Tradisi Balapan Binatang

Balap Kerbau

Kalau sebuah ajang perlombaan identik dengan kegiatan manusia, ternyata ada tradisi-tradisi khas dari masing-masing daerah yang mengadakan perlombaan untuk binatang, lho!

1. Karapan Sapi

Karapan Sapi
Sumber: matamaduranews.com

Karapan sapi adalah tradisi khas masyarakat Madura yang digelar setiap tahun pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September, dan dilombakan lagi untuk final pada akhir bulan September atau Oktober. Nggak cuma jadi ajang lomba, tradisi Karapan Sapi ini juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi prestis, yang bisa ngangkat status sosial seseorang, dan udah jadi tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Wow!

Tradisi perlombaan adu balap sapi yang terkenal di Indonesia adalah di Pulau Madura, Jawa Timur dengan nama karapan sapi. Balapan sapi juga menjadi tradisi di Lombok, Nusa tenggara Barat dengan nama Malean Sapi dan di Padang, Sumatera Barat dengan nama Pacu Jawi.

 

2. Balap Kerbau

Balap Kerbau
Sumber: 1001indonesia.com

Tradisi perlombaan adu balap kerbau yang terkenal di Indonesia adalah di daerah pesisir pantai Cipatujuh, Tasikmalaya. Balapan kerbau juga menjadi tradisi di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Lumajang, Jawa Timur, dan di Jembrana, Bali. Tradisi balapan kerbau di Bali biasa disebut Makepung.

 

3. Balap Kambing

Karapan Kambing
Sumber: antarafoto.com

Karapan kambing merupakan tradisi asli Kota Probolinggo, Jawa Timur. Tradisi ini lebih-kurang mirip dengan kerapan sapi di Pulau Madura.

4. Balap Babi

Balap Babi
Sumber: okenews.com

Balap Babi menjadi tradisi di Indonesia bagian Timur. Di Lembah Baliem ada festival yang salah satunya menampilkan balap babi. Selain itu, di Kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende, flores , Nusa tenggara Barat juga sering mengadakan perlombaan balap babi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

5. Balap Kelinci

Balap Kelinci
Sumber: antarafoto.com

Di Madura, Jawa Timur bukan hanya terkenal dengan karapan sapi, tapi juga dengan balap kelincinya.

6. Balap Ayam

Balap Ayam
Sumber: vebma.com

Tradisi balap ayam dikenal di Sumatera Barat dengan nama sampo ayam. Hampir sama dengan karapan sapi, sampo ayam dilombakan dengan dua ekor yang terikat berdampingan.

 

7. Balap Itik

Balap Itik
Sumber: 1001indonesia.com

Balap itik ini paling unik di antara adu balap hewan yang lain. Sebab itik ini diterbangkan, melayang dan tidak boleh menyentuh tanah dengan jarak yang sudah ditentukan. Tradisi ini berasal dari Sumatera Barat. Tradisi ini sudah dikenal sejak 1028.

Leave a Reply