Bisnis Generasi Milenial Melalui Crowdfunding

Crowdfunding dikenal sebagai kegiatan dalam penggalangan dana, yang mengajak khalayak umum untuk mendonasikan sejumlah uang untuk tujuan tertentu seperti proyek, seni, sosial, atau kegunaan lain dalam jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Crowdfunding merupakan perekonomian digital yang mulai banyak di kenal di Indonesia. Kegiatan ini rupanya sudah muncul di Amerika dan di Inggris dalam 1 dekade yang lalu.

Contoh situs Crowdfunding yang sering di kunjungi di Amerika adalah kik starter.com, Indiegogo.com, gofundme.com, teespring.com, angelico.

Untuk di Indonesia sendiri ada 4 situs yang dapat menjadi alternatif dalam penggalangan dana, di antara nya adalah

1. Akseleran

Situs ini memusatkan bantuan kepada para wirausaha yang ingin membangun usaha kecil menengah (UKM) yang tidak  memiliki modal yang memadai.

2. Gandengtangan

Situs ini mengakomodir antara para investor dan pelaku usaha, untuk bergandeng tangan bersama membangun usaha untuk menjadi lebih maju.

3.  Kitabisa

Situs ini menjadi wadah penyalur dana untuk berbagai macam keperluan seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan dan proyek lainnya.

4.  Kolase

Situs ini bukan sebagai penyalur dana untuk bisnis melainkan wadah yang memfasilitasi dan menjadi penyalur dana dari para donatur untuk para seniman, demi mewujudkan karya mereka.

Kegiatan Crowdfunding ini untuk generasi milenial, hal ini sangat membantu bagi tiap orang yang memiliki ide kreatif dan kejujuran (yang paling penting) meskipun memiliki keterbatasan dalam pendanaan. Oleh sebab itu Crowdfunding merupakan salah satu solusi dan peluang yang dapat kita pertimbangkan, untuk mendapatkan pendanaan berbagai jenis usaha dan kegiatan yang di lakukan.

Jadi bagi para wirausaha khusus nya generasi milenial, kapan kita akan mulai jika tidak saat ini. Tidak perlu bingung akan keperluan seberapa besar dana yang dibutuhkan, tetapi yang paling penting kita memiliki ide kreatif, kemudian siapkan proposal yang menarik mengenai ide kita, dan promosikan

Leave a Reply