5 Langkah Awal yang Dilakukan Oleh Pengusaha Muda Sukses

Bercita-cita menjadi pengusaha sukses di usia muda memang dimimpikan oleh semua orang. Namun apa jadinya jika kamu hanya duduk dan bermalas-malasan untuk memulai usaha. Di Indonesia sendiri sudah banyak pengusaha muda yang telah sukses di bisnisnya masing-masing. Tak ayal jatuh bangun kerap terjadi dalam membangun usaha mereka.

Misal seperti Ahmad Zaky  yang merupakan CEO Bukalapak yang merupakan marketplace online terbesar di Indonesia. Selain itu ada juga. Nadiem Makarim, seorang penemu sekaligus CEO Go-Jek sebuah layanan transportasi online yang hampir tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk itu, jika kamu berkeinginan menjadi seorang pengusaha muda kamu harus mempunyai tekad kuat serta selalu berusaha. Berikut 5 langkah yang harus kamu lakukan agar menjadi pengusaha muda yang sukses.

  1. Optimis

Memiliki rasa percaya diri serta berpandangan positif adalah modal awal kamu dalam menjalankan bisnis yang baru kamu geluti. Dengan itu kamu akan tahu bisnis seperti apa yang akan cocok kamu jalani. Bersifat  optimis terhadap segala sesuatu yang kamu kerjakan.

  1. Pemasaran

Mengetahui targer pasar kamu adalah cara yang ampuh dalam meningkatkan bisnis. Dengan cara riset konsumen, kamu akan mudah dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Selanjutnya adalah strategi pemasaran produk. Yang kedua ini adalah bagian promosi. Lakukanlah setiap promosi yang konsisten serta menarik. Ini dilakukan agar konsumen kamu tertarik terhadap produk bisnis yang kamu jual.

Saat ini dengan era teknologi yang begitu pesat berkembang, kamu dapat menggunakan platform media sosial dalam promosi produk kamu. Karena hal itu dapat memudahkanmu agar orag lain tahu akan bisnis yang sedang kamu jalani.

  1. Memperbanyak inovasi produk

Setelah berhasil dalam promosi produk, tahap berikutnya adalah menambah variasi produk dengan ide-ide kreatifitas. Kebanyakan pembisinis yang sudah besar enggan berpikir untuk melakukan pembaruan dan cenderung terlena dengan pelanggan setianya saja. Dengan menggunakan ide kreatifitas kamu, produk yang kamu pasarkan akan lebih menarik dan membuat penasaran para pembeli

Selain itu untuk melakukan hal ini perlu keberanian. Tentu saja menjadi pengusaha muda yang sukses harus berani mengambi resiko serta bekerja keras.

  1. Menerima keluhan dan kritikan dari konsumen

Memahami apa yang diinginkan pelanggan adalah kesempatan untuk menambah produk yang dibutuhkan oleh pasar. Peluang untuk meningkat usaha kamu menjadi lebih sukses karena konsumen merupakan raja dan kepuasan konsumen akan mempengaruhi penjualan bisnis kamu ke depannya. Selain itu, buatlah pelanggan kamu merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang kamu berikan.

  1. Kerja keras

Dalam mengembangkan usaha yang diperlukan adalah kerja keras dan kesabaran. Menjadi pengusaha muda yang sukses dilihat dari perkebangan bisnisnya serta strategi bisnis yang bagus agar dapat disebut sebagai pengusaha yang sukses.

Leave a Reply