidak seperti selebriti yang memiliki biaya yang tak terhingga, destinasi yang luar biasa dan diliput infotainment membuat rasa iri buat saya mahasiswa dengan kantong pas pasan.

Nah, buat para mahasiswa, jangan sedih! Ada cara yang dapat ditempuh untuk dapat menikmati liburan hemat juga menyenangkan.  Mungkin tips ini juga bisa dimanfaatkan bagi keluarga yang ingin liburan hemat. Banyak lokasi di Indonesia yang sangat indah dan tak kalah dengan pemandangan alam luar negeri.

Lalu, apa saja sih tips untuk mendapatkan harga hemat?

 

Survey Lokasi Jauh Sebelum Waktu Liburan tiba

Sumber: pixabay.com

Survey lokasi sangat penting untuk menentukan budget. Pemilihan lokasi juga dapat membantu kita memilih lokasi yang murah meriah. Di Indonesia ada beberapa tempat liburan yang masih dapat dikunjungi dengan harga murah seperti Malang, Yogyakarta, Bogor, Solo, Lamongan, Cirebon dan masih banyak lagi tempat di Indonesia yang masih bisa di kunjungi.

Jika kita ingin berhemat pastinya pemilihan lokasi yang memiliki biaya lebih murah. Jangan sampai ingin berhemat malah mengeluarkan biaya lebih mahal karena kita untuk mencari tahu tempat yang menarik untuk di kunjungi sebelum liburan.

Pesanlah Tempat dari Jauh Sebelum Waktu Keberangkatan

Sumber: pixabay.com

Apabila ingin melakukan liburan, rencanakan waktunya yang tepat. Pesanlah akomodasi dari jauh-jauh hari. Tiket transportasi, penginapan, dan mungkin tiket tempat wisata di lokasi setempat akan lebih mudah didapat dan melakukan pilihan. Apabila memesan tiket dan penginapan secara mendadak akan mengurangi pilihan karena kemungkinan penuh karena sudah  dipesan orang lain.

Pengalaman pribadi yang saya alami adalah saat tidak merencanakan pesanan hotel pada saat ingin liburan adalah tidaknya tersedianya hotel yang diinginkan jadilah kita menginap di penginapan yang seadanya saja. Tentu hal ini akan mengurangi mood liburan.

 

Jangan Pergi di Musim Liburan

Pergi saat musim liburan akan memiliki problem sendiri. Bayangkan ada ribuan orang yang juga ingin melakukan liburan di waktu yang sama. Berebutan penginapanl dan tiket transportasi, jika menempuh pakai mobil maka akan mengalami kemacetan. Belum lagi kepadatan di lokasi tempat wisata, dimana banyak orang yang juga ikut berlibur ditempat wisata yang sama. Sehingga kesesakan yang timbul, niat untuk liburan malah tidak dapat menikmati liburan yang ada malah sakit kepala.

Itu masalah satu, masalah lainnya adalah saat musim liburan pasti naiknya harga penginapan, tiket transportasi.

 

Kenyamanan Lebih Penting dari Kemewahan

Sumber: pixabay.com

Tidak perlu memikirkan liburan mewah jika ingin berhemat. Yang paling penting adalah kenyamanan. Tapi jika ingin hemat tapi tidak nyaman buat apa juga, ya kan?  Yang paling utama adalah kenyamanan hingga kita pun dapat menikmati liburan dengan gembira.

Jangan Lupa Uang Tunai di Dompet

Uang tunai sangat penting, meski kita juga membawa kartu debit atau kartu kredit. Gunanya uang tunai adalah agar uang kita dapat terukur penggunaannya. Dan yang paling penting berjaga saat darurat karena tidak semua lokasi menyediakan fasilitas debit atau kredit, atau tidak tersedianya ATM dibeberapa daerah.

 

Liburan, tapi Jangan lupa catat semua pengeluaran

Meskipun saat liburan, gunakan hpmu untuk mencatat keuanganmu. Catat secara detail pengeluaran bahkan untuk bayar toilet umum. Pencatatan ini penting untuk mengetahui besarnya pengeluaran saat liburan. Hal ini untuk mengetahui pengeluaran yang terkecil hingga terbesar, sehingga menghindari pengeluaran yang tak perlu.

 

Liburan waktunya berbelanja

Belanja oleh oleh adalah hal yang paling terakhir dipikirkan, pastinya pengeluaran terbesar dalam liburan. Terutama saat kita liburan keluar daerah. Pastinya membeli oleh oleh tidak lah sedikit karena kita pastinya memikirkan siapa saja yang kita akan berikan. Dan jarang kita memberikan oleh oleh hanya satu item saja. Dengan demikian oleh oleh akan menjadi prioritas terakhir.

Jadi yaaa… liburan tidak perlu jauh jauh ke luar negeri, apa lagi bila mau hemat. Selau rencanakan liburanmu sematang mungkin hingga pengeluaran dapat terukur. Namun yang paling penting adalah kumpulkan dulu duitnya baru liburan.. Jangan mau liburan gag ada duit, yah mending di rumah aja yaaa 😀

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Milla Andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply