Mau Usaha Hewan Kurban? Ini Tipsnya!

Jika kamu menemukan tukang kambing, sapi atau kerbau dadakan di sejumlah tempat, itu tandanya Idul Adha sudah dekat. Karena permintaan akan hewan seperti kambing, sapi bahkan kerbau meningkat pada Idul Adha menjadikan usaha jual hewan ternak sangat menarik untuk digeluti.

Sebenarnya berapa sih keuntungan yang bisa di dapat dari hasil penjualan hewan kurban ini?. Menurut seorang pedagang hewan kurban bernama Sugiharto yang berdagang di Jakarta Pusat, Omzet penjualan hewan kurban bisa mencapai 3 Miliar. Sedangkan Muhammad Ichsan yang menjual 75 sapi bisa mendapatkan 1,4 miliar rupiah. Jadi kemungkinan memiliki keuntungan sangat besar. Seperti Sugiharto bilang, Idul Adha masih jauh namun hewan kurban sudah laku hampir 70%.

kamu pasti tertarik untuk membuka usaha Jual hewan kurban. Sebelum itu ada beberapa hal yang harus dipelajari dan dipahami. Yuk kita lihat dulu beberapa tips agar bisa sukses berjualan hewan kurban.

 

Mengerti dan Paham Masalah Hewan Kurban

Sumber: pixabay.com

Sebelum menjual sebuah produk di pasaran, tentu sudah menjadi keharusan bagi kita untuk paham akan produk yang akan dijual. Jika kamu ingin menjual hewan kurban, sangat penting kamu perlu mengetahui cara memelihara hewan ternak, dari segi kesehatan dan kebersihan. Bukan hanya dari segi perawatan saja namun permasalahan yang dapat ditimbulkan dari hewan kurban tersebut seperti transportasi, pakan ternak, tempat pemeliharaan sementara dsb. Jangan sampai menjual hewan kurban yang memiliki penyakit. Hewan kurban yang layak tentu memiliki nilai jual yang tinggi.

Dengan memiliki pengetahuan terhadap produk dalam hal ini merupakan hewan kurban yang akan di jual tentu akan membantu kamu berjualan dan mengurangi kerugian. Sebelum itu pastikan juga bahwa hewan yang kamu beli dari peternak hewan adalah hewan yang layak jual dan memiliki kesehatan yang memadai.

Tentukan Modal dan Jenis Hewan

Sumber: pixabay.com

Pada dasarnya tidak ada usaha yang tidak memakai modal. Ide pun bisa disebut sebagai modal usaha. Namun untuk usaha jual hewan kurban, modal disini berupa uang untuk membeli sejumlah hewan kurban dari peternak. Ketersediaan modal dan pemilihan hewan kurban yang berkualitas. Jumlah modal akan berpengaruh terhadap hewan yang diperoleh, misalnya apakah modal kamu cukup untuk dapat menjual sapi yang berharga mencapai 15 juta seekornya? Atau harga kambing yang lebih murah. Semakin besar modal semakin beragam hewan kurban yang dapat dijual.

Jangan memaksakan diri apabila modal kamu tidak dapat menjual sapi. Pelajari dahulu lokasi beberapa hal, seperti pesaing, letak lokasi, produk yang diminati di lokasi tempat kamu berusaha. Semakin diminati sebuah produk akan semakin cepat terjual dan dapat memperoleh keuntungan.

 

Mempersiapkan Modal, Tempat dan Pakan

Sumber: pixabay.com

Penyediaan tempat dan pakan sebenarnya dapat dimasukan kedalam modal usaha selain pembelian hewan kurban. Tempat berfungsi sebagai penyimpanan hewan sementara agar hewan masih tetap terawat kebersihan dan kesehatannya. Pakan ternak yang baik agar hewan kurban memiliki bobot yang baik. Disarankan agar membeli hewan kurban jauh hari, karena memungkinkan untuk mendapatkan harga yang yang murah. kamu hanya perlu merawatnya dan menjaga agar hewan kurban tetap sehat.

Akan lebih baik jika membeli hewan kurban langsung dari peternak dibanding dari pengepul. Selain itu kita juga dapat memastikan kesehatan dan perawatannya langsung dari peternak.

 

Berjualan Langsung lebih efektif

Tehnik berjualan sangat menentukan keberhasilan dalam sebuah usaha. Bagi seseorang yang baru saja memulai usaha penjualan pasti akan mengalami kesulitan, namun semua dapat dipelajari. Menjual hewan kurban ke orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, teman dan kerabat yang kamu kenal bisa menjadi pendekatan yang efektif.

Hilangkan gengsi dan tidak perlu malu untuk menawarkan produk dagangan kamu kepada keluarga, sanak saudara, teman, dan orang-orang yang kamu kenal. Semua orang memiliki potensi menjadi pembeli. Selain itu pelajari tehnik marketing yang baik agar usaha kamu dapat berjalan lancar.

 

Dunia Online dapat membantu proses Promosi

Semua orang pasti memiliki akun Sosmed, manfaatkanlah untuk mempromosikan produk kamu. Jangan sungkan untuk menawarkan produk kamu  ke dalam akun sosmed kamu. Jaringan pertemanan di sosmed akan memperluas peluang usaha, dan yang paling penting adalah gratis!. Selain akun sosmed, adapula situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak dsb yang bisa dimanfaatkan. Hayoo jangan ngaku gaul kalau akun sosmed atau situs belanja online aja tidak tahu?

Baik online maupun offline, merupakan cara dapat digunakan untuk mempromosikan produk kamu. Bila perlu manfaatkan keduanya, menyebarkan brosur di Mesjid lingkungan tempat tinggal maupun tempat umum lainnya dan memasarkan melalui situs online.

Pentingnya memahami strategi bisnis yang baik. Memanfaatkan momen adalah strategi yang sangat menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan. Dalam hal ini, momen Idul Adha sangat memungkinkan kamu akan mendapatkan keuntungan dari menjual hewan kurban, tapi bukan kurban perasaan yaa!! Peace..

Leave a Reply