Ternyata Musik Klasik Ada Manfaat Fisik Maupun Mental

Bagi setiap orang mempunyai hobi mendengarkan musik dapat mempengaruhi emosinya. Tentu genre musik itupun berbeda-beda mempengaruhi berdasarkan kesenangan masing-masing.

Bagi kamu yang hobi mendengarkan musik klasik  ternyata memiliki manfaat yang baik bagi manusia lho. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik  mempunyai dampak positif.

Bahkan banyak yang telah mengulas bagaimana musik klasik memberi dampak positif terhadap jabang bayi yang masih didalam kandunga seorang ibu. Tetapi bukan hanya bagus buat bayi saja. Orang dewasa ketika tengah mendengarkan musikk klasik juga memperoleh keuntungan yang positif baik secara fisik bahkan mental. kenapa begitu?  Karena musik klasik adalah musik yang memberik dampak positif bagi pendengarnya.

Berikut manfaat dari mendengarkan musik klasik:

  1. Tekanan darah yang berkurang

Sumber: pixabay.com

Studi dari Oxford University memaparkan bahwa orang yang mendengarkan musik klasik dapat mengurangi tekanan darah. Penelitian ini menggunakan instrumen genre yang beragam. Seperti mendengarkan musik pop, rap, klasik dan techno. Hasilnya yang efektif menurunkan tekanan darah yaitu mendengarkan musik klasik.

 

  1. Otak bekerja lebih baik

Sumber: pixabay.com

Peneliti dari Northumbria University menemukan otak akan bekerja lebih baik saat tengah mendengarkan musik klasik.  Para mahasiswa disuruh mendengarkan musik yang berjudul autumn concerto yang hasilnya ketika menjawab pertanyaan lebih cepat dan lebih baik. Bahkan peniliti dari Perancis menemukan bahwa para murid yang belajar dengan ditemani musik klasik mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibanding dengan murid-murid yang lainnya.

Selain itu dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Studi dari Spienza University Roma saat mahasiswa mendengarkan musik Mozart mengalami peningkatan daya ingat seseorang.

  1. Mengurangi tingkat stres

Studi dilakukan kepada para ibu hamil mendengarkan musik klasik lebih kecil terkena resiko stres selama masa kehamilan ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik klasik. Hal ini karena musik klasik sama dengan denyut jantung manusia yang kemudian membantu mengurangi depresi dan stres. Ketika kamu mendengarkan musik klasik otak dipaksa melepaskan endofrin, sehingga dapat menjadikan tiubuh rileks secara alami

  1. Meredakan sakit

Musik klasik juga bermanfaat secara fisik. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti di London, bahwa pasien yang mendengarkan musik klasik lebih sedikit penggunaan obat-obatannya ketimbang yang tidak.

  1. Mengatasi insomnia

Musik klasik dapat menenangkan syaraf di tubuh serta meningkatkan kesehatan mental. Nah dalam masalah tidur kerap kali berasal pada masalah diri sendiri. Namun ketika seseorang mendengarkan musik klasik serasa menjadi obat yang efektif  dalam mengatasi insomnia. Cukup mendengarkan musik klasik sekitar 45 menit saja sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Leave a Reply