5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pribadi

Kesalahan Manajemen Keuangan Pribadi ini umum dilakukan oleh semua orang. Tapi yang tidak mereka sadari, saking seringnya terjadi pada orang-orang mereka menjadi menyepelekan masalah ini. Memang cuma masalah-masalah kecil tapi hal besar selalu dimulai dari yang kecil dulu kan?

Urusan finansial memang terlalu rumit buat dibahas sampai ke akar-akarnya. Membuat keuangan kalian tetap stabil bisa dilakukan oleh semua orang tanpa perlu mengetahui kerumitan finansial. Cara gampangnya, kalian dapat menghindari masalah-masalah berikut untuk mempertahankan keuangan Anda supaya tetap stabil.

Berikut adalah beberapa kesalahan manajemen keuangan yang harus dihindari. Terlebih bagi Anda yang sudah memiliki pendapatan rutin, hal-hal berikut harus dihindari sebab target utama dari kesalahan ini lebih banyak dilakukan oleh orang yang memiliki penghasilan tetap.

 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pribadi

Tidak Mempunyai Dana Darurat dan Anggaran

unsplash.com

Dua hal ini sangat penting dimiliki, adalah dana darurat dan anggaran (suatu rencana yang disusun secara sitematis dalam bentuk angka). Banyak orang yang mengandalkan gaji bulanan mereka untuk segala keperluan. Tak berpikir bagaimana nanti bila suatu bencana menyerang mereka seperti ada salah satu anggota yang sakit.

Susunan keuangan akan langsung berantakan ketika Anda yang selalu mengandalkan gaji bulanan buat segala urusan, tiba-tiba harus mengeluarkan dana banyak yang menguras gaji bulanan untuk keperluan darurat. Bila hal-hal darurat seperti itu mengganggu keuangan kalian, hal-hal yang semestinya menjadi kebutuhan biasa kalian pun ikut berantakan.

Memiliki dana darurat begitu penting untuk mengatasi pengeluaran-pengeluaran di luar rencana. Begitu pula dengan anggaran, untuk membuat suatu anggaran memang terasa membuang-buang waktu. Tapi hidup ini butuh sekali rencana, selalu buat rencana sistematis kalian supaya segalanya bisa terkontrol tanpa membuat hal lain berantakan.

Membiarkan Uang Menganggur Terlalu Lama

unsplash.com

Ingatlah, inflasi kita selalu bergerak. Mendiamkan uang terlalu lama tanpa membelanjakannya dapat membuat kalian rugi pada suatu masanya nanti. Tapi cara ini bukan mengajarkan kalian untuk hidup boros dengan menghambur-hamburkan uang untuk digunakan membeli suatu barang ya.

Tapi poin ini memberitahu kalian, mendiamkan uang dalam waktu lama bukanlah hal yang bagus. Setidaknya belilah sesuatu yang bisa ikut naik harganya saat inflasi juga naik. Barang apa itu? Kalian sudah tentu tahu barang-barang apa saja itu.

Maksudnya itu begini, suatu barang tidak akan memiliki harga yang sama saat waktunya berbeda. Kalian membeli bakso di warung-warung terdekat saja pasti harganya selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun atau bila harganya sama paling porsinya dikurangi.

Jika ingin menyimpan harta Anda, jangan simpan dalam bentuk uang, tapi simpan dalam bentuk barang yang bisa dijual lebih mahal untuk ke depannya.

Meminjamkan Uang Pada Teman atau Keluarga

unsplash.com

Meski maksudnya ingin menolong, tapi lihat-lihat juga kondisi keuangan Anda. Bila memungkinkan, berilah mereka pinjaman, jika tidak maka jangan pinjamkan. Ketahui keadaan Anda sendiri dulu sebelum membantu orang lain, karena orang yang bisa dimintai tolong pun tidak diri Anda saja kan, masih banyak orang lain juga.

Masalahnya, meminjamkan uang pada keluarga maupun teman itu kembalinya tidak pasti. Bukan bermaksud memilih-milih dalam menolong orang, tapi tahu keadaan dulu. Itu inti dari 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pribadi yang suka meminjamkan uang ke teman atau tetangga tanpa tahu situasi diri sendiri.

Hidup Banyak Hutang

unsplash.com

Hutang tidak salah karena pada akhirnya kalian mengembalikan uang itu pada pemiliknya. Tapi dengan memiliki hutang, membuat hidup Anda penuh tanggungan. Bukan tanggungan bunga ya, sebab orang-orang zaman sekarang sudah begitu pintar meminjam uang tanpa menciptakan bunga di uang yang dipinjam itu.

Tapi karena ketiadaan bunga itu malah membuat orang-orang jadi gemar berhutang. Beberapa contohnya itu seperti penggunaan kartu kredit yang kita ketahui tak memiliki tanggungan bunga sepersen pun, selain kartu kredit berhutang pada teman pun tidak ada bunganya.

Karena kenikmatan itu, orang-orang tak bisa mengontrol dirinya untuk tidak berhutang karena merasa ringan saat membayar hutangnya itu sebab tak ada bunga. Namun ada atau tidaknya bunga di hutang Anda, hutang yang besar pun tetap berat dibayar walau tak memiliki bunga sepersenpun.

Hidup Boros

unsplash.com

5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pribadi satu ini sering dilakukan orang-orang. Hidup boros memang nikmat, kita tak perlu pusing-pusing memikirkan soal tanggungan, anggaran, keperluan mendadak, kita bebas belanja tanpa khawatirkan hal lain. Akan tetapi, enaknya hanya di awal saja, bila boros di awal lalu menderita di akhir bulan bukankah lebih baik menstabilkan kehidupan kalian dari bulan pertama sampai bulan terakhir. Dari kalian gajian lalu gajian lagi, lebih enak hidup stabil karena ingatlah, di sini kalian hanya gajian sebulan sekali bukan setiap hari.

Leave a Reply