5 Langkah Sukses Meluncurkan Produk ke Pasar

Siapa sih yang gak ingin usahanya berkembang? Setiap pembisnis pasti ingin usahanya berkembang dengan baik dan diterima di masyarakat. Jika konsumen merasa puas, maka keuntungan yang datang pun semakin besar. Untuk itu, para pengusaha wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Riset pasar adalah sebuah gambaran mengenai kondisi dari pasar, terkait dengan produk yang kamu miliki dan mampu memberikan keuntungan, sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi target pasar. Dengan melakukan riset pasar, maka kamu akan mengetahui apakah produk yang telah dibuat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen.

Ada berbagai macam cara untuk melakukan riset pasar dengan baik dan benar, seperti mengamati perkembangan pasar, dan melakukan uji coba terhadap pasar. Sebaiknya kamu melakukan uji coba di beberapa titik lokasi, agar kamu tahu berapa banyak respon dari masyarakat yang menjadi target pasar kamu. Perhatikan juga dengan adanya persaingan di sekitar lokasi untuk memberikan inovasi yang tidak dimiliki produk lain agar kamu mampu mengembangkan usaha dengan baik.

Jika riset sudah dilakukan dengan baik dan benar maka tinggal diperhitungkan waktu untuk meluncurkan produk tersebut ke pasar. Kesuksesan meluncurkan produk diperlukan timeing yang tepat untuk memperkenalkan produk ke pasar. Jangan terburu-buru agar tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

Yuk, simak 5 langkah sukses meluncurkan produk ke pasar:

 

1.      Lakukan test secara mendalam sebelum peluncuran

Sumber: pixabay.com

Testing dapat membantu kamu mengetahui apakah produk sudah siap diluncurkan atau belum. Misal dalam usaha bidang makanan, kamu bisa melakukan test resep sebelum akhirnya produk di pasarkan. Atau dalam bidang perkakas kamu bisa melakukan test fungsi dari alat tersebut bisa dijalankan dengan baik atau tidak.

2.      Memperkuat tim

Sumber: pixabay.com

Disaat  kamu terus bergerak maju untuk meluncurkan produk, angggota tim akan terus melakukan penyesuaian pada proses baru. Berikan anggota tim waktu dan sumber daya yang mereka perlukan agar mereka menjadi familiar dengan hal tersebut. Tentukan sebuah target  yang dapat mereka capai agar mereka memiliki motivasi dalam berkerja.

3. Bersiaplah untuk kenaikan penjualan

Sumber: pixabay.com

Sebuah produk baru dapat membuat peningkatan yang sangat tajam dalam penjualan. Untuk menghindari kegagalan, kamu harus memastikan bahwa tim sudah dipersiapkan untuk menghadapi penambahan volume quantity dan pekerjaan lainnya. Pastikan kamu mengisi semua posisi yang dibutuhkan dan mengedukasi anggota tim tentang proses dan fitur yang ada pada produk.

 

4. Menciptakan alat ukur sambil berjalan.

Tentukan target dan ukur secara berkala seberapa berhasil produk kamu yang sudah ada di pasar. Jika memang hal tersebut tidak berjalan dengan baik, ingatlah the principle of sunk cost.

5. Mengumpulkan umpan balik setelah waktu peluncuran

Analisa saran dan kritik dari pelanggan, kemudian tentukan perubahan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan produk tersebut. Walaupun tidak ada yang dapat menjamin sebuah peluncuran produk pasti akan berjalan sukses di pasar, namun dengan persiapan yang cukup dan timeing yang tepat dapat membuat produk kamu menjadi lebih diingat.

Jadi jangan sampai kalian salah perhitungan ya…

 

Nama : Anggraini Prastikasari

Leave a Reply