5 Manfaat Bangun Pagi yang Luar Biasa

Jam berapa kamu bangun tidur? Kebanyakan orang memang lebih suka bangun siang hari terutama ketika hari libur. Entah karena sulit bangun pagi, kelelahan karena begadang atau karena malas. Padahal banyak sekali manfaat yang didapat dari bangun pagi, salah satunya adalah membuat kita lebih produktif.

Apa saja manfaat dari bangun pagi? Yuk simak di bawah ini:

 

  1. Membuat tubuh sehat dan segar
Sumber: google.com

Saat bangun di pagi hari, tubuh kita akan merasakan udara segar karena keadaan oksigen masih sangat baik. Udara segar inilah yang akan membuat tubuh kita mejadi sehat dan segar. Sedangkan jika kita bangun di siang hari, udara telah terkontaminasi dengan polusi. Selain itu, udara yang belum tercampur dengan polusi akan membuat peredaran darah kita menjadi lancar.

 

  1. Menyehatkan tubuh
Sumber: google.com

Banyak sekali manfaat bangun pagi bagi kesehatan organ tubuh kita, antara lain organ paru-paru dan jantung. Udara bersih di pagi hari membuat paru-paru kita menjadi tidak kotor. Jantung kita pun menjadi sehat karena aliran darah yang lancar. Udara pagi juga sangat baik bagi pembentukan zat antibodi sehingga mengingkatkan sistem imun.

Di samping itu, bangun pagi juga membuat kita terhindar dari banyak penyakit. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D sangat baik untuk kesehatan. Sinar matahari bermanfaat untuk menghindari berbagai penyakit, antara lain: penyakit kuning dan kanker payudara, osteomalacia dan rakhtitis.

 

  1. Meningkatkan produktivitas
Sumber: google.com

Bangun pagi hari akan meningkatkan produtivitas seseorang. Hal ini dikarenakan orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk yang lebih banyak sehingga dapat dipergunakan untuk menyiapkan pekerjaan. Waktu di pagi hari juga dapat mengingkat konstentrasi sehingga dapat beraktivitas dengan lebih produktif.

 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Peredaran darah yang lancar akan meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak. Salah satu dari fungsi otak adalah untuk daya ingat. Jika otak dapat berfungsi secara maksimal, memori otak pun akan meningkat. Hal ini akan membuat daya ingat seseorang menjadi lebih baik. Kebiasasaan bangun pagi juga berfungi untuk mencegah kepikunan.

 

  1. Membuat mood menjadi baik

Bangun di pagi hari akan membantu proses pembentukan hormon serotonin. Hormon serotonin adalah monoamine neurotransmitter yang terdapat dalam otak. Hormon ini berfungi untuk menjaga keseimbangan mental dan menciptakan suasana hati yang positif. Hormon ini memberikan rasa nyaman dan senang sehingga menghindarkan seseorang dari stres.

Banyak sekali ya ternyata manfaat bangun pagi. Kamu ingin merubah kebiasaanmu bangun siang menjadi bangun pagi? Atau tetap mau bangun di siang hari? Atau bangun pagi sudah menjadi kebiasaan buat kamu.

 

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply