7 Watak Seorang Entrepreneur Sejati, Anda Punya?

Entrepreneur semakin bertambah dan menjadi trend beberapa tahun belakangan ini. Waktu yang fleksibel, bekerja berdasarkan keinginan, pendapatan yang lebih besar mendorong banyak orang ingin menjadi entrepreneur. Entrepreneur yang sukses biasanya memiliki watak yang hampir sama. Berikut adalah sifat yang dimiliki oleh entrepreneur sejati:

1. Berani menghadapi tantangan

Dunia wirausaha penuh dengan ketidakpastian, tantangan dan resiko, seperti persaingan yang ketat, barang tidak laku bahkan kebangkrutan. Agar tidak mengalami hal tersebut, segala segala sesuatu harus diperhitungkan. Seorang entrepreneur harus mampu melalui ketidakpastian dan semua hambatan yang terjadi.

2. Perencana

Sumber: pixabay.com

Langkah pertama untuk mendirikan suatu usaha adalah rencana. Ia harus mampu merencakan ke arah mana bisnisnya. Ia harus mampu meneliti, menganalisa, mengolah dan bertindak secara tepat sesuai analisanya. Ia juga harus mampu memperhitungkan berapa kebutuhan untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya. Rencana juga dapat digunakan sebagai tolak ukur kesuksesan, apa hasil yang diperoleh sesuai dengan rencana yang telah dibuat?

3. Kreatif

Seorang entrepreneur harus memiliki pemikiran yang penuh inovasi. Inovasi berarti mampu menciptakan suatu produk, tidak harus produk baru tetapi produk lama dibuat baru dengan menambahkan sesuatu yang tidak ada dalam produk sebelumnya. Ia mampu memikirkan apa yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan mampu mengembangkan pemikiran tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai.

4. Tidak takut gagal

Pengusaha sejati mampu bertanggung jawab atas bisnis mereka. Ia mampu memikul apabila terjadi kegagalan. Kegagalan yang terjadi dijadikan pelajaran dan pengetahuan sebagai bekal di masa mendatang. Ketika mengalami kegagalan, ia mampu bangkit dan terus berjuang hingga mencapai kesuksesan.

5. Dapat bekerja sama

Pengusaha yang sukses harus mampu bekerja sama dengan orang lain. Ia harus mampu bersosialisasi dan menjalin hubungan yang baik dengan penguasaha lain, pihak supplier, maupun karyawannya. Walaupun ia seorang pengusaha, ia tidak bisa bekerja seorang diri saja.

6. Jiwa pemimpin

Entrepreneur sukses adalah seorang yang mampu pemimpin dengan baik. Ia mampu memimpin dirinya sendiri dan juga para karyawannya. Ia juga mampu memberikan keputusan yang tepat dan mampu mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi.

7. Memanfaatkan waktu

Sumber: pixabay.com

Bagi seorang entrepreneur, hampir tidak ada waktu libur. Waktu libur bahkan dimanfaatkan untuk berbisnis karena saat waktu libur tersebut akan mendapat keuntungan yang besar. Ia juga harus mampu mengatur waktu sehingga dapat mencapai tujuannya tepat waktu.

Jika anda memiliki karakteristik seperti yang disebutkan di atas mungkin anda memang cocok menjadi seorang entrepreneur. Selamat berjuang dan salam sukses!

 

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply