5 Cara Membangun Usaha Di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang paling diminati saat ini, sehingga mulai banyak bisnis kuliner yang bermunculan dengan mengusung tema unik. Namun, tak semua bisnis kuliner terbukti sukses dan mampu bertahan lama saat bersaing. Hal ini dikarenakan tak semua pebisnis pemula tahu bagaimana cara membangun usaha di bidang kuliner yang benar. Banyak sekali yang hanya ikut-ikutan karena melihat bisnis kuliner yang semakin menjamur sehingga tidak memiliki konsep dasar yang kuat, tak khayal jika bisnis kuliner musiman tersebut tak bisa bersaing.

Jika kamu memiliki keinginan untuk membangun bisnis kuliner yang sukses. Ada beberapa poin yang wajib kamu perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke bisnis kuliner. Bisnis kuliner memang dianggap menguntungkan karena semua orang membutuhkan makan untuk bertahan hidup. Namun, zaman sekarang bisnis kuliner sudah mulai menjamur dan bahkan bisa kamu temukan dengan mudah di setiap sudut jalan yang kamu lewati, baik itu bisnis kuliner dengan basis besar atau pun warung sederhana. Intinya semua itu merupakan bisnis kuliner dan ada kiat tersendiri yang wajib kamu perhatikan agar mampu bertahan.

Nah, lalu apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis kuliner? Artikel ini sudah merangkumnya dan bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang serius ingin terjun ke dalam bidang bisnis kuliner. Baca selengkapnya di bawah ini ya!

 

  1. Menentukan Konsep Bisnis Kuliner Yang Menarik

pixabay
Sumber: pixabay.com

Sebelum memulai untuk terjun ke dalam dunia bisnis apapun, hal pertama yang harus dilakukan dan paling diperhatikan adalah menentukan konsep bisnis terlebih dahulu. Karena konsep bisnis yang menarik akan menjadi salah satu nilai tambah tersendiri di dalam bisnis yang akan kamu geluti, terutama di bisnis kuliner. Hal ini dikarenakan di dalam bisnis kuliner, konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya. Makanya, sebelum memulai bisnis kuliner kamu wajib memikirkan konsep bisnis kamu terlebih dahulu, buatlah konsep yang original, unik dan berbeda dari kebanyakan bisnis kuliner yang sudah ada. Konsep yang dibuat harus membuat masyarakat atau konsumen menjadi bertanya-tanya dan penasaran dengan produk yang mau dijual, pelayanan apa yang diberikan dan pengalaman unik apa saja yang ditawarkan. Rasa penasaran ini lah yang akan dengan mudah menjaring konsumen ke bisnis kulinermu.

Maka tak heran ya, jika sekarang ini ada banyak sekali bisnis kuliner yang mengusung konsep unik dan berbeda dari yang lain dengan menghadirkan kuliner dengan nama unik dan terkesan aneh, konsep dekorasi berbeda dan tak biasa serta pelayanan yang tak pernah ada sebelumnya.

 

2. Memperhitungkan Dana Awal Usaha Dengan Matang

Konsep yang menarik dan unik tak akan terealisasikan tanpa adanya modal yang cukup untuk membuatnya menjadi nyata. Maka dari itu hal berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah dengan memperkirakan dana awal usaha dengan sangat matang. Banyak sekali calon pebisnis muda dan pemula yang kesusahan menentukan modal awal karena tak bisa mendapatkan uang untuk dijadikan modal usaha. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperhitungkan sektor pengeluaran awal secara matang terlebih dahulu, buatlah daftar pengeluaran seefisien mungkin dan hindari membeli sesuatu yang sifatnya tidak mendesak. Karena nantinya kamu bisa mengembangkan modal usaha dari menyisihkan keuntungan bisnis kuliner yang sudah berjalan. Hal ini dianggap lebih baik daripada kamu memaksa untuk mencari modal dengan angka besar namun bisnis anda tak pernah terealisasi.

 

3. Mencari Lokasi Bisnis Yang Strategis

Dalam sebuah bisnis khususnya bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu poin yang cukup rumit dan wajib diperhatikan secara matang. Karena lokasi bisnis kuliner yang tepat akan membuat kamu gampang memperoleh konsumen, maka dari itu mencari lokasi yang strategis juga wajib kamu pikirkan. Selain strategis, dalam mencari lokasi bisnis, kamu juga sebaiknya melihat peta persaingan bisnis di lokasi tersebut, misalnya saja jika kamu ingin membuka bisnis kuliner yang sejenis dengan sebuah brand ternama yang sudah ada terlebih dahulu di lokasi tersebut, tentu saja akan membuat bisnis kuliner anda sulit berkembang dan menarik konsumen.

 

4. Menentukan Target Pasar

pixabay
Sumber: pixabay.com

Jika kamu sudah menentukan konsep, memperhitungkan modal dan juga telah mendapatkan lokasi yang strategis, sekarang kamu harus mulai menentukan target pasar dari bisnis kuliner, karena menentukan target pasar menjadi salah satu cara membangun usaha di bidang kuliner yang benar. Target pasar sendiri memang sangatlah luas akan tetapi jika kamu menentukan target pasar, maka kamu akan lebih fokus dalam menjalankan bisnis kulinermu. Misalnya saja, target pasar kamu adalah kalangan anak muda dan mahasiswa. Maka, kamu bisa fokus dengan menentukan faktor pendukung yang akan digunakan untuk menggaet pasar anak muda, seperti menu yang kekinian ataupun dekorasi yang unik. Jika kamu berhasil menggaet target pasar yang sudah kamu pilih, maka akan dengan sendirinya bisnis kuliner kamu dikenal luas.

 

5. Memainkan Strategi Promosi Yang Tepat

Konsep sudah matang, target pasar pun sudah ditentukan maka hal terakhir yang wajib kamu pikirkan adalah bagaimana caranya kamu memasarkan bisnis kulinermu. Maka anda perlu memainkan strategi promosi bisnis yang tepat. Sekarang ini ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan bisnis anda, mulai dari penggunaan media sosial yang dianggap sangat mudah dan menguntungkan ketika dipakai sebagai media promosi. Hal ini dikarenakan media sosial dapat digunakan secara gratis dan jaringannya yang luas dan cepat bisa membuat bisnis anda semakin cepat dikenal. Selain memanfaatkan media sosial kamu juga masih bisa menggunakan promosi melalui mulut ke mulut. Cara ini dianggap masih cukup efektif loh, asal kamu tahu bagaimana caranya untuk membuat konsumen yang datang ke tempat kamu merasa puas sehingga mereka akan secara otomatis membagikan informasi mengenai bisnis kuliner kamu ke pada orang-orang yang dikenalnya dan mereka pun tak akan ragu untuk kembali ke tempat kamu.

Sudah tahu kan, apa saja cara membangun usaha di bidang kuliner yang wajib kamu perhatikan. Jika kamu ingin memulai bisnis kuliner dan sukses di dalamnya. Ada banyak poin yang harus kamu perhatikan, terutama 5 poin di atas, karena jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan dalam menekuni bisnis kuliner, sehingga kamu hanya melakukannya dengan asal-asalan dan tidak fokus dalam menjalankannya. Maka nasib kamu tidak akan berbeda dengan para pebisnis pemula yang berusaha untuk terjun ke bisnis kuliner. Namun, berakhir di tengah jalan karena hanya bermodal ikut-ikutan dan tidak menentukan konsep serta beberapa poin yang dibutuhkan secara matang. Tentu kamu tak ingin kan, bernasib seperti itu.

Leave a Reply