5 Strategi Digital Marketing Terbaru 2019

Di tengah era digital dan perkembangan teknologi, saat ini pemasaran bisa dilakukan secara digital. Hal ini dikarenakan digital marketing dianggap lebih mudah, memiliki cakupan yang luas dan tentu saja lebih murah. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang berbondong-bondong untuk beralih menggunakan digital marketing guna memasarkan produk mereka.

Setiap tahun strategi digital marketing pun berubah-ubah, hal ini didasarkan oleh perkembangan teknologi yang setiap tahun selalu berubah-ubah atau memiliki hal yang baru, minat dari pengguna teknologi juga menjadi salah satu penentu utamanya.

Untuk itu, setiap perusahaan harus benar-benar memikirkan strategi yang matang dalam mempromosikan produk mereka melalui penggunaan teknologi. Salah satu digital marketing yang paling mudah dan banyak diminati adalah penggunaan media sosial yang semakin tahun semakin mengalami peningkatan baik dari segi pengguna dan kualitas dari social media yang ada saat ini.

Hal ini tentu menjadi peluang terbaik bagi perusahaan yang ingin menerapkan digital marketing untuk menyebar luaskan produk mereka di masyarakat. Apalagi pengguna media sosial semakin hari semakin bertambah, nyaris hampir semua orang dari semua kalangan kini telah memiliki media sosial. Namun seperti apa sih, strategi digital marketing terbaik yang bisa Anda terapkan di tahun 2019 ini. Artikel ini telah memberikan ulasannya di bawah ini. Baca sampai habis ya!

1. Live Video Atau Video Langsung

Live video memang lebih dahulu populer di YouTube, namun belakangan live video di Instagram dan Facebook juga mulai tak kalah populer dan bahkan mendapat banyak perhatian dari penggunanya. Kesempatan ini bisa anda gunakan dan menjadi peluang sempurna untuk memasarkan produk anda dan mendapatkan audiens dengan jumlah banyak secara real time.

Tujuannya adalah dengan memberikan pengalaman secara otentik pada para audiens. Streming video secara langsung mampu memberikan tampilan tanpa filter bagi pengikut anda tanpa adanya rekayasa di balik kamera, sehingga cara ini dianggap cukup efektif untuk dilakukan sebagai media promosi digital di tahun 2019.

Sebelum anda melakukan siaran langsung, jangan lupa untuk memberikan informasi atau promosi terlebih dahulu di akun Instagram atau Facebook anda beberapa jam sebelum siaran langsung dimulai. Cara ini bisa cukup efektif untuk meningkatkan jumlah penonton dan keterlibatan audiens disaat anda melakukan siaran langsung.

2. Instagram Stories

Sama halnya dengan live video, Instagram stories akhir-akhir ini juga banyak diminati karena sebuah platform manajemen media social telah meramalkan jika story akan terus diminati, berkinerja kuat bahkan tumbuh semakin pesat pada tahun 2019 ini.

Untuk membuat story yang menarik, anda bisa merekam video dengan menggunakan aplikasi dan mengunduhnya kembali pada perangkat anda terlebih dahulu, baru setelah itu anda bisa meninjau kembali setiap video yang telah anda buat sebelum mengunggahnya di story untuk memeriksa kualitas videonya.

Setelah itu, anda bisa mengunggahnya secara runut di story agar tak membuat pengikut anda bingung dengan kisah video yang terjalan tak sesuai dengan skenario. Jangan lupa untuk memberikan konteks pada story anda dengan membubuhkan slide pembukaan dan penutupan untuk video story anda.

3. Aplikasi Messenger

Aplikasi messenger bisa menjadi salah satu strategi digital marketing terbaik di tahun 2019, karena messenger secara umum digunakan untuk membangun koneksi bisnis dengan rekan bisnis dan juga pelanggan anda. Aplikasi ini juga menjadi alat yang cepat untuk menghubungkan komunikasi antara anda dan pelanggan.

