9 Jenis Makanan Basa dan Asam yang Kalian Wajib Tahu

Menjalani aktivitas harian yang padat, kita pasti membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan gizi. Sayangnya, hampir seluruh jenis makanan yang kerap kita konsumsi ternyata bersifat basa dan asam lho.

Apa artinya basa dan asam? Ini tidak berarti bahwa air asam itu terasa asam dan air basa itu terasa pahit. Memang benar, pH dari air asam itu rendah, dan pH dari air basa itu tinggi. Akan tetapi, apa yang dimaksud dengan basa dan asam adalah keberadaan mineral basa di dalam larutan.

Selain sifatnya kita juga perlu tahu jenis makanan yang mengandung sifat basa dan asam. Mineral asam contohnya ayam, unggas, telur, daging, seafood, gorengan, teh, kopi dan minuman bersoda. Mineral Basa contohnya adalah: jus buah, madu, kacang polong, kacang kedelai, sayuran hijau dan sebagainya.

1. Telur dan unggas

Bahan makanan seperti telur dan daging ayam maupun bebek memang akrab dengan menu makan kita sehari-hari. Selain ayam dan bebek, telur pun terasa mudah dan praktis untuk dimasak kapan saja. Nggak heran jika bahan makanan tersebut ini sering menjadi “penghuni” perut kita. Walau mengandung sejumlah nutrisi, telur dan unggas termasuk makanan bersifat asam lho.

2. Daging

Selain ayam dan telur, daging merah seperti daging sapi juga kerap jadi makanan favorit yang kamu konsumsi setiap hari. Selain sumber protein hewani, daging sapi juga tinggi akan kandungan zat besi. Daging sapi pun memiliki tekstur yang cepat meresap bumbu sehingga terasa lezat dijadikan bahan utama berbagai masakan.

3. Seafood

Hidangan laut biasa memiliki tekstur unik tersendiri, kenyal, lembut, dan empuk yang bisa kamu nikmati dalam sekali gigit. Nggak heran, industri kuliner makanan yang satu ini pun berkembang pesat hingga kini. Namun sayangnya, hidangan laut termasuk ikan bersifat asam.

4. Gorengan

Gorengan memang sangat pas dikonsumsi untuk mengusir kejenuhan dan rasa lapar yang melanda. Kamu bisa mengonsumsi gorengan sebagai cemilan sore bersama teman kantor. Kudapan yang terasa gurih ini memang jadi salah satu primadona cemilan di tanah air. Walau lezat, kamu tetap harus berhati-hati dengan pH gorengan yang bersifat asam lho.

5. Teh, kopi, dan minuman bersoda

Tiga jenis minuman ini pasti sudah tidak asing buat kamu kan? Selain mengusir rasa ngantuk, teh dan kopi juga menjadi penolong untuk menghasilkan sejumlah inspirasi dan membangkitkan mood. Tak ketinggalan kamu pun memiliki “senjata” berupa minuman bersoda yang ampuh untuk mengatasi rasa haus di tengah hari yang panas. Walau terasa manis, ketiga minuman ini ternyata bersifat asam lho.

6. Jus buah

Jus buah termasuk minuman yang mengandung mineral basa. Jus bisa jadi alternatif pilihan untuk mendapatkan segudang manfaat buah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Health Promotion, ada banyak manfaat jus untuk kesehatan mulai dari memiliki vitamin yang lengkap seperti Vitamin C, B6, folat, kalium, magnesium dan zat besi.

7. Madu

Suatu cairan kental berasa manis dan lezat, berwarna kuning terang atau kuning keemasan yang dihasilkan oleh hewan jenis serangga yang disebut lebah atau tawon. Lebah penghasil madu ini termasuk dalam famili “apidae” dan yang paling banyak dibudidaya di Indonesia maupun diseluruh dunia adalah jenis lebah Apis Mallifera. Madu alami umumnya terbuat dari nektar yakni cairan manis yang terdapat di dalam mahkota bunga yang biasa diserap oleh lebah atau tawon, yang kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam sarangnya untuk diolah menjadi bahan persediaan makanan utama bagi mereka. Madu termasuk jenis cairan yang mengandung mineral basa.

8. Kacang polong dan kacang kedelai

Kacang polong merupakan salah satu komponen polong-polongan yang banyak dijumpai di berbagai kuliner seperti nasi goreng, aneka sup, tumisan, fuyunghai dan beberapa merek camilan. Begitupun dengan kacang kedelai, Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Selain itu juga merupakan sumber lemak, vitamin, dan mineral. Kedelai bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan, minuman, serta penyedap cita rasa makanan. Kedua jenis kacang ini mengandung mineral basa yang baik untuk tubuh.

9. Sayuran Hijau

Selanjutnya yaitu ada sayuran hijau yang mengandung mineral basa. Mungkin ada yang tidak suka mengonsumsi sayur. Tapi tahukah kamu, sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan merupakan jenis bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply