5 Tips Sukses Bertemu Klien

Sukses dalam bertemu klien adalah, kalian bisa memenangkan hati sang klien alias tidak berakhir sia-sia. Yang dinamakan sukses dalam berbisnis adalah saat kalian bisa menarik minat setiap konsumen entah itu pembeli biasa maupun klien yang terhormat. 5 Tips Sukses Bertemu Klien berikut diharapkan dapat membantu kalian mendapatkan klien dan dapat memajukan usaha Anda nantinya.

Klien itu seperti sebuah benda yang ada di tengah kumpulan manusia yang bernafsu menginginkannya. Jangan sampai lepas satu klien, jika kalian lepas satu saja maka dipastikan perusahaan lain akan mendapatkannya. Seperti perlombaan? Tidak, ini persaingan, hal yang biasa terjadi dalam kehidupan bisnis.

Berkut 5 tips sukses bertemu klien

Melakukan persiapan

unsplash.com

Meski kedengarannya sepele, tapi yang saya maksud dalam melakukan persiapan ini mencakup hal banyak. Ini adalah permulaan yang tidak boleh kalian sepelekan, start yang baik selalu memberikan Anda kebaikan di tengah perjalanan nantinya.

Mula-mula, lakukanlah persiapan dalam bentuk materi, kuasai materi Anda, lalu persiapkan pakaian Anda supaya tampil lebih sempurna, kemudian datanglah ke tempat pertemuan sebelum sang klien datang.

Usahakan tidak telat, tapi datang duluan sebelum waktu yang telah ditentukan. Buatlah kesan yang baik pada permulaan pertemuan kalian.

Lakukan Basa-Basi Sejenak

unsplash.com

Beberapa orang memang ada yang tidak suka basa-basi tapi tidak semuanya menyukai to the point. Dengan berbasa-basi dulu, kalian akan terlihat pandai menguasai keadaan. Namun kepandaian kalian menguasai keadaan ditentukan juga dari keluwesan Anda saat berbasa-basi. Jangan kaku, jangan canggung, jangan melakukan pembahasan yang terlalu dipaksakan, karena basa-basi yang baik tidak pernah mengikut sertakan hal-hal terlarang di atas.

Dengan basa-basi pula, Anda bisa dekat dengan klien kalian, tak melulu membahas soal pekerjaan, namun ada waktu-waktu membahas cuaca indah di luar, kabar masing-masing, tim sepak bola favorit kalian, musik band favorit dan sebagainya.

Akan tetapi, jangan terlalu basa-basi juga, tahu batas kapan harus berhenti berbasa-basi dan mulai melakukan pembahasan serius

Tahu Kapan Harus Berbicara dan Mendengar

unsplash.com

Orang akan merasa sangat dihargai saat diberinya kesempatan buat seseorang itu berbicara. Ada waktu bagi kalian mendengarkan, jangan menjadi orang yang terlalu dominan, klien manapun tak akan menyukai itu. Ingatlah, Anda saat itu sedang berkomunikasi dengan orang lain, tidak sedang berbicara sendiri, jadi harus banyak perhatian dan kesempatan buat lawan bicara Anda.

Tips Sukses Bertemu Klien merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Kalian tahu dengan filsuf Yunani dari era modern bernama Sigmund Freud? Yang begitu disanjungi karena pemikiran-pemikirannya yang hebat dan sikapnya yang memberikan orang lain buat berbicara? Seorang filsuf akan sangat dihargai saat ia juga memberikan kesempatan orang lain bicara meskipun di sini dia teramat pintar dan tahu segalanya daripada orang biasa.

Kalian yang hanya seorang pebisnis yang sedang menjaring klien pun tidak boleh ketinggalan mengikuti sikap saling memberikan perhatian tersebut.

Dengan memberinya kesempatan bicara juga kita bakal tahu apa yang diinginkannya, kita pun lebih memahami sang klien. Tidak cuma klien saja yang kita suruh untuk mengikuti apa yang kita inginkan untuk diberikan padanya.

Tetap Tenang Saat Klien Melayangkan Kritikan

Tidak selamanya saran, ide, masukan Anda diterima oleh klien. Pasti ada waktu-waktu dimana mereka merasa tidak setuju, lalu melayangkan kritikan, dan kalian merasa kesal karena hal itu. Kunci saat menghadapi kritikan tersebut supaya Anda tetap elegan di depan klien adalah menghadapinya dengan tenang. Jangan sampai terpancing emosi lalu membentak-bentak klien.

Tetaplah tenang, lalu jelaskan pelan-pelan saran, ide, masukan sampai sang klien bisa menerimanya. Jika klien tidak bisa menerima, mungkin memang saran, ide dan masukan Anda salah.

Tetap jalin komunikasi di luar pertemuan

unsplash.com

Bukan berarti pertemuan atau meeting itu selesai membuat Anda juga menyelesaikan hubungan dengan sang klien. Apalagi di sini si klien belum memberikan jawaban iya atau tidak. Jalinlah komunikasi bersama klien Anda, juga sesekali senggol pembahasan keputusan sang klien soal usaha itu bagaimana.

Segera tindak lanjuti supaya semuanya menjadi jelas. Bila perlu, ajak juga sang klien untuk makan di luar dengan modus menanyakan mau dibawa kemana hubungan kalian itu.

5 Tips Sukses Bertemu Klien yang terakhir ini mengajarkan kita buat membuat hubungan yang jangka panjang, meski sang klien menolak, tapi setidkanya Anda bisa dekat dengan sang klien bukan?

Leave a Reply