Anda bisa sebanyak menyimpan kontak pelanggan dan rekan bisnis yang kemudian membuat group chat agar memudahkan pelanggan dan rekan bisnis mengetahui produk terbaru dari anda secara langsung menggunakan bantuan aplikasi chat. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat anda lebih dekat dengan rekan bisnis dan pelanggan anda. Beberapa aplikasi chat yang cukup diminati saat ini adalah Whatsapp, Line dan juga Telegram.

4. Group Facebook Rahasia

Group Facebook memang sejak lama telah populer, Group Facebook pun memiliki 3 jenis yakni, Publik, Tertutup dan Rahasia. Group Publik bisa dilihat dan dimasuki oleh semua orang, sementara Group Tertutup bisa dicari namun untuk masuk dan melihat postingan membutuhkan persetujuan dari administrator, sementara untuk Group Rahasia hanya bisa dilihat dan ditemukan oleh anggotanya.

Untuk bisnis sebaiknya anda menggunakan Group Rahasia karena bisa memberikan penghargaan pada pengguna yang telah setia pada produk anda. Group rahasia ini sendiri akan menjadi tempat untuk anda membagikan preview eksklusif pada pengguna seperti kode diskon promosi hingga respons langung terhadap pertanyaan atau yang biasa disebut dengan umpan balik.

Pada tahun 2018, Facebook mengubah algoritma Group yang membuat Group lebih diprioritaskan dibandingkan dengan halaman atau page sehingga Group Facebook dianggap lebih ampuh sebagai strategi marketing digital jika dibandingkan dengan halaman dan akan semakin meningkat hingga tahun 2019 ini. Apalagi Facebook telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan Stories to Groups sehingga akan membuat anda dapat semakin fokus dalam membangun komunitas Facebook melalui Group.

Sebelum mengundang pengguna ke dalam Group Facebook, pastikan anda telah merancang jaminan produk atau layanan yang telah disesuaikan sehingga bisa ditambahkan ke dalam halaman group. Hal ini akan secara langsung memberikan tampilan yang bisa dipoles dan membuatnya terlihat lebih menarik bagi audiens.

5. Konten Buatan Pengguna

pixabay
Strategi digital marketing di tahun 2019 yang terakhir adalah dengan cara membawa pelanggan secara alami melalui konten yang telah dibuat oleh pengguna. Sebuah laporan yang dibuat tahun lalu menunjukkan jika postingan yang dibuat oleh pengguna bisa mendapatkan keterlibatan hingga 28% lebih tinggi jika dibandingkan dengan postingan standar.

Ketika pengguna mencari keaslian dari produk ataupun layanan yang anda miliki maka ulasan dari pengguna lain dan juga pakar terpercaya yang akan dimunculkan dan menjadi penyempurna untuk strategi pemasaran digital anda. Di dalam penelitian yang dilakukan oleh Social Media Today, dilaporkan bahwa sekitar 48% professional pemasaran telah percaya jika konten yang dibuat oleh pelanggan akan dapat membantu upaya dalam pemasaran digital.

Dari semua pusat konten yang dibuat oleh pengguna, Instagram menjadi salah satu platform yang sempurna untuk dijadikan sebagai tempat bereksperimen dangan membuat jenis konten ini. Dengan memanfaatkan tren regram, Instagram Explore dan juga hastag menjadikan adanya integrasi yang cukup kuat di antara produk dan konten di dalam beberapa bulan terakhir.

Dan jangan lupakan guest posting di blog maupun forum yang sudah terpercaya. Karena anda bisa melakukan sponsored review ataupun guest posting pada blog yang sudah memiliki kualitas untuk meningkatkan nilai kepercayaan dari para calon konsumen anda.

Sudah kah terpikirkan untuk menggunakan strategi digital marketing yang mana? Dari lima strategi yang sudah diulas di atas, ada baiknya jika anda menggunakan semuanya atau menggunakan salah satu yang paling anda kuasai dan fokus menjalankannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Reply