5 Taman Nasional Terbaik di Indonesia

Indonesia kaya akan suku, bahasa, agama dan alamnya. Banyak sekali tempat wisata indah dan mempesona di Indonesia yang terdiri dari pegunungan, lautan hingga hutan atau taman.

Berikut adalah 5 taman nasional terbaik di Indonesia:

 

  1. Taman Nasional Lorentz, Papua
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Luas wilayah Taman Nasional Lorentz adalah 2,4 juta hektar. Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Kawasan Taman Nasional Lorentz dimulai dari puncak Gunung Jayawijaya hingga perairan pesisir di Laut Arafuru. Untuk mencapai taman nasional ini bisa melalui kota Timika dengan menggunakan penerbangan perintis atau bisa juga menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma.

Taman Nasional Lorentz masih belum dipetakan sehingga fasilitas dan objek wisata yang ada di Taman Nasional Lorentz belum begitu memadai. Tetapi karena masih asli, ekosistem di taman nasional ini terjaga keutuhan dan kealamiannya. Tanaman dan hewan unik atau langka bisa kamu ditemukan di sini. Terdapat sekitar 630 jenis burung di Taman Nasional Lorentz, di antaranya adalah kasuari, cenderawasih dan kakatua. Hewan lainnya yang terdapat di taman nasional ini adalah walabi, kucing hutan, kuskus, dan babi moncong pendek. Taman Nasional Lorentz juga memiliki 34 tipe vegetasi, di antaranya adalah padang rumput, hutan rawa, hutan kerangas, dan hutan sagu.

Kawasan ini juga ditinggali oleh suku asli Papua, di antaranya suku Asmat, suku Nduga, suku Sempan, dan suku Dani Barat. Ada delapan suku asli yang mendiami wilayah Taman Nasional Lorentz dan masih mempertahankan gaya hidup tradisional. 8 suku tersebut adalah sukh Amungme (Damal), Dani Barat, Dani Lembah Baliem, Moni dan Nduga, Asmat, Kamoro, dan Sempa. Mereka sudah tinggal disini sejak 30 ribu tahun yang lalu.

 

  1. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten
Sumber: wacana.co

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan taman nasional ini meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Luas taman nasional ini sekitar 122.956 HA dengan 443 km² di antaranya adalah laut, yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia. Di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon terdapat beberapa tempat wisata, antara lain Gunung Honje, Sungai Cigenter dan Pulau Handeulum.

 

  1. Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera
Sumber: kesiniaja.com

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Sumatera, Indonesia. Taman Nasional Kerinci mempunyai lluas wilayah sebesar 13,750 km² yang membentang ke empat provinsi dari Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu hingga Sumatera Selatan. Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m). Di taman nasional ini terdapat mata air-mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara yang bernama Gunung Tujuh.

Taman nasional ini juga memiliki beragam flora dan fauna dengan jumlah total sekitar 4.000 spesies tumbuhan/flora. Terdapat bunga unik di tama nnasional ini yakni Rafflesia Arnold bunga terbesar di dunia, dan Titan Arum bunga tertinggi di dunia. Fauna yang ada di wilayah taman nasional ini antara lain Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Beruang Madu, Macan Dahan, Tapir Melayu dan 370 spesies burung.

 

  1. Taman Nasional Kelimutu, Flores
Sumber: kabarnusa.com

Taman Nasional Kelimutu terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelibara dengan tinggi 1.731 meter sebagai puncak tertinggi. Taman nasional ini berada di Flores, Indonesia. Terdapat banyak jenis satwa disini. Jenis satwa yang dapat kamu lihat di kawasan ini antara lain: monyet ekor panjang, kijang, rusa, babi hutan, ayam hutan hijau, burung madu, kakaktua jambul kuning, kuskus dan burung.

Di kawasan Gunung Kelimutu, terdapat danau tiga warna. Ketiga warna yang ada pada Danau Kelimutu adalah biru muda, merah, dan hijau toska. Danau Kelimutu merupakan penyederhanaan dari ketiga nama danau yaitu Danau Tiwu Ata Pulo, Danau Tiwu Ata Mbupu, dan Danau TiwuAta Nuwa Muri Kofai. Ketiga danau tersebut berada pada ketinggian 1.600 mdpl.

Ketiga danau ini masing-masing memiliki keunikan. Danau Tiwu Ata Pulo awalnya berwarna merah, lalu hijau tua dan merah hati, kemudian menjadi hijau tua, dan terakhir biru muda pada tahun 1990. Danau Tiwu Ata Mbupu awalnya berwarna cokelat kehitaman kemudian berubah menjadi cokelat susu. Danau Tiwu Ata Nuwa Muri Koofai awalnya memiliki warna biru langit kemudian berubah menjadi warna putih susu.

 

  1. Taman Nasional Gunung Rinjani
Sumber: twisata.com

Taman Nasional Gunung Rinjani adalah salah satu taman nasional dengan ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savana. Taman nasional Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan tujuan wisatawan maupun pendaki baik pendaki sedang maupun profesional. Gunung Rinjani dapat didaki melalui dua jalur, yaitu jalur utara dan jalur selatan. Jalur utara lebih mudah untuk didaki, namun memerlukan waktu tempuh yang lebih lama sedangkan jalur selatan lebih cepat tetapi lebih sulit. Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin mendaki, kamu gunakan jalur utara kemudian untuk menuruni gunung menggunakan jalur selatan melewati Danau Segara Anak.

Waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Rinjani dapat memakan waktu sampai tiga hari dengan rincian sebagai berikut:


Hari pertama: Batu Koq – Senaru – Pos III
Hari kedua: Pos III – Pelawangan I – Danau Segara Anak
Hari ketiga: Danau Segara Anak – Pelawangan II – Padebelong – Sembalun

Kamu punya rekomendasi Taman Nasional keren lainnya? Bagikan di kolom komentar ya.

Leave a Reply