Bosan Makan Nasi? Yuk Kenalan dengan Makanan Olahan Sagu Ini

Pernah nggak sih kalian berpikir, “Kalau belum makan nasi ya namanya belum makan,”? Ciri khas makanan pokok penduduk Indonesia adalah nasi. Memang nasi dengan kandungan karbohidratnya lebih bikin kenyang. Akui saja, dari kecil kalian memang sudah dijejali nasi kan sebagai makanan pokok?

Namun, nasi bukanlah menjadi satu-satunya makanan pokok loh. Sebenarnya masih ada banyak makanan pengganti nasi, seperti roti, mie, singkong, ataupun sagu. Contoh makanan tadi juga fungsinya hampir sama dengan nasi, sama-sama mengenyangkan.

Nah, di tulisan kali ini, saya mau bahas tentang makanan pokok pengganti nasi, yakni sagu. Sagu banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua. Di wilayah sana, sagu menjadi bahan makanan pokok pengganti nasi. Jika dibandingkan dengan nasi, sagu lebih banyak mengandung zat karbohidrat. Akan tetapi, sagu memiliki kadar sarat lebih tinggi sehingga lebih aman dikonsumsi, terutama untuk pengguna diabetes.

Nah daripada kamu terus-terusan makan nasi, alangkah baiknya simak tulisan di bawah ini. Saya akan menjabarkan beberapa jenis makanan yang terbuat dari sagu. Yuk disimak.

  1. Papeda
Sumber: kumparan.com

Salah satu olahan sagu yang paling terkenal adalah papeda. Papeda sendiri merupakan sejenis makanan yang berbentuk seperti bubur. Papeda biasanya dihidangkan bersama dengan lauk pauk seperti ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit sebagai penyedap. Sebab, rasa papeda sendiri memang agak hambar. Di wilayah Indonesia bagian timur, papeda sendiri dihidangkan untuk sarapan di pagi hari.

  1. Kue Rangi

Orang DKI Jakarta pasti tidak asing dengan kue rangi. Rangi biasanya dapat ditemukan lewat pedagang keliling di sekitar rumah. Pembuatan kue rangi hampir sama dengan kue pancong, yakni sama-sama dicetak. Setelah matang, kue rangi akan diberikan parutan kelapa di bagian atasnya. Sebagai penambah rasa, kue rangi juga ditambahkan saus yang bahannya berasal dari gula merah yang dilarutkan bersama tepung kanji. Namun untuk saat ini, kue rangi sudah jarang dijual oleh para pedagang keliling. Padahal, rasa kue rangi ternyata enak loh, juga mengenyangkan.

 

  1. Bubur Sagu Ambon
Sumber: fimela.com

Bubur sagu Ambon sendiri terbuat dari lempengan sagu. Sebelum diolah, sagu Ambon yang berbentuk seperti lempengan ini terlebih dulu direndam di dalam air selama dua jam. Sebab, tekstur awal sagu Ambon memang keras. Setelahnya, sagu kemudian dimasak dengan berbagai tambahan bumbu seperti daun pandan, gula pasir, gula merah, kayu manis, hingga garam. Setelah matang, bubur ini juga ditambahkan dengan kuah santan sebagai pelengkap rasa manisnya. Bubur sagu ambon biasanya sering digunakan untuk makanan saat berbuka puasa.

 

  1. Ongol-ongol Sagu
Sumber: cookpad.com

Ongol-ongol sagu merupakan kue yang berasal dari Jawa Barat. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur kenyal. Ongol-ongol sagu ini juga ditambahkan berbagai tambahan rasa, seperti saus dari gula merah hingga larutan kelapa. Kue ini biasanya dinikmati saat sarapan pagi bersama the dan kopi sebagai pelengkap.

 

  1. Sagon
Sumber: makanajib.com

Sagon sendiri adalah kue kering yang seringkali ditemui saat momen lebaran tiba. Pembuatan sagon juga tak terlalu rumit. Kamu cukup memasukkan adonan kue ke dalam cetakan dan dipanggang hingga matang. Waktu pemanggangannya pun hanya memerlukan waktu selama 30 menit saja. Kue sagon memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut.

Nah, itulah beberapa resep makanan yang berbahan pokok sagu. Jika kamu bosan dengan nasi, kamu bisa membuat berbagai makanan di atas untuk mengisi perut. Selamat mencoba!

Leave a Reply