3 Tips Mengatur Keuangan

Manusia pada dasarnya sama. Sejatinya yang membedakan adalah kemampuan mengelola beragam hal dalam hidupnya, termasuk mengatur keuangan pribadi. Orang-orang sukses selalu bisa melakukannya dengan baik. Akibatnya mereka bisa menata kehidupan sesuai dengan yang mereka idamkan.

Mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak rumit. Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Prinsip-prinsip tersebut kerap disebut sebagai Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.

Berikut tips mengatur keuangan yang akan membuat kamu tidak pernah merasa kehabisan uang :

 

  1. Gunakan Uang di Bawah Pendapatan
Sumber: pixabay.com

Only buy something that you’d be perfectly happy to hold if the market shut down for 10 years. Warren Buffett

Kemampuan untuk menahan diri agar bisa menggunakan uang di bawah jumlah yang dimiliki, sangatlah penting. Namun, ini tidaklah mudah karena keinginan dan kebutuhan merupakan hal yang bertolak belakang. Keinginan tidak pernah ada habisnya, sedangkan kebutuhan memang wajib dipenuhi.

Salah satunya kita perlu membuat budget harian, mingguan, atau bulanan yang akan memberi batasan pada pengeluaran kamu.

Biasanya kebanyakan orang lebih mengedepankan keinginan dibanding kebutuhan, yang menyebabkan kegagalan orang dalam mengatur keuangan pribadinya. Akibatnya, uang yang dipergunakan bisa jadi lebih besar dari yang dimiliki.

Kamu juga harus mengontrol pengeluaran makan kamu. Di zaman sekarang ini banyak sekali terdapat restoran yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Apa saja yang kamu inginkan untuk dimakan, hampir dalam sekejap dapat ditemukan, mulai dari makanan bergaya kebaratan, asia, bahkan makanan khas Indonesia sekalipun.

Jika kamu tidak ingin kehabisan uang di saat tanggal tua, cobalah untuk mengontrol diri dalam memilih makanan yang dimakan. Hal ini bukan berarti kamu tidak dapat makan di restoran loh! Ingat, kamu tetap dapat menikmati makanan di restoran, hanya saja kamu harus mengatur intensitasnya jika kamu memang merasa uang yang dimiliki ingin diporsikan untuk hal-hal yang lebih penting di masa depan.

 

  1. Selalu Merencanakan Masa Depan
Sumber: pixabay.com

“Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine.” – Jack Ma

Pola pikir pendek sangatlah berbahaya. Oleh karena itu, kita dituntut agar bisa membuat rencana untuk masa depan. Hal tersebut diperlukan agar pola pikir tidak hanya terbatas pada saat ini.

Dengan berpikir jauh ke depan, kamu bisa merencanakan hidup yang jauh lebih baik. Pasalnya, tidak ada seorang pun yang bisa menebak masa depan dengan baik. Maka itu, perencanaan dan persiapan yang baik adalah usaha yang layak dan perlu dilakukan.

 

  1. Upayakan Uang Bertumbuh
Sumber: pixabay.com

Profitability is coming from productivity, efficiency, management, austerity, and the way to manage the business.” Carlos Slim

Berinvestasi menjadi salah satu langkah yang dilakukan agar membuat uang bertambah banyak. Manfaat dari menabung / investasi, merencanakan masa depan, kelak kita rasakan jika dilakukan dengan baik dan disiplin. Jika sudah begitu, kesuksesan tak lagi jadi angan yang rasanya sulit untuk disentuh.

Selain investasi, kamu juga bisa cari penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi keuangan dengan cara membuka bisnis, berjualan online.

Jadi, sudah siapkah kamu mempraktekannya ?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply